Hentikan Tindakan Bullying Sekarang Juga!!!

Advertisement
 
Assalamungalaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita semua.
Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang suatu hal yang mana dalam pembahasan ini memang perlu di kaji lebih dalam, yakni "bullyying".

PENGERTIAN BULLYING
Bullying merupakan suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang atau cenderung berpotensi untuk terulang, dan melibatkan ke tidak seimbangan kekuatan atau bahkan sampai kekuasaan. Perilaku ini dapat mencakup pelecehan verbal, kekerasan fisik, psikologis atau pemaksaan, dan dapat diarahkan berulangkali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan,ciri khas yang beda/tidak biasa.
Apalagi yang jelas-jelas sesama muslim,
Sangat di larang.

TEMPAT YANG PALING RENTAN
Biasanya terjadi di sekolahan yang mana di lakukan secara sembunyi-sembunyi oleh pelaku sehingga kerap sekali pihak guru jarang mengerti ada kasus tersebut.
Bahkan di pekerjaan pun bisa terjadi.

EFEK YANG DI TERIMA OLEH SI KORBAN
Dalam kasus ini si korban akan berakibat trauma psikis bahkan ada juga yang sampai ke fisik.
Korban biasanya enggan berinteraksi dengan si pelaku lagi serta memilih untuk menyendiri.

Sebagai mana dalam hal ini sudah di jelaskan dalam al-qur'an, Allah swt berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Q.S. Al-Hujura).

Oleh sebab itu kita yang sesama saudara/sesama muslim, haruslah menjaga perilaku yang tidak terpuji ini.
Kasih dan sayang selalu terterap dalam hati sanubari masing-masing.
Barulah tercipta guyub rukun sesama umat beragama.

Cukup sampai sini, semoga menambah wawasan serta ilmu yang bermanfaat.
Apabila ada tulisan ataupun tutur kata yang salah atau kurang berkenan di hati pembaca,saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamungalaikum wr.wb

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon