Cara Membuka Situs yang Diblokir Melalui Computer atau Laptop Tanpa Proxy

Ada babarapa situs yang diblokir karena melanggar konten yang berbau dewasa. Namun ada juga situs yang sering kita kunjungi tiba-tiba diblokir karana masalah tempat kita saat mengakses situs. Seperti saat di kantor, kampus, dan yang lainnya yang melakukan pemblokiran pada suatu situs dengan sengaja karena untuk kepentingan meraka. Namun hal ini dilakukan tentunya demi kebaikan kita juga nantinya.

Bagi teman yang menginginkan membuka situs yang telah diblokir pasti hal ini sangat menjengkelkan. Seperti yang telah diberitahukan pada blog lain bawha untuk membuka situs yang diblokir kita harus menggunakan proxy. Contohnya untuk browser Mozilla Firefox bisa kita letakkan proxy nya melalui Menu Options > Advanced > Network > Setting > Manual proxy configuration.

Berbeda dengan kesempatan kali ini saya bagikan cara membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan proxy. Jadi kenapa tidak menggunakan proxy, karena cara ini dengan memasang Add-Ons yang bernama anonymoX baik Firefox ataupun Chrome sudah terbuktu ampuh juga.

Apa itu anonymoX ?
AnonymoX merupakan inisiatif untuk anonymization di internet. Tujuannya adalah untuk mengembalikan hak pengguna seorang anonym di web. Kebanyakan website memantau perilaku pengguna mereka, memberikan situs host kemampuan untuk menganalisis perilaku pengguna umum dan membuat profil pengguna rinci, yang sering kali dijual ke pihak ketiga .

Sebuah ancaman bagi kebebasan berbicara di internet memanifestasikan dalam represi melalui organisasi federal atau swasta . Semakin banyak pemerintah menyensor situs dengan alasan keselamatan anak, dari situs-situs yang tidak manfaat. Dengan anonymoX anda dapat dengan leluasa membuka situs yang telah diblokir oleh profider kartu atau perilaku pemerintah.

Cara Memasang anonymoX pada Mozilla Firefox

1. Caranya anda buka dulu browser Mozilla Firefox
2. Klik menu Tools > Add-Ons > Get Add Ons > Ketikan Anonymox pada search form pojok kanan atas 
3. Selanjutnya pilih install dan tunggu sampai prosesnya selesai. 
Jika terlalu lama bisa langsung menuju url ini : https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/anonymox/ kemudian pilih add to Firefox dan install sampai selesai.



Cara Memasang anonymoX pada Google Chrome

Selanjutnya untuk anda pengguna browser Chrome bisa menambahkan ekstensi Anonymox kalau mau membuka situs yang telah diblokir. Yaitu dengan mengunjungi url berikut : https://chrome.google.com/webstore/detail/anonymox/icpklikeghomkemdellmmkoifgfbakio, kemudian install sampai selesai ekstensi anonymox untuk Google Chrome anda.


Baca Juga : Cara Mengatasi Blank Saat Buka Wapka Lewat Firefox

Alternatif Lain
Cara lainnya untuk membuka situs yang diblokir melalui komputer, jika menggunakan anonymoX anda selalu mengalami kegagalan maka gunakan alternatif yang lain. Disini saya coba menggunakan browser lain di laptop yaitu Opera Mini.

1. Anda install opera mini pada komputer.
2. Setelah terpasang, segara buka Opera Mini kemudian aktifkan VPN.
Pengaturan/Setting > Dasar > VPN

cara aktifkan vpn

3. Sebelum menjelajahi situs yang diblokir, saran saya selalu gunakan penjelajahan pribadi supaya history dan penyelusuran tidak tersimpan jadi jejak anda tidak mudah diketahui oleh orang lain. Caranya dengan tekan tombol perintah keyboard Ctrl + Shift + huruf N (pencet tombol bersamaan).

Terimakasih, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan menganai cara membuka situs yang diblokir melalui komputer atau laptop tanpa proxy. Yaitu dengan menggunakan Add-Ons tambahan yang bernama anonymoX yang telah dijelaskan dari awal hingga akhir maupun pake Opera, semoga bermanfaat.

Sedangkan khusus pengguna ponsel Android jangan lupa baca disini : 7 Aplikasi untuk Membuka Situs yang Diblokir di Android.