6 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HP dengan Baterai Tanam


kelebihan kekurangan hp baterai tanam
Menurut informasi yang kami peroleh bahwa mulai trend baterai tanam atau yang sering disebut sebagi non-removable battery kemungkinan dimulai oleh Apple. Sekitar tahun 2007 bahwa mereka mengklaim tidak akan lagi menggunakan baterai lepas untuk ponsel terbarunya.

Pada saat itu memang menjadi salah satu pembeda antara OS iOS (iPhone) dan Android. Kemudian bertambah tahun, akhirnya Android mengikuti juga jejak perusahaan Steve Jobs tersebut. Dan kita bisa rasakan baterai tanam trend hingga saat ini.

Ada sebagian orang mengatakan kalau baterai tanam itu lebih bagus tapi di sisi lain ada yang mengatakan sebaliknya. Kita tidak menyalahkan keduanya, karena memang pada dasarnya ada sejumlah kelebihan dan juga kekurangan dari pada menggunakan HP dengan baterai tanam.

6 Kelebihan Menggunakan HP dg Baterai Tanam


Pertama mari kita ulas kelebihannya terlebih dahulu, karena ada sejumlah nilai plus yang ingin ditunjukkan perusahaan dengan menggunakan jenis baterai tersebut. Simak saja berikut ini!

1. Pada umumnya, baterai tanam memiliki daya tahan yang lebih lama daripada removable battery atau baterai lepas

2. Kamu tidak perlu khawatir debu memasuki bagian dalam HP karena sebagian besar bagian tertutup rapat, ini juga membuatnya lebih tahan air

3. Kelebihan ketiga, desain smartphone dengan non-removable battery lebih ringan dan tipis serta terlihat lebih premium, ini tak akan kita dapatkan pada HP dengan baterai lepas.

4. Lebih aman ketika hilang karena orang yang mengambilnya tidak akan bisa melepas baterai untuk membuat handphone tak terlacak

5. Tidak perlu menonaktifkan handphone untuk melepas SIM card dan SD card, ini akan menghemat waktu serta jauh lebih praktis

6. Cover belakang lebih awat, karena kita tidak sering membuka tutup cover belakang ketika mengganti sim card atau sering mencopot baterai  ketika hp hang.

Kekurangan Menggunakan HP dg Baterai Tanam


Setelah kita ulas kelebihan kemudian tinggal kekurangan apa saja. Oh iya awal saya menggunakan ponsel baterai tanam adalah pake smartphone android Sony Xperia Z1. Bagaimana dengan pengalaman kalian?

1. Pertama, ketika handphone nge-hang kita tak bisa me-reset (hard restart) dengan melepas baterai, kita harus menunggu atau membawanya ke service center

2. Sulit untuk mengganti baterai tanam dengan yang baru ketika ia bermasalah atau kapasitasnya sudah mulai melemah

3. Tidak bisa menggunakan baterai cadangan ketika daya semakin menipis, jadinya kita harus membawa power bank atau charger ke mana-mana

4. Lebih rentan panas atau overheating karena kita tidak bisa melepasnya ketika masalah tersebut terjadi

5. Pengguna terpaksa membeli handphone baru ketika baterai tanam tidak bisa diperbaiki lagi

Sekarang ini konsumen kebanyakan lebih menyukai handphone dengan baterai tanam. Sehingga diprediksikan bahwa handphone dengan removable battery akan semakin jarang dan bahkan punah beberapa tahun mendatang.

So, kamu termasuk orang yang suka dengan baterai tanam atau tidak..?

Baca juga : 7 Tips Sebelum Menjual Hp Android

Sumber :
idntimes.com
droidtekno.com

Load comments