Pengertian dari kata ENDORSE dan Penjelasannya

pengertian endorse

Hai sobat, apakah kalian sering mendengar istilah kata Endorse atau Endorsement ketika sedang mengunjungi sebuah instagram para artis dan selebritis terkenal. Tidak hanya di instagram, sekarang malah di acara televisi banyak juga yang membicarakan kata endorse tersebut. Seperti dalam komentar mengenai photo-photo yang di unggah para artis ternama kadang sebuah Id instagram Online Shop yang menulis dan menawarkan apakah sang artis tersebut mau di endorse.

Sebagai orang yang baru tahu kata tersebut, mungkin akan bertanya-tanya endorse itu apa maksudnya kenapa lagi tenar sekali di kalangan para artis. Bagi yang belum mengeti dan masih kepo sebenarnya artis itu ditawari apa oleh si penjual Online, Saya awal mengenalnya dari sebuah acara televisi, kemudian meliat lagi di YouTube dan berikut penjelasannya dan arti kata endorse.

Pengertian Endorse

Kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia arti dari kata Endorse sebetulnya berasal dari kata Endorsement merupakan suatu dukungan atau saran, akan tapi makna Endorse sendiri sesungguhnya yang dimaksud atau yang sering dipakai artis itu sedikit berbeda dengan makna sebenarnya dari endorse. Itu hanya pengertian secara umum berdasarkan KBBI.

Dengan demikian makna endorse di dalam bisnis atau usaha toko online maksud dari Endorse adalah meminta dukungan dari para artis ternama dengan cara para pemilik usaha online shop tersebut memberikan barang dagangan atau produk yang mereka jual kepada artis yang mau mereka “endorse” secara gratis dengan imbal balik sang artis nantinya meng-unggah photo pribadi mereka dengan memakai barang / produk pemberian dari online shop tersebut (biasanya berupa pakaian). Enak juga bukan jadi artis pakaiannya saja gratis, dan tidak sampai disitu saja karena biasanya mereka (artis) juga dikasih bayaran.

Terus apa keuntungan dari Pemilik Online Shop?
Untuk keuntungan dari endorse untuk pemilik online shop pastinya sudah jelas, karena dengan artis mengenakan produk mereka apalagi artis ternama maka akan meninggatkan pembelian barang yang di endorse tadi. Bahkan kadang dengan cara beriklan seperti ini, keuntungan bisa berlipat ganda untuk pemilik online shop dari barang yang telah di endorse.

Untuk hubungan kesepakatan kerjasama endorsement  biasanya semua persyaratan dan persetujuan endorsement tersebut dibicarakan secara langsung antara pemilik online shop dengan seorang artis atau pihak yang akan di endorse, ini tanpa melalui pihak ketiga. Selanjutnya apabila sudah terbentuk kesepakatan antara pihak online shop dengan mereka (endorse), pihak online shop berkewajiban memberikan kompensasi dari isi kesepakatan dengan pihak ter-endorse. Kemudian pihak ter-endorse berkewajiban menggunakan produk dari online shop tersebut disertai dengan statement bahwa produk online shop tersebut mereka pakai sehingga orang lain akan melihat kalau artis ini memakai produk ini.

➧Baca juga : Apa Arti Kata KZL, FIX dan DODOL
Nah, sekarang kalian sudah paham bukan? dari penjelasan di atas. Jadi intinya endorse itu beriklan sebuah barang melalui seorang terkenal artinya tidak harus artis karena tujuannya untuk mendapat nama dan mencari keuntungan untuk pihak yang meng-endorse dari suatu barang dagang yang telah di endorse.