Cara Memperbaiki Suara Laptop Mati karena Driver Sound yang Hilang

Hai sobat apa kabar, bagaimana rasanya kalau laptop anda tidak ada suaranya sama sekali. Sebelumnya saya pernah juga mengalami suara laptop mati dikarenakan driver sound yang hilang. Pokoknya suasananya jadi sunyi sekali tidak bisa mendengarkan musik lagi, akhirnya nyanyi sendiri hhh.

Sebelum terjadinya suara laptop mati, bahwa saya telah melakukan scaning terhadap kinerja laptop dan juga bertujuan mendeteksi adanya marlware yang tersimpan. Tetapi ada beberapa hardware yang tidak sengaja terhapus sehingga menyebabkan suara laptop mati karena driver sound juga ikut terhapus.
Karena belum mengatahui hal ini dikira speaker laptop telah rusak dan perlu di ganti dengan yang baru. Kemudian untuk memastikannya lagi kalau benar memang rusak saya pasang headset pada laptop yang sebelumnya telah dicek dulu menggunakan handphone, tetapi headset tersebut tidak menghasilkan suara juga. Itu tandanya speaker laptop belum rusak, maka tidak usah membongkar laptop anda.

Untuk itu anda tidak perlu mengganti speakernya karena yang menjadi masalah adalah drive sound laptop yang hilang atau teruninstall. Kita install kembali drive sound laptop supaya suara bisa diperbaiki seperti sebelumnya.
Cara Memperbaiki Suara Laptop Mati
WindowsXP


#Cek Keberadaan Drive Sound
Anda dapat mengecek terlebihdahulu drive sound pada komputer benar-benar sudah ada atau belum. Kalau sudah ada berarti bisa kemungkinan anda hanya lupa mute pengaturan sound yang mengakibatkan suara mati.
Untuk cek drive sound
1. Kli star menu > klik Kanan (My Computer) > pilih Properties
2. Pada system properties, klik tab Hardware > Device Manager

3. Kemudian pada halaman Device Manager, klik 2 kali pada (Sound, Video anda Game controllers) dan lihat apakan nama Realtek High Devinition Audio sudah ada, karena sound card yang digunakan adalah Realtek.
Driver Sounds yang Hilang
WindowsXP
Kalau Realtek High Devinition Audio yang dimaksud belum ada mari kita ke langkah selanjutnya,

#Install Drive
Masih pada halaman Device Manager lihat tulisan Other devices lalu klik 2 kali. Pada perangkat berwarna kuning itu berarti ada masalah dengan konfigurasinya. Jika tidak ada perangkat tersebut, perangkat audio mungkin tidak diakui, dan anda tidak akan menemukan driver perangkat lain di bawah kategori Sound, video dan kategori game. Bahwa ini sebagian besar disebabkan oleh driver sounds yang hilang. Install ulang driver sounds dengan klik kanan pada Audio Device on High Definition Audio Bus lalu pilih Update Drive.
Driver Sounds yang Hilang
Source : http://www.qbonk.org

Pastikan koneksi internet anda sudah tersambung supaya bisa menginstall drive sounds sampai selesai. Setelah install selesai anda bisa buka pengaturannya melalui Start > Control Panel > Sounds, Speech and Audio Devices.

Mungkin sampai disini saja, kalau anda punya pemecahan masalah yang lain jangan lupa untuk beri tahu saya bisa melalui komentar. Tapi kalau dengan cara ini bisa menyelesaikan masalah dari suara laptop anda saya ucapkan selamat. Jujur saya waktu itu sempat stres ringan gara-gara suara laptop hilang dengan begitu saja.

Sedangkan untuk mengatasi Driver Sound yang bermasalah pada Windows 7 silahkan anda baca di Cara Mudah Mengatasi Driver Sound Error di Windows 7.

7 komentar

  1. kalau laptop saya sound mati kalau pake system uefi GPT tapai kalau legacy MBR lancar..itu knp ya min.....

    BalasHapus
  2. Untuk yg ga ada other device, cb cek di device manager apakah ada yg logo disampingnya setengah transparan, kalo ada cb di uninstall trs restart ulang

    BalasHapus
  3. min,pny saya pilihan sound dll nya itu ga ada pas sy buka pilihan device manager

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda install driver sound, bsa download disini : http://www.drivers.com/update_audio_drivers_downloads/

      Hapus
  4. Terimakasih atas petunjuknya, punya aku sesuai petunjuk berhasil. Terimakasih sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. min, punya saya pas dibuka other device nya, keluarnya malah unknown device itu kenapa kira kira masalahnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya device tidak ditemukan, coba hubungkan laptop/komputer ke internet agar bisa mengunduh update device.

      Hapus