Pantai Watu Kodok, Destinasi Wisata Asik di Gunung Kidul yang Patut untuk Kamu Coba

pantai kodok gunungkidul
Wisata di Gunung Kidul ini nggak terlalu susah untuk dijangkau dan cocok untuk liburan keluarga. Gunung Kidul bisa dibilang punya daya tarik tersendiri, terutama pariwisatanya. Seperti deretan pantai di Gunungkidul yang banyak memikat hati para turis. Salah satunya adalah Pantai Watu Kodok.

Bukan cuma bisa menikmati angin sepoi-sepoi, pemandangan samudera, atau kuliner khas pesisir, di pantai indah ini kamu juga bisa menemukan hal-hal seru. Dan pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Pantai Watu Kodok, Destinasi Wisata Asik di Gunung Kidul yang Patut untuk Kamu Coba. Berikut ulasan selengkapnya!

Pantai Landai dengan Pasir Putih


Salah satu daya tarik dari pantai indah di Jogja ini adalah pasirnya yang putih dan konturnya yang landai. Dipadukan dengan air laut berwarna biru, membuat destinasi ini kian menarik. Ada pula dua batu karang yang bentuknya menyerupai kodok atau katak. Letaknya di sisi barat dan timur pantai ini.

Karena keberadaan batu karang tersebut itulah membuat wisata di Gunungkidul ini disebut Pantai Watu Kodok. Bahkan juga menjadi ikon dari pariwisata ini. Suasana pantai makin nyaman untuk dikunjungi dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar. Jadi ada tempat untuk berteduh deh sambil menikmati suasana pesisir.

Pantai Watu Kodok  Merupakan Tempat yang Asyik untuk Camping


Kondisi Pantai Watu Kodok yang landai juga membuat tempat ini cocok untuk dijadikan area camping. Suasana yang masih asri pun pas dengan selera para petualang. Asyiknya lagi, di area pantai ini sudah dilengkapi fasilitas kamar mandi dan parkir yang luas.

So, untuk kamu yang niat camping di sini nggak perlu khawatir lagi. Soal keamanan pun demikian. Nantinya ada warga sekitar yang selalu melakukan aksi ronda keliling. Cukup membantu banget nih untuk para pengunjung yang sedang melakukan kegiatan api unggun atau istirahat di malam hari.

Bukan cuma cocok untuk area camping saja. Pada hari kerja, wisata pantai Gunungkidul ini cocok bagi para penyendiri. Selagi banyak orang bekerja atau anak-anak sekolah, kamu bisa menenangkan di sini. Kamu bisa memanfaatkan gazebo, atau warung makan untuk menikmati sajian hasil laut.

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Watu Kodok


Secara administratif, lokasi Pantai Watu Kodok ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, butuh waktu sekira 1,5 jam berkendara supaya bisa sampai ke wisata ini.

Kamu bisa lewat Jalan Wonosari ke arah Piyungan. Selanjutnya tujulah Jalan Baron lewat Patuk dan Wonosari. Dari Jalan Baron, arahkan kendaraan ke Tepus. Dari sini, kamu akan melalui pintu masuk timur kawasan pantai. Sepanjang perjalanan, kamu akan melalui Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, dan Pantai Drini. Seru, kan?

Apalagi tiket masuk wisata pantai ini cuma sekitar Rp3.000,00. Kalau ingin camping, ada biaya tambahan mulai dari Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00 per orangnya. Gimana, tertarik untuk mampir ke Pantai Watu Kodok? Mumpung harga tiket di wisata Gunungkidul ini murah meriah, lho. Apalagi kamu bisa camping. Tapi harus tetap jaga lingkungan, ya!

➧Baca juga : 6 Destinasi Wisata Hits di Madiun yang Harus Kamu Coba

Itulah ulasan tentang Pantai Watu Kodok, destinasi wisata asik di Gunungkidul yang patut untuk kamu coba. Jadi, bagi kamu yang ingin berwisata ke wisata perairan, mengunjungi Pantai Watu Kodok mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Semoga Bermafaat!