13 Nov 2018

Aplikasi Payroll Berbasis Web untuk Perusahaan, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan


manfaat aplikasi payroll
Memilih aplikasi payroll berbasis web untuk perusahaan merupakan sebuah tantangan. Semakin bisnis Anda berkembang, semakin banyak data payroll yang harus dikelola. Hal inilah yang kerap memicu kesalahan - kesalahan yang sudah seharusnya dihindari.

Terutama saat mengelola payroll atau sistem penggajian karyawan. Masalah gaji adalah isu sensitif yang tidak boleh terjadi kesalahan. Konsekuensi kesalahan dalam aplikasi payroll sangat berdampak besar dan mahal. Berikut adalah 5 hal tentang  penggajian atau payroll yang umum terjadi dan sebaiknya perusahaan Anda perlu memperhatikannya:

1. Jenis status karyawan
Karyawan kontrak atau karyawan lepas? Status karyawan tidak boleh dianggap remeh. Karena berhubungan dengan pajak penghasilan untuk karyawan berstatus tidak tetap. Hindari kesalahan umum yang sering dilakukan HR ini dengan memahami status karyawan Anda. Dalam ekonomi di masa kini, teruslah belajar untuk memahami peraturan pajak PPH 21 atau berkonsultasi dengan pakar HR dalam hal payroll.

2. Aplikasi payroll berbasis web
Payroll atau penggajian karyawan akan terasa lebih praktis dan nyaman bila menggunakan aplikasi payroll berbasis web. Berbeda dengan payroll yang berbasis kertas atau excel, aplikasi payroll berbasis web sangat efektif dan efisien. Payroll yang berbasis kertas umumnya berantakan, mudah kehilangan data dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencari data. Selain itu, bila pegawai di bagian payroll tidak masuk kerja, data payroll yang ada di dalam komputernya tidak dapat diakses oleh pegawai lain yang menggantikan.

Dengan beralih ke aplikasi payroll berbasis web, Anda bisa mencegah kesalahan umum yang sering terjadi dan menghemat waktu untuk proses pajak atau data gaji.

3. Pajak PPH21
Peraturan pajak PPH21 mengharuskan potongan gaji bagi karyawan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Tidak perlu repot menghitung secara manual, karena dengan memanfaatkan aplikasi payroll berbasis web semua perhitungan pajak PPH21 dapat dilakukan secara otomatis dan cepat.

➧ Baca Juga : Fitur Wajib Yang Harus Ada Di Aplikasi Payroll

4. Over Scheduling atau Under Scheduling
Penjadwalan kerja secara manual berbasis kertas mudah tercecer dan kadang hanya berakhir di tong sampah. Untuk meningkatkan produktivitas, mengapa tidak menggunakan aplikasi payroll berbasis web yang menyediakan sarana perpesanan dari ponsel atau smart phone Anda?. Aktivitas harian, jadwal kerja karyawan hingga berbagai informasi tentang pekerjaan sudah seharusnya langsung dikirimkan ke ponsel ketimbang surat atau berbasis kertas untuk menghindari over scheduling atau under scheduling.

Dengan aplikasi payroll berbasis web, LinovHR, bisnis Anda akan mendapat keuntungan operasional yang lebih produktif, peningkatan kepuasaan karyawan  dan menghindari kesalahan - kesalahan tersebut di atas. Bila Anda masih belum yakin memilih aplikasi payroll berbasis web, hubungi tim LinovHR untuk uji coba gratis ke perusahaan Anda.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post
Load comments