Cara Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas

Laptop yang cepat panas mengakibatkan pekerjaan anda tidak maksimal sampai tidak selesai. Berbeda dengan komputer yang memiliki kipas pendingin yang mampu menjaga suhu tetap dingin. Laptop juga ada hanya saja tidak mumpuni untuk mendinginkan karena ukurannya yang kecil maka laptop akan lebih cepat panat dari pada komputer.

Laptop mencapai overheat pastinya akan mengurangi performa mesin dan komponen lain yang ada. Selain dari bentuk kipas komponen pada laptop juga berbeda dengan komponen komputer, sehingga daya tahan pun tidak sama. Laptop yang digunakan secara terus menerus supaya aman, jaga pemakaian yang melebihi 3 jam dan apalagi buat main game. Agar laptop anda tidak mudah panas, berikut tips mengatasi laptop cepat panas.


Settingan Laptop
Hal utama dalam mengatasi laptop anda cepat panas adalah settingan laptop. Selain melakukan setting secara fisik dengan membersihkan laptop dan menggunakan perangkat tambahan seperti cooling pad, anda bisa melakukan setting ulang pada sistem laptop untuk membantu menurunkan suhu. Misalnya Anda bisa melakukan pengaturan LCD dengan memberikan pencahayaan yang minim. Dengan pencahayaan yang minim selain mengurangi panas laptop juga baik untuk kesehatan mata.
Baca juga : Cara Mengatur Kecerahan Monitor Laptop

Menggunakan Cooling Pad
Cooling pad merupakan teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang beresiko dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien. Namun, kami sarankan juga, untuk tidak memakai cooling pad secara berlebih. Hal ini dikarenakan cooling pad memungkinkan membawa debu dan kotoran masuk pada perangkat anda. Jika anda memutuskan meminjam jasa cooling pad untuk menurunkan suhu laptop, pilihlah yang spesifikasinya benar-benar memadai. Jangan sampai anda memilih cooling pad yang malah bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada laptop anda.

Mengganti Thermal Paste CPU
Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop anda  tiba-tiba blank secara continue saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip.
Cara Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas

Membersihkan Kipas/Heatsink Pada Laptop
Ada beberapa komponen yang harus kamu ketahui karena komponen tersebut membuat laptop cepat panas. Komponen ini adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. kalau ada waktu senggang silakan membersihkan kembali kipas pada laptop. Gunakan juga pelumas antara satu atau dua bulan sekali.
Hal ini bisa anda lakukan sendiri sebelum laptop digunakan, hati-hati kalau melakukannya sendiri :
- Bukalah bagian middle cover laptop dengan cara mencungkil secara hati-hati dan angkat cover-nya.
- Setelah itu bukalah skrup dan angkat penutupnya.
- Lalu bersihkanlah kipas dengan kain halus.
- Manfaatkan juga cutton bud untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit pada kipas, agar lebih bersih.
kaskus.co.id

Dibaca Juga :
Demikianlah tips cara mudah mengataasi laptop cepat panas yang bisa anda terapkan, semoga bermanfaat. Yang pasti lakukan secara rutin pembersihan laptop supaya terhindar dari debu dan kotoran yang menempel hingga masuk ke komponen dalam laptop.