7 Software untuk Merekam Layar Monitor PC dan Laptop (Rekomendasi)

software rekam layar komputer
 

Ada banyak software perekam layar monitor, di sini ada 7 software perekam layar desktop/monitor versi Menit info yang kami rekomendasikan. Bagi Anda yang suka share video tutorial komputer ke YouTube misalnya atau media lain sebaiknya gunakan saja software perekam layar yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas dan fitur yang lengkap, sehingga selain memudahkan pekerjaan Anda hasilnya juga tambah bagus.

Kebutuhan perekaman layar monitor setiap orang berbeda-beda, apabila seorang gamer maka membutuhkan hasil yang maksimal tanpa adanya kendala. Untuk itu aplikasi yang dipakai pun jangan asal pilih perlu diketahui apa saja keunggulannya dan apakah cocok untuk record video game.

Proses perekaman layar monitor sering dikenal dengan istilah Screeen Recording. Lalu apa saja dari 7 software yang dapat digunakan untuk merekam layar monitor?

1. Bandicam


Bandicam untuk anda yang butuh kualitas video yang mendekati aslinya , untuk itu saya memakai ini karena kemampuannya yang jauh lebih baik dibandingkan (fraps) dalam hal merekam/record/screencast video desktop untuk dijadikan video tutorial ataupun presentasi. Format dari video yang dihasilkan adalah AVI dan MP4, Mampu menampilkan Cursor dengan memberikan warna/tanda yang berbeda dan lainnya. Untuk informasi lengkapnya dan download di situs http://www.bandicam.com

2. Free Screen Recorder


Screen Recorder adalah program yang mudah digunakan merekam layar untuk menangkap aktivitas layar dan suara untuk file video AVI standar. Jika Anda memindahkan kursor , meluncurkan sebuah program , ketik beberapa teks , klik tombol , pilih beberapa menu - apa pun yang Anda lihat pada layar - Free Screen Recorder akan merekam semua ini , dan suara dari mikrofon sistem Anda. Informasi lengkap dan download http://www.nbxsoft.com/download-screen-recorder.php

3. CamStudio


Ini merupakan salah satu software opensource yang cukup populer dan mungkin terbaik di kelasnya. Website resminya adalah http://camstudio.org. Software ini akan merekam aktivitas layar, termasuk audio. Penggunaannya juga cukup mudah disamping antarmuka yang sederhana. Format video yang dihasilkan adalah standard AVI.

CamStudio dapat Merekam Seluruh tampilan layar, area tertentu, Mampu menampilkan Cursor dengan memberikan warna/tanda yang berbeda, dll.

4. Jing


Jing screenshot dan screen cast video capture merekam aktifitas layar komputer/ desktop dengan fitur kemudahan berbagi (upload) dan fitur editing standar untuk melengkapi pesan ayang andai nginkan pada video tutorial atau presentasi Anda.

Jing merupakan aplikasi yang dibuat oleh TechSmith, pembuat SnagIt dan CamTasio Studio. Program ini bisa dikatakan versi lite (ringkas) kedua program itu karena mempunyai dua fitur yaitu Capture Image (PNG) dan juga Screen Recording yang menghasilkan format video SWF.

Informasi lengkap dan Unduh di : http://www.jingproject.com

5. Wink


Wink screen capture untuk membuat video presentasi ataupun tutorial, software wink sangat mudah untuk anda gunakan dan menjelaskan lebih detail tentang apa yang sedang anda presentasikan, menambahkan suara,kotak, teks, tombol dapat dimasukkan langsung dengan mudah. Ukuran dari file software ini cuma 3.20MB, untuk Download Wink http://www.debugmode.com/wink/download.htm

6. TipCam


Seperti program-program sebelumnya, TipCam mampu merekam seluruh layar windows atau area tertentu saja. Tampilan aplikasi ini mungkin sedikit berbeda dengan program-program sebelumnya, dan mungkin pada awalnya sedikit menyulitkan dalam pengaturan setting. TipCam mampu merekam aktivitas layar, termasuk video/film yang sedang dijalankan, merekam kedalam format FLV atau AVI, dapat memotong bagian awal atau akhir video yang dihasilkan.

Informasi dan Download https://tipcam.id.uptodown.com/windows

7. HyperCam


HyperCam untuk merakam aktifitas dekstop dan menyimpannya dalam bentuk AVI , suara dari microphone atau dari komputer anda dapat direkam dengan jelas, namun kekurangannya HyperCam tidak support untuk merekam video dari (yang dihasilkan) media player seperti windows media player, KMP, VLC dll. Download melalui alamat ini - http://hyperionics.com 

➧ Baca juga :
- Cara Cek Batas Maksimal RAM Laptop
- Berbagai Macam Perintah CMD (Command Prompt)

Itulah 7 Software untuk Merekam Layar Monitor yang bisa Anda gunakan untuk membuat video presentasi. Pilih salah satu dari software di atas yang cocok dengan Anda, pilih satu saja ya jangan banyak-banyak nanti dikira serakah hehe.