Manfaat / Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

buah naga merah putih
Buah naga merah digolongkan masih sekerabat dengan jenis tanaman kaktus dari marga selenicereus dan hylocereus. Tahukah kalian, bahwa buah ini pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, kota Meksiko. Sekarang buah naga merah telah banyak dibudidayakan diberbagai negara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan, Okinawa, Tiongkok Selatan, Australia, dan juga Indonesia.

Selain buah naga merah ada juga buah naga putih yang mana sama-sama bisa memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan tubuh kita, termasuk untuk bayi juga ibu sedang hamil. Mungkin belakangan ini di ingkungan kalian telah populer buah naga kemudian banyak masyarakat menanamnya di halaman dengan polybag. Kulit buah naga yang berwarna merah muda itu dilengkapi juga dengan daun-daun yang terlihat seperti duri-duri pada buah durian, menjadikan buah naga selain untuk kesehatan juga sebagai menghias kebun.

Manfaat dalam kandungan buah naga sangat baik bagi pemenuhan kebutuhan vitamin serta mineral dalam tubuh manusia. Untuk itu buah ini sangat baik jika bisa mengkonsumsi secara rutin setiap hari.

Baik, sebelum kita ke pembahasan manfaat dari buah naga merah, kita ketahui dahulu kandungan-kandungan yang terdapat pada buah naga merah berikut ini:

Protein : 1.1 gram
Lemak : 0.4 gram
Air : 87 gram
Karbohidrat : 11 gram
Vitamin C : 20.5 miligram
Vitamin B1 : 0.04 gram
Vitamin B2 : 0.05 miligram
Vitamin B3 : 0.16 milgram
Serat : 0.04 gram
Kalsium : 8.5 miligram
Besi : 0.16 miligram

Dari data diatas bahwa kandungan paling banyak pada buah naga adalah air sebanyak 87 gram. Kandungan gizi yang banyak akan memberi manfaat yang beragam buat kalian yang suka dan sering makan buah tersebut. Walaupun menurut saya rasa dai buah naga tidak begitu enak, tapi tahukan kalian bahwa ada 20 lebih manfaat / khasiat buah naga merah untuk kesehatan yang telah kami peroleh dan berbagai sumber.

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh
Yang berperan dalam membantu menurunkan kadar kelesterol pada kandungan buah naga adalah Vitamin B3. Jadi sangat disarankan bagi kalian yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah ini.

2. Dapat Membantu Meredakan Batuk
Ternyata buah naga juga bisa membantu meredakan penyakit batuk, untuk itu dari pada harus terus-terusan minum obat mending coba mengkonsumsi buah naga saja kan lebih banyak khasiatnya. Dan lagi-lagi ini terdapat pada kandungan Vitamin B3 sebagai meredakan batuk.

3. Membantu dalam Penyembuhan Penyakit Kanker
Kandungan vitamin kompleksnya sangat bermanfaat bagi proses terapi dalam penyembuhan penyakit tersebut. Jadi jangan heran jika Dokter merekomendasika untuk mengkonsumsi buah naga bagi penderita penyakit kanker.


4. Membantu Melancarkan Pencernaan
Bagi kalian yang merasa pencernaan selama beberapa hari ini terganggu, bisa coba mengkonsumsi buah naga. Khasiat ini pada bagian kandungan air buah naga yang tinggi dan adanya kandungan serat akan membantu melancarkan pencernaan tubuh kita.

5. Buah Naga Bisa untuk Diet
Salah satu upaya dalam menurunkan berat badan (diet) selain buah pisang adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori seperti buah naga. Selain itu, mengonsumsi buah naga merah dapat menjadi alternatif pilihan yang baik bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Sebetulnya masih banyak lagi yang lainnya, namun kami rasa anda akan bosan kalau ini nantinya terlalu panjang. Untuk itu manfaat buah naga merah berikutnya ini tidak kami sampaikan dengan keterangan lengkap.

- Membantu Merawat Kesehatan Mata
- Membantu menguatkan tulang dan gigi
- Membantu Penyembuhan Penyakit Diabetes
- Membantu mencegah peradangan
- Sangat baik bagi usus
- Membantu menjaga ion dalam tubuh
- Membantu persendian agar tidak mudah kram
- Membantu menjaga kesehatan syaraf
- Sebagai pewarna alami makanan
- Membantu menghilangkan jerawat pada wajah
- Membantu melancarkan peredaran darah
- Membantu melancarkan ASI bagi ibu menyususi
- Membantu meredakan panas dalam
- Mencegah penyakit Jantung

Itulah beberapa khasiat dari buah naga merah, mungkin cukup sekian semoga bermanfaat khususnya bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai manfaat dari buah naga merah untuk kesehatan.

Selain pada buahnya ada juga yang memiliki khasiat pada bagian daun dan juga kulit dari buah tersebut. Kalian bisa ketahui pada Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan atau Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis.

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon