Hal-Hal yang Membuat Bangun Tidur Kesiangan

Sebagai seorang yang sudah terbiasa bangun pagi-pagi sekali mungkin tidak lagi menjadi masalah ketika mau bangun masih pagi setiap hari. Sebaliknya seorang yang sudah terlanjur bangun kesiangan setiap bangun dari tidur, pasti akan kesulitan ketika mau bangun lebih awal.

Saya pribadi beberapa hari yang lalu atau lebih tepatnya ketika musim panas, ternyata saya lebih banyak bangun kesiangan. Berbeda setelah memasuki musim penghujan, walaupun sudah lelah tetapi  bangun tidur tidak pernah kesiangan. Anda tahu kenapa dengan yang saya alami, alasannya hanya satu karena saya mencari rumput setiap hari untuk makanan kambing. Jadi setiap musim panas saya akan berfikiran bahwa nanti sore cuaca tetap terang sehingga saya masih tidur sampai waktu berangkat kerja sekitar jam 07:00. Dan berbeda ketika musim hujan saya cepat bangun pagi karena kalau sore nya mencari rumput takut akan kehujanan.

Nah, dari sini akan kita ketahui bahwa alasan setiap orang mau bangun pagi atau kesiangan mempunyai alasan tersendiri. Secara umum mungkin seseorang akan bangun kesiangan disebabkan oleh beberapa hal seperti karena tidur yang larut malam karena begadang, tubuh yang sangat lelah atau yang lainnya. Disini saya akan bahas secara rinci dari beberapa hal yang berakibat bangun tidur kesiangan mulai dari anak-anak hingga menjadi dewasa, karena kebanyakan orang yang bangun kesiangan adalah pada usia anak-anak hingga dewasa. 
 
penyebab bangun tidur kesiangan
 

Orang Tua Tidak Membangunkan Tidur

 
Kalian pasti ingat waktu masih kecil ketika mau bangun tidur pasti orang tua kita dulu yang bangun setelah itu kita baru dibagunkan. Ada kalanya orang tua tidak membangunkan kita mungkin karena lupa atau malah orang tua kita juga bangun kesiangan. Bukannya menyalahkan orang tua kita, tapi kan itu sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua mengingatkan anaknya yang masih kecil supaya terbiasa bangun pagi. Apalagi anak kita sudah menginjak pendidikan yang pertama, pasti ketika mau bangun dan persiapan berangkat ke sekolah sudah pasti mengandalkan orang tua.

Tidak Ada Kegiatan di Hari Itu

 
Ketika libur sekolah anak-anak akan cenderung bangun kesiangan dari pada hari biasa ketika masuk sekolah. Hal ini disebabkan selain libur karena hari itu anak tidak memiliki kegiatan yang mau dilakukan. Sebenarnya orang tua juga tidak membiarkan dan berfikiran yang sama dengan anak, bahwa sekarang libur biarkan saja tidur. Harusnya memberikan solusi untuk memberikan kegiatan pada anak supaya mau bangun pagi walaupun sekolah libur. Seperti contohnya melakukan jamaah sholat subuh bersama keluarga lalu mengaji atau mengajak anak jalan-jalan di pagi hari biar sehat dan yang lainnya.
 
Dengan membuat jadwal kegiatan yang jelas di hari libur sudah menjadi salah satu tips mengatasi bangun kesiangan.

Belum Memiliki Pekerjaan  


Bertambah dewasa lagi seorang yang belum memiliki pekerjaan entah itu baru lulus dari sekolah atau alasan lainnya, pasti hari-harinya akan santai. Dengan begitu akan lebih banyak bangun kesiangan karena tidak tahu mau ngapain kalau bangun pagi. Sebenarnya ada aktivitas mulia sebelum mendapatkan pekejaan, bangun pagi labih baik untuk membantu pekerjaan orang tua di rumah, berolahraga dan beraktivitas lain yang bermanfaat. Tapi menurut saya jika punya ide yang bagus malah membuat lapangan pekerjaan sendiri di rumah seperti berjualan pulsa dan paket internet, itu lebih baik.

Tidak Punya Pekerjaan Sampingan

 
Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa belum memiliki pekerjaan menjadi salah satu hal yang membuat kita bangun kesiangan. Tapi ternyata sudah memiliki pekerjaan tetap pun masih bangun kesiangan, mungkin karena pekerjaannya berangkat sedikit lebih siang. Dengan aktivitas pekerjaan sampingan selain memiliki bayaran tambahan, bertambah semangat kerja dan bisa mengurangi kebiasaan bangun kesiangan. Seperti yang saya alami di atas memiliki sampingan memelihara kambing dan contoh lainnya memelihara burung misalkan.

Suka Menunda Waktu

 
Menunda waktu atau mengulur waktu kadang saya lakukan ketika pekerjaan lagi ringan. Selain itu karena masih terlalu pagi tapi dengan tidak sengaja sudah terbangun dari tidur, maka yang akan dikatakan adalah “Ah masih pagi sekali, bentar lagi lah alarmnya juga belum bunyi”. Menunggu alarm berbunyi saya rasa kurang tepat karena kadang setelah kita terbangun lalu tidur lagi bisa jadi kita tidur lebih nyenyak dan akhirnya alarm tidak terdengar. Jadi berdasarkan pengalaman saya ketika kita terbangun tidurnya antara jam 00:00 - jam 03:00 tidur lagi tidak masalah, tapi jika terbangun antara jam 03:00 - 05:00 lalu tidur lagi akan menjadi masalah.

Belum Punya Pacar atau Istri

 
Sebagai orang yang jomblo setelah dewasa akan kesepian ketika bangun dari sarangnya tanpa seorang yang mengingatkan untuk bangun. Kalau punya pacar jadi ada yang kirim SMS WhatsApp (yank , selamat pagi), kalau punya istri ada yang mengingatkan (mas, sudah pagi). Seperti contoh tetangga saya sabelum dia menikah bangun tidur selalu jam 08:00, tetapi setelah mempunyai istri bangun lebih pagi lagi dan lebih giat bekerja. Namun untuk hal ini kamu tidak usah khawatir, karena sebelumnya kami telah menulis Tips Menjalani Hidup lebih Produktif meski Kamu Jomblo.

Tingkah Laku Sebelum Tidur

 
Aktivitas malam hari sebelum tidur yang membuat kita bangun kesiangan seperti begadang sampai larut malam, bekerja lembur, Makan sampai kenyang sebelum tidur dan tidak berdo’a sebelum tidur. 
 
Baca juga : Trik Mudah Mengatasi Tidur Mendengkur

Mungkin seperti itu hasil pengalaman saya sehari-hari tentang hal-hal yang membuat bangun tidur kesiangan. Atau sobat punya pengalaman lain atau memiliki cara agar mudah bangun tidur, coba ceritakan sedikit saja pada kita. Jadi intinya bangun pagi lebih sehat dan bermanfaat.