7 Alasan Kenapa Harus Memasang Google Analytics di Website


google analytics
Salah satu aspek penting dalam dunia digital adalah kemampuan analisa. Entah itu di digital marketplace, sosial media, maupun di platform website. Khususnya website, analisa sangat berguna untuk mengetahui kompetitor, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan website sendiri, hingga mengetahui tren terkini.

Untuk memudahkan analisa, terdapat banyak tool yang yang bisa membantu melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu yang paling populer adalah Google Analytics. Tool besutan Google ini menjadi tool dengan pengguna terbanyak di dunia. Hampir semua website selalu memasangnya. Bisa dibilang Google Analytic adalah tool yang sangat powerful. Lalu, apa alasan harus memasang Google Analytic. Simak ulasannya berikut ini:

Alasan Harus Memasang Google Analytics


1. Mengetahui Bagaimana Pengunjung Menemukan Website Anda

Tahukah Anda, bahwa saat ini terdapat lebih dari satu miliar situs online saat ini. Mereka semua berlomba-lomba untuk bisa menjadi yang teratas di halaman pencarian di internet yang pastinya sangat penuh sesak. Untuk itu Anda harus melakukan usaha agar orang-orang dapat menemukan website Anda.

kenapa harus memasang google analytics

Di bagian inilah Google Analytics sangat berguna untuk Anda. Dengan Analytics, Anda dapat mengetahui dari mana saja pengunjung menemukan website Anda. Google akan melacak berapa orang yang memasuki website Anda melalui klik tautan dalam pencarian (Organik), berapa banyak dari klik tautan yang dibagikan di media sosial, juga berapa banyak yang dari iklan berbayar, bila memang Anda melakukannya. Anda juga bisa tahu berapa banyak pengunjung yang langsung mengetikkan nama website Anda di mesin pencari. Yang jelas, dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan website Anda sangat berguna dalam menentukan strategi digital marketing.

2. Anda Bisa melacak Apa yang dilakukan pengunjung di website Anda

Membawa orang untuk mengunjungi website Anda adalah sebuah tantangan pertama yang harus Anda taklukkan. Namun membuat pengunjung bertahan dan suatu saat kembali lagi adalah masalah yang sama. Dan Google Analytics bisa membantu Anda mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan pengunjung website mu. Untuk mengetahui informasi halaman yang pertama kali dikunjungi, juga berapa lama mereka menghabiskan waktu di website, Anda bisa melihatnya di bagian perilaku atau behavior sections di Analytics Anda. Informasi ini akan membantu Anda memahami bagian website manakan yang paling banyak menarik minat. Juga Anda bisa memutuskan apakah ingin melakukan peningkatan berdasarkan analisa tadi.

3. Mengetahui Data Pengunjung Website Anda

Tak semua pengunjung bisa dijangkau sebuah website. Mungkin ada jenis pengunjung tertentu yang akan sangat berharga bagi Anda. Google Analytics akan memberikan informasi pada Anda siapa saja pengunjung website, baik dari aspek demografi, dan apa yang mereka minati secara umum. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui browser apa yang digunakan oleh pengunjung. Dengan mengetahui data ini, Anda bisa membuat analisa di browser manakah situs website Anda paling nyaman dikunjungi. Dari analisa tadi Anda bisa membuat keputusan langkah apa selanjutnya yang bisa dilakukan.

4. Menemukan Halaman Paling Populer di Website

Setiap halaman website pasti memiliki halaman atau postingan terpopuler. Begitupun website Anda. Anda akan mendapati ada halaman website dengan lalu lintas lebih tinggi daripada halaman lainnya. Anda juga akan memiliki halaman dimana pengunjung betah berada disana dan bahkan bisa menghasilkan konversi. 
Selain itu, dimungkinkan salah satu halaman atau postingan di website Anda mendapatkan jumlah klik yang diluar kewajaran, Google analytic akan membantu Anda melakukan identifikasi. Alih-alih berdampak positif, jumlah klik berlebihan justru akan membuat website Anda dicurigai oleh Google. Dengan mengetahui halaman terpopuler di website Anda, Anda bisa menentukan strategi berdasarkan insight atau wawasan yang diberikan oleh Analytics.

5. Melacak Konversi

Sebelum membahas bagaimana Google Analytics membantu Anda melacak konversi, mari kita cari tahu dulu apa makna dari konversi, terutama di dalam konteks digital marketing. Konversi dalam digital marketing bisa diartikan sebagai daftar tindakan yang diinginkan atau ditargetkan. Tindakan ini mencakup mulai dari mengklik tautan tertentu, melakukan pendaftaran email berlangganan, memberi informasi pribadi, hingga pembelian suatu produk atau layanan.

Dengan Google Analytics, Anda bisa melacak konversi dari yang ditargetkan. Sekaligus juga melakukan analisa konversi apa yang paling sering dipilih oleh pengunjung website Anda. Masing-masing website tentu memiliki tingkat konversi yang berbeda-beda. Dari data yang dihimpun oleh Analytics, Anda bisa menentukan strategi apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan conversion rate dari website Anda. 

6. Alasan Harus Memasang Google Analytics: Gratis

Gratis. Ya, satu kata ini sudah cukup mewakili mengapa Google Analytics digunakan banyak orang, bahkan bisa dibilang menjadi sesuatu yang wajib ada di sebuah website. Mengapa demikian? Karena menggunakan Google Analytics itu gratis, tidak dipungut biaya sama sekali.

7. Mudah Digunakan

Sebagai sebuah tool yang digunakan untuk menjawab kebutuhan pasar akan analitik, Google Analytics adalah tool dengan cara penggunaan yang mudah. Jika Anda bukan seorang tech geek, tak perlu khawatir, Google Analytics bisa dipelajari dengan mudah, terutama dalam hal pemasangan. Anda tak perlu memiliki kemampuan coding tingkat lanjut untuk bisa memasang tracking code Google Analytics.

Di internet banyak sekali tutorial tentang bagaimana cara memasang tracking code. Namun apabila Anda masih merasa kesulitan memasangnya sendiri, anda bisa minta bantuan pada penyedia hosting dimana anda berlangganan. Jasa pembuatan website ataupun penyedia hosting memiliki tim yang akan membantu mengatasi permasalahan yang Anda dapatkan.

Memulai Google Analytics

Untuk memulai Google Analytics, Anda harus mendaftarkan diri menggunakan akun Google Anda, lalu menambahkan website Anda sebagai properti, dan menambahkan kode pelacakan di halaman website Anda. Anda tinggal copy dan paste saja. Cukup mudah. Website berbasis WordPress biasanya menyediakan beberapa opsi pemasangan yang berpotensi memudahkan Anda dalam memasangnya dari pada harus melakukan copy paste sebagaimana cara biasa. Setelah melakukan setup, langkah selanjutnya sendiri cukup muda. Anda bisa belajar dengan melihat tutorial yang ada di internet.

Kesimpulan

Ada banyak alasan bagus kenapa harus memasang Google Analytics. Dan tidak ada alasan yang tidak bagus untuk tidak memasangnya. Dengan memasang Google Analytics, anda akan tahu sejauh mana perkembangan website Anda. Untuk bisa menggunakan Google Analytics tentunya anda harus memiliki website terlebih dahulu. Pastikan Anda membuat website dan mendaftarkan domain hanya di IDwebhost.

Load comments