Cara Mencerahkan Foto yang Gelap Menggunakan Android

Advertisement
Mencerahkan Foto yang Gelap Menggunakan Android

Kadang kita mengembil sebuah gambar pada lokasi yang sudah pas namun pencahayaannya kurang sehingga hasilnya menjadi gelap padahal posisi dan posenya sudah sangat bagus. Kalain tidak perlu menghapusnya, kita cukup mengeditnya supaya lebih terang lagi dengan bantuan sebuah aplikasi.

Di jaman serba digital ini kita tidak perlu repot-repot menggunakan alat yang canggih ketika mau mengedit foto, cukup dengan bantuan smaphone Andoid maka masalah bisa segera teratasi. Walau hasilnya mungkin kurang begitu memusakan, tapi sudah lumayan keren aplagi kita bisa melakukannya sendiri.

Kita cukup menggunakan bantuan sebuah aplikasi bernama Snapseed, aplikasi buatan Google Inc ini bisa didapatkan melalui Play Store secara gratis dan tidak usah diragukan lagi kualitasnya karena dibuat oleh developer ternama. Dalam pengeditannya kalian hanya perlu melakukan pemanfaatan pengturan pencahayaan yang ada di Snapseed seperti Tune Image, Details, Tonal Contrast, HDR Scape dan lainnya sehingga foto yang tadinya buram atau gelap menjadi terang.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak tutorial berikut ini, pastikan telah mendownload aplikasi Snapseed dan memasangnya di Android.

Mencerahkan Foto Gelap dengan Android
1. Pertama-tama kalian buka aplikasi Snapseed dan tap pada layar untuk membuka pilihan foto yang telah tersimpan di galery.


2. Pilih foto kalian yang masih gelap untuk di edit menjadi terang.


3. Setelah milih foto, kita bisa langsung mengeditnya pada menu tampilan dengan memilih efek Morning lalu tab tanda centang.


4. Berikutnya tab menu ALAT dan pilih menu Poles Gambar.


5. Usapkan jari anda ke kanan untuk menambah kecerahan dan ke kiri untuk mengurangainya. Ubah juga pengeturan lainnya seperti Kontras dan Saturasi (untuk menambah warna lebih hidup). Dengan tiga pengeturan tesebut saya rasa sudah cukup, namun kalian bisa menambah pengeturan lain seperti Ambiance, Highlight, dan bayangan jika hasilnya belum sesuai keinginan.

save hasil edit snapseed

6. Terakhir kalian tab tombol centang > lalu EKSPORT > kemudian Simpan.

Foto yang buram atau gelap sudah pasti tidak nyaman untuk di lihat, karena objek yang ada di dalamnya terlihat kurang jelas. Namun hanya dengan aplikasi gratis dan bermodalkan Android kita bisa merubahnya menjadi lebih terang, sehingga tidak ada keraguan lagi untuk di share ke media sosial, baik itu ke Story Instagram, Twitter, Facebook, serta media sosial lainnya.

➧Baca juga: Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android Tanpa Root

hasil foto gelap jadi terang
Catatan: Pengambilan foto di atas pada malam hari tanpa flash, sehingga hasilnya tidak begitu bagus. Berbeda kalau pengambilan foto pada siang hari pada tempat yang minim cahaya maka hasilnya akan lebih bagus.

Silahkan kalian bandingkan hasilnya... kalau tidak ada perbedaannya berarti kamu harus belajar lagi. Cukup sekian, semoga Cara Mencerahkan Foto Gelap Menggunakan Android bermanfaat.

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon