Cara Menjadikan Headset Sebagai Mic di Komputer

Kalau kita belum memiliki sebuah Microphone yang bertujuan untuk mengeluarkan suara ke komputer, maka solusinya dengan headset hp bisa jadi penggantinya. Dengan begitu earphone atau yang akrab orang mengatakan sebagai headset ketika disambungkan dengan pc dapat digunakan untuk karaoke dan lainnya.

Kalau untuk para youtuber biasanya merekam suara dikomputer bertujuan seperti membuat sebuah video tutorial yang ada pengantarnya. Kamu juga mungkin pernah menonton sebuah video tutorial di layar windows namun bisu atau tidak ada suaranya kalaupun ada hanya music saja, itu mungkin belum tahu kalau headset ternyata bisa digunakan sebagai Mic.

Sebuah ide saya temukan setelah tahu aplikasi Smule Android yang digunakan untuk bernyanyi karaoke dan mic nya bisa menggunakan headset. Jadi saya berfikir lagi bagaimana supaya bisa diterapkan pada laptop saya, karena kebetulan berencana ingin membuat sebuah video tutorial. Setelah saya browsing jelajah kesana kemari akhirnya bisa dan saya berikan caranya buat kalian.

Menjadikan Hedset Sebagai Mic di Komputer

1. Pertama siapkan headset dan tidak harus bagus, headset bekas juga tidak masalah asalkan masih normal. Kemudian langsung saja hubungkan pada lubang headset di pc , biasanya ada 3 yaitu untuk speskers, mic dan line in. Untuk mic pada laptop yang saya miliki letaknya di bagian tengah,  mungkin akan berbeda pada anda lihat saja masing-masing karena akan terdapat gambar icon mic di sebelah lubang.

2. Selanjutnya setting suara pada pc, caranya buka Control Panel > Sounds, Spech, and Audio Devices. Pilihan selanjutnya kita bisa pilih salah satu antara Realtek HD atau Sounds and Audio Devices, bisa pake salah satu driver.
Menjadikan Hedset Sebagai Mic di Komputer
WindowsXP

3. Setelah masuk ke Sound and Audio Devices, kemudian pilih pada tab Voice dan klik Volume untuk yang bagian Voice Recorording.
WindowsXP

4. Jendela Recording Control akan terbuka, ini merupakan langkah terakhir untuk mengaktifkan mic headset dengan cara beri cek lish untuk yang Mic Volume. Sedangkan cek lish Stereo Mix ketika komputer anda dihubungkan dengan speaker eksternel.


Karena saya ini memakai WindoesXP, jadi jika kalian menggunakan Win7 atau Win10 untuk untuk baca caranya berikut ini ;
Cara Aktifkan Microphone di Windows 7
Cara Mengaktifkan Microphone di Komputer Windows 10

Itu sampai langkah nomer 4 maka headset anda siap untuk digunakan sebagai microphone. Memang kalau tidak memakai mic asli suaranya tidak begitu bagus dan sedikit blur seperti ada suara lainnya. Tapi kita bisa setting lagi supaya mic headset sedikit lebih jernih suaranya, seperti gambar berikut.
Menjadikan Hedset Sebagai Mic di Komputer
Advanced > Mono Mic


Cara Pemakaian
Kalau kalian belum tahu mic headset yang bisa mengeluarkan suara itu sebelah mana. Letaknya di salah satu dari 2 speaker headset coba saja cek satu-satu, tapi kalau kalian memakai headset yang kabelnya panjang-pendek maka mic nya terletak pada speaker yang kabelnya panjang.
Kemudian untuk mengecek keluaran suara di pc, karena saya menggunakan WindowsXP maka memerlukan aplikasi perekam layar laptop bernama Bandicame.

Mungkin itu semua sudah cukup mengenai cara menjadikan headset menjadi mic di komputer, kalau kiranya ada pertanyaan atau tambahan dari Anda silahkan sampaikan melalui komentar.