Asal Muasal Kalimat “Om Telolet Om” hingga Fenomenal di Dunia


Suatu hal yang dibilang biasa bahkan tidak penting malah bisa menjadi luar biasa sampai mendunia. Seperti adanya fenomena terkenal “Om Telolet Om” menjadi tranding di beberapa medi sosial Facebook, Twitter, Youtube, dan lainnya yang digunakan untuk sebuah status mereka. Dan awal saya menjumpai kata tersebut dari pesan kiriman siaran BBM dari salah satu teman saya, kemudian saya buka facebook ternyata bener-bener lagi populer kata tersebut.

Setelah ditelusuri lebih lanjut dari beberapa situs, ternyata fenomana ini berasal dari suara klakson bus atas permintaan anak-anak di pinggir jalan “Om Telolet Om”.  Awalnya dari segerombolan anak-anak asal Jawa Timur yang kemudian merambat ke Jawa Tengah, Yogyakarta, bahkan sampai Jakarta. Jadi mereka rasa bunyi klakson terdengar bagus yang kemudian direkan memakai ponsel Android setelah itu hasilnya mereka unggah ada yang melalui facebook dan youtube hingga populer di media sosial lainnya. Tentu yang mengawali sampai adanya trend ini setelah mereka dewasa nanti akan menjadi nostalgia tersendiri.

Biasanya mereka akan menunggu bus datang di pinggir jalan raya sambil membawa sebuah tulisan “Om Telolet Om” dibarengi mereka sambil berteriak mengucapkan kalimat itu hanya untuk mendapatkan suara Telolet yang unik. Sebetulnya mereka melakukannya sudah sejak bulan November, namun fenomenal baru-baru ini di bulan Desember.

Kalau kita pisahkan perkata yang artinya:
OM    : Orang yang mengemudi Bus (supir bus)
Telolet : Suara Klakson Bus

Asal Muasal Kalimat “Om Telolet Om”


“TELOLET” Mendunia?
Fenomena ‘Om Telolet Om’ kini telah menjadi sorotan beberapa media di luar negeri. Tak hanya itu saja, beberapa musisi kondang juga mengeluarkan cuitan mengenai fenomena ini. Bahkan sampai ada yang menciptakan lagu remix dengan tema ‘telolet’. Entah mereka tahu apa tidak dengan maksud dari “Om Telolet Om” seperti musisi Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers yang ikut mempopulerkan.

Kalau di Indonesia sendiri dengan maraknya hal tersebut yang awalnya dilakukan oleh bocah-bocah tanggung, malah sekarang baik orang dewasa sampai orang tua pria/wanita ikut melakukannya. Namanya juga trend di media sosial ada saja bahannya dan kita tak pernah menduga kejutan apalagi berikutnya setelah “Om Telolet Om”.
Terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat buat kalian.


*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon