Tips Merawat Laptop/Komputer Supaya Awet dan tidak Lemot

Sebenarnya ada banyak sekali cara merawat laptop/komputer kita supaya awet dan tahan lama tetapi ada bagian yang penting, ada juga bagian yang tidak terlalau penting untuk dirawat dengan baik. Pernahkah anda mengalami memiliki laptop yang umurnya sebenter artinya laptop anda cepat rusak. Itu adalah salah satu kasus apabilaa kita salah dalam perawatan laptop/komputer kita. Penting sekali sebagai pengguna laptop/komputer untuk mengetahui cara merawatnya apalagi laptop kesayangan anda.

Tidak cuma dengan hal yang besar, hal yang kecil pun harus kita ketahui dalam perawata laptop/komputer. Merawat laptop/kompeter tidaklah sulit, yang dibutuhkan dalam perawatan yang paling utama adalah telaten dan teliti. Tidak hanya laptop saja, barang elektronik lainnya pun supaya awet kkita harus telaten dan teliti.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips kepada anda dalam perawatan laptop/komputer supaya awet. Dengan menerapkan tips dari kami setidaknya bisa meminimalisir terjadinya gangguan-ganggauan yang terjadi pada laptop/komputer anda.

Tips Merawat Laptop/Komputer Supaya Awet


cara merawat laptop

1. Jangan gunakan laptop anda terlalu lama tanpa adanya pendingin

Penggunaan laptop yang terlalu lama tentu akan membuat semua sistem bekerja dengan keras dan semakin panas. Dibutuhkan pendingin berupa cooler pad dari luar agar membantu sistem pendinginan didalam laptop.

2. Jangan gunakan laptop tepat di atas kasur atau bantal

Penggunaan laptop diatas kasur, bantal atau karpet yang tebal akan membuat kipas didalam laptop bekerja keras mendinginkan sistem, dengan alas kasur, bantal atau karpet tebal membuat angin dari kipas laptop tidak berfungsi dengan baik dikarenakan tidak adanya sirkulasi udara yang keluar. Jadi ingat jangan gunakan laptop anda tepat di atas kasur supaya awet.

3. Bersihkan debu yang menempel pada laptop

Yang ini si jelas kelihatan dan anda pun menyadarinya kalau ada debu yang menempel pada laptop segeralah dibersihkan, ok.

4. Jangan gunakan laptop dekat dengan minuman atau benda cair lainnya

Hal ini perlu dihindari karena takutnya nanti minuman atau benda cair lainnya yang berada dekat dengan laptop kita tumpah dan mengenai laptop.

5. Jangan hubungkan laptop dengan listrik tanpa baterai

Memang bener beranggapan menghubungkan laptop dengan listrik tanpa baterai bisa menghemat baterai karana alasannya baterai tidak dipakai. Namun buruknya disaat Anda menghubungkan langsung ke Listrik maka langsung hardware Anda merasakan daya tersebut tanpa ada penyesuaian daya terlebih dahulu melalui baterai, jika daya litrik yang berlebihan dan tidak stabil akan membahayakan sistem Anda. Padahal baterai laptop sangat penting selain untuk menampung daya, dan juga menetralisir daya litrik yang masuk.

6. Hindari pemakaian laptop sampai baterai 0%

Jika terus-terusan mengunakan laptop hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah baru mendekati 0%, selekasnya charger kemabali, saat sebelum baterai habis, charge baterai itu hingga penuh 100%. Sangatlah dianjurkan dalam pemakai laptop lakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dibagian Power Options.

7. Uninstall program yang tidak bermanfaat

Umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat hingga harddisk bakal cepat rusak. Umumnya bakal nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport bakal hal yang seperti ini. Jadi pakailah program-program yang bermanfaat saja supaya harddisk laptop awet serta tidak lemot.

➧ Baca juga : Cara Uninstall/Remove Program pada Windows 10 

Semoga dengan 7 tips di atas bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan pada anda sekalian, terimakasih.