6 Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah

Google Play Store merupakan salah satu aplikasi bawaan yang wajib ada di smartphone Android kita miliki. Namun hanya itu saja kawan, ini juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting yaitu untuk memperoleh aplikasi seorang pengguna Android. Termasuk kita yang pakai.

Kamu pernah mengalami dan mengetahui bahwa aplikasi Play Store mendapat masalah? Seperti contohnya aplikasi yang tiba-tiba berhenti bekerja sampai tidak dibuka. Ini merupakan beberapa kendala yang sering keluhkan pengguna smartphone Android.

Sebenarnya saya bukan ahlinya, kadang juga kalu menemui masalah seperti itu saya minta bantuan teman. Namun ini kebetulan saja memperoleh sebuah tips dan trik dari laman Android Autorithy. Perlu Anda diketahui bahwa sebenarnya tidak ada petunjuk pasti untuk memperbaiki masalah di Google Play Store. Jadi, ini merupakan tips dan trik yang pernah dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

6 Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah 


# Tutup paksa aplikasi Google Play Store
Dengan menutup paksa aplikasi ini mungkin bisa teratasi. Cukup menggusur Google Play Store lewat laman multitasking. Atau dengan cari lain, yaitu pengguna cukup memilih menu Settings, pilih Apps, dan All. Lalu, cari Google Play Store dan pilih 'Force Stop'.

# Hapus cache yang ada di Google Play Store
Memori cache adalah salah satu alat yang sangat membantu. Sebab, sistem cache memungkinkan ponsel untuk mengurangi penggunaan data dan mempercepat waktu muat.
Untuk itu, coba Anda menghapus memori cache secara rutin. Untuk menghapus memori cache Google Play Store, pengguna cukup membuka menu Settings dan pilih Apps. Dari situ cari Google Play Store dan pilih tombol Clear Cache.

# Hapus data yang ada di Google Play Store
Jika membersihkan data cache tidak berhasil, menghapus data Google Play Store adalah cara berikutnya yang dapat dilakukan. Untuk menghapus data di Google Play Store, pengguna cukup melakukan langkah yang sama ketika akan menghapus memori cache.

Hanya saja, anda harus memilih Clear. Namun perlu diingat, bahwa ketika menghapus data, otomatis data yang disimpan pengguna juga ikut hilang. Jadi, ketika akan mengakses Google Play Store kembali, pengguna harus memasukkan akun Google terlebih dulu.

# Cek aplikasi yang diblokir
Kalau Google Play Store bermasalah mungkin salah satunya adalah karena sistem aplikasi yang tidak bekerja dengan semestinya. Untuk itu, tidak ada salahnya memeriksa aplikasi yang mungkin diblokir.

Caranya adalah buka menu Settings pilih Apps dan All. Lalu, cari aplikasi yang mungkin sedang berada dalam keadaan disable. Jika ada, pengguna cukup mengaktifkan kembali aplikasi itu.

# Cek Google Play Services
Google Play Services dapat dikatakan sebagai motor yang menjalankan perangkat Android. Untuk itu, memeriksa Google Play Services adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah yang ada di Google Play Store.

Untuk melakukannya, pengguna cukup mengikuti langkah yang sama dengan menghapus memori cache dan data di Google Play Store. Namun, saat membuka App Manager, pengguna harus memilih Google Play Services terlebih dulu.

# Restart ponsel Android Sebagai salah satu cara yang paling sering dilakukan, jadi restert ponsel selain sering dipraktekan, juga karena akan menyelesaikan beberapa masalah sekaligus.

Mungkin saja dengan cara di atas Anda masih belum berhasil juga? Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus Google Play Store. Namun, mengingat ini adalah sistem aplikasi bawaan, pengguna tidak akan bisa menghapus aplikasi ini. Jadi, pengguna cukup menghapus pembaruan dan membawanya kembali ke versi yang lebih lama.

Baca juga : Tips Saat Membeli HP Bekas yang Baik dan Berkualitas
Untuk melakukannya, pengguna cukup masuk ke menu Settings lalu Apps dan pilih Google Play Store, setelah itu pilih opsi uninstall updates. Satu hal yang perlu diingat adalah setelah menghapus update, pengguna masih bisa meng-install kembali pembaruan untuk aplikasi ini. Jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan cara yang terakhir ini, semoga berhasil.