9 Tips dan Cara Agar Badan Tetap Bugar serta Sehat

cara agar badan bugar dan sehat

 

Kadang-kadang tubuh kita yang terasa lemah, letih dan kurang semangat, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena kurang tidur, kurang istirahat, kurang gizi, vitamin dan lain sebagainya. Hal tersebut yang menjadikan tubuh kurang prima dan seperti tidak bertenaga. Bagaimana mengatasi hal demikian?


Sehingga aktivitas kita terkendala sebab tubuh tidak bugar dan bertenaga lagi karena kurang prima. Makanan sehat menjadi salah satu cara supaya bisa mempertahankan badan tetap bugar, sehingga tetap energik pada setiap aktivitas. Lalu apa saja cara agar badan tetap fit serta tidak mudah lelah, mari simak berikut ini.


Tips Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Kita telah merangkumnya, sekitar ada 9 cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar setiap hari.


1. Tidur yang Cukup


Kita mulai dari yang sederhana dahulu, tapi mungkin banyak orang mengabaikan akan kecukupan tidur setiap harinya. Padalah di dalam badan bugar dan fit tentu saja tercukupi akan waktu tidur. Bagi orang dewasa pola tidur yang harus diterapkan selama 7-8 jam per hari. Jangan suka memaksakan untuk begadang karena itu akan beresiko menurunkan kekebalan tubuh hingga terkena penyakit.


2. Menyempatkan waktu Olahraga


Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu akan hal ini, bahwa orang dewasa yang berusia 19 sampai 64 tahun itu anjurannya untuk melakukan olahraga sekitar 30 menit per harinya. Terus apakah Anda sudah melakukan aktivitas olahraga hari ini? Jika memang alasannya tidak sempat maka bisa di bagi dua, 15 menit olahraga di pagi hari dan sisanya di siang atau sore hari. 


3. Rutin Konsumsi Air Putih


Dari dokter menyarankan setiap orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas atau dua liter setiap hari. Selain agar terhindar dari dehiderasi, air putih yang dikonsumsi sesuai aturan akan membantu pencernaan, menjaga stamina, menyehatkan sendi dan otot. Terjaga dari tenggorokan kering, badan juga akan lebih segar dibandingkan dengan orang yang kekurangan cairan.


4. Sebelum Beraktivitas untuk Mengisi Perut


Mengapa kalian sering mudah lelah, tubuh lemas, itu mungkin ketika mau beraktivitas kadang mengabaikan perut yang kosong. Itu malah akan menimbulkan Anda kurang fokus bahkan pelupa sebab perut yang kosong akan membuat pikiran tidak berjalan sebagaimana mestinya. 


Maka dari itu pastika ketika mau berangkat kerja misalnya untuk terlebih dahulu cukupi makanan yang seimbang. Dan kalau bisa mengisi perut dengan menu yang bervariasi seperti telur, sayuran, ikan, dan buah-buahan.


5. Konsumsi Suplemen Vitamin


Kalian harus tahu hal ini, bahwa vitamin C, D dan B6 berkontribusi dalam menjaga imun tubuh dan kesehatan. Untuk supaya tubuh tetap fit sepanjang hari maka konsumsilah vitamin C, untuk kesehatan kulit maka perlu vitamin D, sementara untuk menjaga keseimbangan otak dan saraf diperlukan vitamin B6.


Baca juga :

- Trik Mudah Mengatasi Tidur Mendengkur

- 7 Tips Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami yang Aman


6. Manajemen Stres untuk meningkatkan Energi


Untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan energi sepanjang hari, penting bagi kita untuk mengelola tingkat stres yang kita alami. Sebagai contoh, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat menjadi salah satu cara efektif. Saat bermain dengan hewan peliharaan, tubuh akan melepaskan oksitosin, sebuah hormon yang dapat meningkatkan suasana hati.


7. Pemikiran Positif


Kunci pertama untuk menjaga tubuh tetap bugar sepanjang hari adalah memiliki fokus dan mindset yang positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari, mulai dari makan hingga berolahraga. Contohnya, dengan tetap mengambil hikmah dari pengalaman masa lalu dan menikmati momen saat ini dengan pikiran yang optimis serta terbuka terhadap masa depan yang akan datang.


8. Pemeriksaan Rutin Kesehatan Tulang


Mulailah melakukan pemeriksaan kesehatan tulang dengan menggunakan aplikasi yang telah dirancang oleh para ahli. Seiring bertambahnya usia, organ tubuh cenderung mengalami penurunan fungsi, meningkatkan risiko penyakit kronis, terutama menurunnya kepadatan tulang. Kepadatan tulang menjadi faktor kunci dalam menentukan kesehatan secara keseluruhan. Jika kepadatan tulang menurun, risiko patah tulang akan meningkat, bahkan dengan melakukan aktivitas sederhana saja.


9. Yoga dan Meditasi


Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar sepanjang hari adalah melalui yoga dan meditasi. Melakukan yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa yoga efektif dalam mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Di sisi lain, meditasi juga dapat merangsang relaksasi tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan suasana hati.


Penutup


Kesehatan tubuh merupakan sebuah kondisi yang stabil dalam sistem koordinasi badan serta jiwa raga manusia maupun mahluk hidup lainnya. Jadi sangat penting setiap kita masing-masing untuk selalu menjaga badan tetap sehat, dengan mengikuti setiap arahan atau tips tentang kebugaran yang diperoleh dari mana saja.