Tips Merawat Kulkas yang Baik dan Benar Supaya Awet


Meski yang namanya kulkas dikenal sebagai suatu peralatan rumah tangga yang mahal dan mewah, akan tetapi sekarang sudah menjadi umum alias banyak yang memiliki. Dengan demikian kita sebagai pengguna juga harus bisa merawatnya sebisa mungkin supaya barang yang sudah kita beli benar-benar awet dan tahan lama. Kan anda juga yang akan merasakan kalau kulkas yang diporoleh dari menabung berbulan sampai bertahun-tahun kok cepat rusak.

Tips Merawat Kulkas Awet
Kalau awal beli sebuah kulkas bisa dipastikan akan berhati-hati dari cara membuka pintu dan lainnya. Meski demikian kita juga perlu mengetahui poin-poin yang kadang keliru oleh pemilik terhadap kulkas barunya karena sebelumnya belum pernah memakai. Jadi perlu pengetahuan sebuah tips merawat kulkas agar kita tahu mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh seperti menutup pintu kulkas tidak rapat dan lain sebagainya. Tips ini untuk semua produk kulkas baik Polytron, Sharp, Toshiba, Panasonic dan yang lainnya.

Tips Merawat Kulkas

1. Ketika kulkas baru dinyalakan jangan langsung diisi dengan makanan maupun minuman. Biarkan kulkas kosong dulu hingga 40-60 menit hingga ruangan kulkas dingin dan pengatur suhu untuk atur pada posisi kecil dulu sebelum kita ini makanan. Jangan pula memasukan makanan atau minuman yang masih panas, sebaiknya tunggu sampai suhu makanan dingin.

2. Kemudian mengatur suhu kulkas juga jangan terlalu dingin, kita pakai yang standar saja. Karena kalau terlalu dingin membuat kerja mesin kulkas ekstra akan menambah beban listrik.

3. Hindari mengisi kulkas secara berlebihan. Mengisi kulkas dengan makanan atau minuman secara berlebihan akan membuat mesin kulkas tersebut bekerja lebih keras. Mengisi kulkas secara berlebihan pun bisa membuat kulkas mengeluarkan aroma tak sedap.

4. Ketika membuka pintu kulkas janganlah terlalu lama. Karena hal tersebut mumbuat angin dingin kulkas banyak yang berhembes keluar sehingga kerja mesin kulkas semakin berat.

5. Apabila mau membersihkan kembang, bunga dan batu es yang menempel di dalam ruangan kulkas untuk tidak menggunakan benda-benda tajam dan keras itu salah. Untuk membersihkannya cukup mudah sekali, cukup matikan kulkas kemudian buka pintu kulkas dan biarkan kembang es mencair dengan sendirinya baru kita lap dengan kain bersih.

6. Bersihkanlah bagian kondensornya 1 bulan sekali secara rutin. Biasanya pada bagian tersebut banyak sekali debu yang menempel, debu tersebut menghambat kinerja mesin kulkas.
7. Hindarilah kulkas dari sorotan sinar matahari langsung serta jangan dekatkan kulkas dengan sejumlah benda yang mengeluarkan panas.

8. Peletakkan kulkas yang tepat adalah jarak dengan tembok atau barang disekitar kulkas 20 cm atau satu orang dewasa. Hal ini bertujuan supaya udara panas dari mesin kulkas bisa keluar dengan sempurna.
➧Baca juga : Cara Mencegah Perkakas Bambu Terhindar dari Rayap

Mungkin dengan tips-tips merawat kulkas supaya awet di atas akan membantu anda lebih perhatian lagi dengan perawatan kulkas. Dan satu hal lagi kalau makanan sisa kemarin yang sudah dihangatkan ulang kemudian setelah dingin kita simpan dalam kulkas ternyata berdampak pertumbuhan bakteri, jadi jangan dilakukan ya.


*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon