Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan


Manfaat daun sirsak - Sirsak yang mana kita ketahui merupakan buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dengan banyak manfaat. Oleh karena itu sirsak bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Sebagai seorang awam mungkin kurang tahu manfaat dari daun sirsak yang sudah jarang sekali yang memanfaatkan daun tersebut untuk kesehatan. Padahal manfaat daun sirsak untuk kesehatan manusia sangatlah banyak. Mungkin masih banyak masyarakat di luar sana yang masih belum mengetahui mengenai hal tersebut.

Daun sirsak memang tisak seenak buahnya yang bikin kita ngiler karena rasanga yang asam manis itu. Akan tetapi daun sirsak lebih banyak manfaatnya ketimbang buahnya itu sendiri lho. Kita bisa menganggap ini sebagai bentuk kompensasi dari tidak dianggapnya daun. Dianggapnya daun sebagai bagian tidak penting dari sebuah pohon buah atau bunga. Daun sirsak mulai naik daun dari hasil penelitian yang telah dilakukan ahli bahwa daun sirsak mampu menjadi alternatif pengobatan bagi penderita kanker. Ini juga disinyalir lebih baik daripada kemoterapi hingga 100 kali lipat! Kandungan khasiat antikanker pada daun sirsak juga jauh lebih tinggi dibandingkan pada buah sirsak.

Adapun cara mendapatkan manfaat dari daun sirsak adalah dengan meminum air hasil rebusan daun sirsak secara rutin pagi dan sore selama beberapa minggu. Jika setidaknya Anda telah melakukan hel tersebut maka tinggal menunggu khasiatnya akan milai merasakan tubuh lebih enteng dari biasanya. Dalam melakukan hal ini jangan lupa untuk disertai konsultasi dengan dokter.

Daun sirsak tidak hanya untuk mengobati penyakit kanker saja. Tapi daun sirsak ini juga dapat digunakan menyembuhkan penyakit lain sebagai tambahan manfaatnya. Sebut saja: asma, asam urat, dan ambeien. Berikut akan dipaparkan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun sirsak beserta takaran seduhan air rebusannya.

  • Mengobati ambeien – Resepnya dengan seduhan sirsak bebas yang kemudian air rebusannya diminum.
  •  Mengobati asam urat - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 6 hingga 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air. Lalu, minum air rebusan tersebut.
  •  Mengobati asma - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 7 lembar daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rangrang. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.
  •  Manfaat daun sirsak untuk Mengobati kanker - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga tereduksi menjadi  1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut, khasiat dan manfaat daun binahong.
  •  Mengobati sakit pinggang- Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air hingga tereduksi menjadi  3 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut.
  •  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati infeksi - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 4 hingga 5  lembar daun sirsak dengan 4 gelas air hingga tereduksi menjadi  1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut.

Daun sirsak bisa menurunkan kolesterol
Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kasusnya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Makanan yang kaya akan kolesterol jahat meliputi bebek goreng, ayam goreng, mendoan, dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi pemakaian minyak goreng berkali-kali sampai warnanya hitam, disitulah kolesterol jahat yang akan masuk ke tubuh untuk menyebar penyakit berbahaya.

Mengetahui hal tersebut setidaknya kita bisa sadar betapa mudahnya penyakit yang akan menyerang kita setiap saat dan dimanapun. Mudah-mudahan dengan berbagai informasi kesehatan yang kita dapatkan menjadikan kita lebih berhati-hati dan peduli betapa pentingnya kesehatan untuk kita semua.

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon