Pengertian dari Running Text dan Kegunaannya


Penjelasan beserta pengartian dari Running text atau disebut juga sebagai tulisan berjalan ini merupakan salah satu media elektronik yang sangat berguna untuk menyampaikan pesan dan informasi yang dapat juga dapat digunakan sebagai sarana iklan.

Running Text juga dikenal dengan sebutan Moving Sign.  Dalam pengembangannya, Display Running text kini hadir tidak hanya menampilkan rangkaian tulisan berjalan saja, tetapi juga bisa untuk menampilkan gambar atau logo.

Running Text banyak dipilih orang sebagai sarana advertising, alasan sebagai sarana iklan karena selain tampilan yang sangat cantik, running text tersendiri ternyata memiliki daya tarik bagi orang-orang di sekitar yang melihatnya. seperti yang kita ketahui, bahwa indra penglihatan manusia berupa mata sangat tertarik terhadap suatu pandangan yang cerah, berwarna, mencolok, dan lain yang ada di sekelilingnya. Hal ini yang mendasari warna dari display running text mengundang mata orang di sekitarnya untuk melihat ke arahnya.

Dalam era globalisasi dan pengembangan teknologi yang begitu pesat, berkembangnya berbagai macam display elektronik, membuat banyak produsen-produsen display berpikir keras untuk dapat menciptakan terobosan-terobosan baru dalam hal display, salah satunya dengan mulai ramainya muncul berbagai macam display LED. Mulai dari ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan, bahkan tahun ini sudah banyak bermunculan display yang menawarkan produk Full Color.

Tidak heran kecanggihan teknologi yang diiringi dengan kepiawaian manusia dalam menciptakan barang baru, tidak lepas dari kebutuhan manusia yang kian hari semakin meningkat. Awal mula, Running text hanya digunakan untuk menampilkan tulisan berjalan, dimana jumlah karakter serta bentuk dari karakter tulisan tersebut terbatas, dengan kemajuan teknologi, sekarang dapat kita temukan banyak running text yang sudah dikombinasikan untuk menampilkan logo atau gambar, bahkan mode pergerakan tulisannya pun semakin bervariasi.

Tidak terlepas dari kreatifitas para ahli elektronik dalam menciptakan dan menginovasi teknologi menjadi sesuatu yang bermanfaat dan kemudian digunakan oleh banyak orang dan akhirnya menghasilkan materi. Kepuasan utamanya memang bukan pada materi saja tapi kepuasan yang paling hakiki adalah hasil kreatifitas dapat digunakan oleh banyak orang yang akhirnya timbul sebuah kebanggaan tersendiri bagi pencipta ataupun inovator tersebut. Hal ini juga tidak berbeda jauh dari led running text yang manfaatnya dirasakan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang menggunakan alat ini.

Led running text adalah sebuah teknik elektronik yang menampilkan sebuah tulisan bergerak atau berjalan yang terdiri dari susunan led kemudian terhubung secara matrix dengan perpaduan led antara baris dan kolomnya. Led running text ini memiliki fasilitas komunikasi secara seri yang mampu menampilkan pesan ataupun tulisan bergerak dan berjalan yang dapat dirubah melalui PC, laptop dan juga remote.

Bukan hanya itu saja, running text memiliki fasilitas untuk mengatur waktu yang menggunakan Real Time Clock (RTC) sehingga dapat menampilkan detik, menit, jam, hari, tanggal dan tahun. Untuk penyesuaiannya dapat dilakukan melalui media komputer atau remote. Led running text ini tidak akan berubah walaupun dimatikan artinya data akan tersimpan di dalam memori. Untuk warna yang digunakan sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan, adapun warna warna yang tersedia antara lain warna hijau, warna biru, warna merah, warna kuning dan warna putih khusus untuk warna led.

Dan ada satu lagi running text yang dijual untuk media informasi ini yaitu moving sign. Moving sign ini adalah sebuah tampilan elektronik dengan menggunakan led yang menghasilkan variasi nyala yang sangat unik dan berbeda sesuai dengan selera masing masing pemilik.

Moving sign ini merupakan sebuah media elektronik yang sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai media iklan, pemberitahuan informasi serta untuk dekorasi kantor atau sentuhan keindahan perkotaan. Moving led ataupun led running text sangat berbeda dengan banner ataupun spanduk, karena banner dan spanduk sifatnya non permanen artinya tidak mampu bertahan lama atau cepat mengalami kerusakan. Sedangankan moving sign dan led running text sifatnya permanen dan isinya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan selera anda. Khusus untuk desainnya, ada yang merupakan desain available artinya telah tersedia dan bisa beli langsung bawa tapi ada juga desain custom artinya anda dapat memesan terlebih dahulu untuk model dan desainnya sesuai kebutuhan dan sesuai dengan selera.

Running text yang ada yaitu berupa led-led yang disambung dan dirangkai menjadi deretan led ataupun dapat berupa dot matrix. Dot matrix merupakan deretan led yang membentuk array dengan jumlah kolom dan baris tertentu, sehingga titik-titik yang menyala dapat membentuk suatu karakter angka, huruf, tanda baca dan sebagainya. Program dot matrix 5 x 7 menggunakan shift register 74hc595 untuk mengendalikan nyala array led, dan input teks. Jika dot matrix tidak menggunakan shift register, maka led bisa menyala bersamaan satu kolom atau satu baris, berbeda dengan array button karena button hanya tersambung jika ditekan, sedangkan led selalu tersambung.

Demikianlah penjelasan dari Running text yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.