Cara Backup Data Kontak di HP Android

Advertisement
Cara Backup Data Kontak di HP Android

Apabila kalian menggunkan smarphone Android, salah satu bagian data terpenting pada HP adalah kontak, entah itu nomor keluarga, teman atau lainnya. Terkadang kita lupa melakukan backup nomot telepon padahal didalamnya terdapat data penting. Misal ketika mau ganti Hp dengan yang baru, maka backup kontak dengan gmail salah satu cara yang efektif.

Selain karena mau salin Hp, ketika HP Android anda mengalami hang atau restart terus menerus yang memungkinkan harus segera di Reset ke setting pabrik. Hal tersebut bisa mengekibatkan hilangnya data kontak apabila kita tidak segera melakukan backup terlebih dahulu.

Hal ini bisa dilakukan untuk semua ponsel Android, entah itu menggunakan Samsung J1 maupun Sony Xperia J serta jenis smartphone Android lainnya. Bagi beberapa penggemar game Android mungkin sering melakukan rooting yang juga dapat mengekibatkan data kontak terhapus, untuk itu kalian bisa melakukan beberapa cara backup berikut ini baik yang menggunakan aplikasi atau tidak.

1. Cara Backup Kontak ke Memori Eksternal

- Buka kontak telepon di hp Android kalian
- Tab titik tiga di pojok atas kemudian pilih Eksport kontak > lalu pilih Kartu SD

backup kontak ke memori

Dengan demikian kontak kita sudah aman tersimpan di memori Eksternal (microSD) yang bisa dengan mudah dipindahkan ke ponsel yang baru.

2. Cara Backup Contact di Android Menggunakan Gmail
Untuk cara yang kedua ini, pastikan akun Google / Gmail yang terhubung ke Android masih dalam kendali anda, maksudnya kalian mengetahui passwordnya yang bisa di akses kapan saja.

- Buka bagian Settings, lalu pilih Accounts, pada bagian My Accounts pilih Google.


- Setelah itu pilih akun gmail yang kamu inginkan untuk menjadi tempat back up.


- Kamu akan banyak menemukan apa saja yang bisa kamu backup di akun gmail kamu, ada kalender, google+, juga lainnya. Untuk kontak, kamu pilih dengan memberi centang Sync Contacts (Selaraskan Kontak).


3. Backup Contact di Android Menggunakan Aplikasi
Cara berikutnya kita bisa memanfaatkan aplikasi khusus buat backup kontak, menggunakan Super Backup & Restore yang bisa diperoleh secara gratis melalui Play Store.
aplikasi backup kontak
Dengan aplikasi Super Backup & Restore kita akan mendapatkan kelebihan lain seperti backup aplikasi ke memori, backup percakapan sms dan lain sebagainya.

Kalian bisa terapkan cara di atas salah satu, manakah yang maling efektif dalam melakukan backup kontak di hp Android masing-masing. Dengan begitu menjadikan kita tidak kehilangan akses terhadap nomor-nomor penting untuk kembali dihubungi.

Nah, bagaimana? mudah bukan caranya backup data, semoga tutorial ini bermanfaat. Silahkan share ke teman kalian di media sosial supaya orang lain yang membutuhkan jadi mengetahuinya.

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon