Cara Melapor Google Maps Terkait Salah Nama Jalan dan Lainnya

Melapor ke Google Maps - Bulan Agustus 2017 pengguna peta online atau yang kita kenal dengan nama Google Maps telah menghebohkan sejumlah warga khususnya daerah Bekasi. Kenapa? Dikarenakan mengenai data lokasi atau nama jalan yang diinformasikan oleh Google Maps ada kekeliruan. Yakni sebuah nama jalan yang seharusnya bernama Desi Sartika malah menjadi Dewi Persik, sehingga membuat banyak orang heran dan bingung. Kejadian tersebut hingga membuat heboh dan rame di sosial media.

Dengan adanya kejadian seperti itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi langsung bertindak untuk melayangkan surat resmi kepada pihak Google Indonesia. Dan akhirnya Google Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Tim Google juga langsung mengambil tindakan yang diperlukan guna memperbaiki isu tersebut.

Tidak itu saja, mungkin dari kalian juga perdah mendengar adanya penampakan anah yang tertangkap oleh citra Google Maps. Teknologi canggih seperti Google Maps memang kadang ada kekeliruan karena bagaimanapun juga ada campur tangan manusia di dalamnya. Oleh kerenanya kita harap memaklumi jika mendapati informasi di Google Maps yang keliru seperti salah nama jalan, nama tempat, salah tanda dan informasi lainnya yang ditayangkan melalui Google Maps.

Kita bisa melapor atau ‘Send Feedback’ ke pihak Google Maps sekarang juga. Misal ditempat anda terdapat suatu lokasi yang memberikan informasi yang salah, tentunya karena anda mengetahui betul tempat tersebut bisa memberikan informasi yang sebenarnya kepada pihak Google. Adapun caranya bisa kalian simak berikut ini.


Cara Kirim Feedback ke Google Maps


1. Membuka Google Maps membutuhkan jaringan internet, jadi pastika smarphone atau komputer anda telah terkoneksi dengan internet.

2. Setelah Google Maps atau aplikasi Google Maps jika membukanya lewat smarphone sudah terbuka, lalu temukan menu garis tiga di pojok kiri atas.

Cara Melapor ke Google Maps

3. Berikutnya geser layar ke bawah dan klik menu Kirim Masukan (Send Feedback),

Cara Melapor ke Google Maps

5. Setelah itu kita bisa memilih informasi apa yang ingin dilaporkan, ada beberapa pilihan seperti:
- Edit Peta
(perbaiki info yang salah tentang tempat dan jalan)
- Tambahkan tempat

- Laporkan jalan yang belum tercangkup
- Masukan lain
- Kirim masukan aplikasi (via smartphone)
- Laporkan masalah lokasi (via smartphone)


Ternyata selain kesalahan nama jalan, kita juga bisa memberikan atau melaporkan jalan yang belum tercangkup supaya nantinya dapat muncul di Goople Maps ketika ada yang mencarinya. Setelah itu pihak Google akan meninjau informasi yang telah kalian berikan hingga akhirnya laporan disetujui.