7 Helm dengan Aksesoris Berteknologi Canggih dan Keren

Halo semuanya, sebagai pengendara motor helm merupakan kelengkapan wajib untuk keselamatan berkendara kan. Dimana seiring perkembangan teknologi pada motor maka perkembangan teknologi pada helm juga semakin meningkat dengan beragam gaya yang dijual di pasaran.

Karena semakin canggihnya fitur suatu helm, maka semakin mahal pula harga helm tersebut dan juga semakin terjaminnya tingkat keselamatan seseorang. Berikut ini adalah helm motor paling canggih dan keren di dunia

Head-Up Display


helm berteknologi canggih
 
Pada ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas tahun 2016 silam, produsen asal Jerman BMW menawarkan helm dengan teknologi Head Up Display atau HUD. HUD dalam helm ini menayangkan berbagai informasi yang diinginkan seperti kecepatan, RPM, bahkan info lalu lintas sampai GPS.

Menurut BMW, HUD untuk helm tidak boleh mengganggu pandangan Raider juga harus menggantikan apa yang ditunjukkan panel instrumen ke dalam helm yakni dengan menempatkan kata kecil tembus pandang di depan mata kanan.

Nah kaca kecil inilah yang nantinya akan menyajikan berbagai informasi yang bisa diprogram hal-hal ditelepon bisa ditayangkan termasuk tekanan ban, oli, bahkan sampai bahan bakar yang tersisa. Helm BMW ini juga dilengkapi dengan kamera depan dan belakang helm yang bisa merekam atau sebagai kaca spion tambahan seperti helm pintar lainnya. Selain itu hal ini juga terintegrasi dengan smartphone yang bisa melakukan panggilan dan menerima telepon masuk di mana pengontrol keseluruhan ini ditempatkan pada sisi kiri stang motor.
 

Cross Helmet


Helm yang bernama Cross helmet X1 Ini adalah sebuah Smart helmet atau helm pintar. Helm ini memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya. Beberapa fitur menarik yang disematkan adalah penggunaan kamera pada helm ini yang terintegrasi dengan Head Up Display (HUD) di bagian depan helm dengan bentuk tampilan layar agak kecil.

Penggunaan kamera ini memungkinkan sang Raider tidak perlu menoleh ke kanan maupun ke kiri saat berkendara. Selain dapat melihat kondisi dan situasi di sekitar fungsi HUD ini dapat menampilkan peta layaknya GPS status perjalanan dan sejumlah informasi lainnya.

Helm ini juga bisa diatur dengan fitur touchless control yang fungsinya adalah dapat mengurangi suara suara bising dari luar dengan menggunakan teknologi croson. Soal harga helm canggih ini digambarkan dibanderol dengan harga 1799 USD atau sekitar hampir 24 juta rupiah.
 

Brake Free



Aksesoris yang dinamakan Brake Free ini merupakan aksesoris helm yang dilengkapi dengan lampu LED berkualitas tinggi. Secara fungsi aksesoris ini sama seperti halnya lampu rem motor namun aksesoris ini memiliki fungsi lebih karena letaknya lebih tinggi sehingga dapat terlihat dari kejauhan.

Uniknya secara otomatis lampu LED pada helm ini akan menyala ketika motor melambat untuk memberikan penanda pada pengendara di sekitarnya. Mengenai harganya Brake Free ini ditawarkan dengan harga promo 50 dolar atau sekitar Rp 664.000 Kemudian untuk selanjutnya akan dijual dengan harga 100 sampai 150 dolar atau sekitar 1,4 sampai 2,1 juta rupiah.

Helm Jarvish


Seperti nama asisten buatan Tony Stark, Jarvis ini merupakan jenis Mad helm atau orang pintar yang dirilis belum lama ini di tahun 2019. inovasi dari helm Jarvis ini juga sedikit terinspirasi dari film Iron Man tersebut.

Nah jika Mr Stark mengaktifkan helm Iron Man dengan berbicara turn in on maka helm ini pun hampir sama. Dengan fitur aktivasi suara pemilik yang telah diatur sebelumnya helm ini memiliki fitur futuristik seperti helm Iron Man. Dengan bantuan display kecil yang bisa diaktifkan melalui suara, helm ini Mampu menampilkan bagian belakang kendaraan tanpa harus melihat ke belakang.

Selain mampu memberikan pandangan ke belakang display kecil ini juga memberikan navigasi GPS di mana helm ini menyediakan speaker kecil di dalamnya untuk memberitahu ke mana kita berbelok saat ada tikungan. Helm ini bekerja sama dengan Alexa buatan Amazon, fitur-fitur yang disediakan dapat diaktivasi melalui perintah layaknya penggunaan Alexa seperti untuk menghidupkan musik atau memutar musik tanpa perlu menekan smartphone

Kemudian helm ini juga mampu meniupkan angin kecil sehingga embun yang berada di kaca helm ini bisa hilang dengan mudah. Untuk harganya helm ini dijual dengan harga 999 USD atau sekitar 14 juta rupiah.

Baca juga : 4 Tips Hemat yang Bisa Anda Lakukan Saat Traveling

Argon Transform



Argon Transform helmet ini dilengkapi dengan sistem dual kamera yang ditempelkan pada bagian depan dan belakang helm dengan lensa sudut lebar 180 derajat. Untuk visual argon transform ini menampilkan informasi lewat gambar overlay di bagian pusar pengendara. Gambar yang disajikan semi transparan sehingga tidak menghalangi pandangan objek waktu berkendara. Layar informasi ini bisa menampilkan keadaan kamera belakang sistem navigasi audio menelpon waktu peta visual speedometer visual sehingga dengan begitu pengendara dibikin malas menengok ke belakang.

Kecanggihan lainnya yaitu kamera depan dapat merekam kejadian saat berkendara, rekaman ini nantinya akan disimpan ke memori yang terisolasi menggunakan fitur blackbox. Sebagai helm pintar Argon Transform ini juga dapat dipasangkan dengan smartphone melalui aplikasi khusus dan helm ini diperkirakan dijual dengan harga 600 USD atau sekitar Rp 9.000.000.

Wipey


Adalah produk wiportable yang mirip seperti wiper pada kaca mobil, namun bentuknya lebih kecil seukuran jari telunjuk orang dewasa yang dipasang di kata depan helm. Untuk pengoperasian Wipey ini bisa dilakukan dengan menggunakan tombol yang berada di atas bagian wiper atau lewat tombol remote control dengan koneksi Bluetooth yang bisa diletakkan di handle grip motor.

Keunggulan lainnya adalah bobot yang ringan mencapai 55 gram, anti air, dan mempunyai dua labilitas yang tinggi serta bisa beroperasi saat ketika motor melaju pada kecepatan 130 km per jam. Selain itu karena wipernya juga bekerja dengan baik pada lapisan anti fog pada visor. Kemudian bisa diatur interval ayunannya sesuai dengan keinginan dan yang paling penting wipey ini suport pada berbagai macam helm seperti Open face, full face, modular sampai super motor atau dual sport.

IC-R Helmet



Helm ini dilengkapi dengan dua layar HUD atau Head Up Display, 2 kamera spion serta audio visual storyteller. Layar transparan HUD ini memberikan pengendara pandangan lebih lebar yaitu sekitar 210 derajat. Nah tidak hanya itu dual kamera reviewnya juga mampu membuat pengendara melihat apa yang terjadi di belakangnya.

Kemudian sensor pada helm ini juga mampu mendeteksi mobil yang berada di belakang motor sejauh 130 m, di jarak ini lampu LED kuning kecil akan menyala di dalam helm serta sinyal audio akan memperingatkan pengendara, jika ada kendaraan yang dekat lampu di ini akan berubah menjadi merah ketika kendaraan lain berada dalam jarak 63 meter.

Untuk menjalankan seluruh fungsi ini helm ICC-R ini membutuhkan energi yang diperoleh dari panel surya yang dipasang di atas helm. Sedangkan tombol besar ini akan membuat kaca lebih redup saat matahari bersinar terlalu terang. Fitur lain dari helm ini yaitu seperti music, panggilan telepon, aplikasi, cuaca, serta integrasi dengan smartphone. Rencananya helm ini akan dijual dengan harga sekitar 1400 dolar atau sekitar 18,7 juta.

Itu dia 7 Helm dengan Aksesoris  Berteknologi Canggih dan Keren, semoga bermanfaat ya.

Add Comments


EmoticonEmoticon