Cara Cek IMEI HP dengan Kode Dial Mudah Sekali

cara cek imei hp

Cara cek IMEI HP - Setiap ponsel memiliki nomer IMEI masing masing berbeda. Ini sebagai identitas internasional yang dikeluarkan Global System for Mobile Association (GSMA) berupa 15 digit angka. Nomor seri ini diperlukan untuk mengidentifikasi alat atau perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Nah yang lagi hangat diperbicangkan kali ini bahwa Nomor IMEI wajib didaftarkan ke Kemenperin ketika ponsel hendak dijual di pasaran Indonesia. Maka apabila IMEI ponsel kita belum terdaftar secara otomatis tidak akan menerima layanan jaringan seluler, sesuai kaber yang beredar.

Makanya saat ini kita perlu Cek IMEI Hp sudah terdaftar di database Kemenperin atau Belum, kalau HP kita ternyata masuk dalah barang BM (black market) kemungkinan tidak akan bisa menikmati layanan lagi.

Beberapa Cara Cek IMEI Resmi


1. Cara pertama - Untuk mengetahui nomor IMEI, lihat bagian punggung ponsel atau dekat baterai HP

2. Cara kedua - adalah kode dial ketik angka *#06# pad panggilan dan seri nomor IMEI akan keluar sesuai jumlah slot kartu yang tersedia

3. Cara ketiga - Alternatif lain untuk mengetahui nomor IMEI secara manual adalah dengan klik Settings -> About Phone -> Status -> IMEI Information

Jika tersedia dua slot SIM card pada satu HP, maka ada dua seri nomor IMEI yang tersedia. Kita bisa gunakan salah satu untuk meriksa legal tidaknya ponsel.

Selanjutnya 15 digit nomor IMEI bisa diperiksa melalui situs https://imei.kemenperin.go.id/, apakah sudah terdaftar atau belum bakalan muncul informasi singkatnya.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi MIUI 11

Pengecekan IMEI dengan cara kode dial seperti yang sudah kami sampaikan hampir semua ponsel sama. Akan tetapi kalau kita ingin mengetahui cara lain misalnya di hp Xiaomi lebih detail lagi, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

1. Buka menu Pengaturan > lalu tab Tentang telepon > Keseluruhan spesifikasi > geser layar klik Status.


Setelah masuk menu status di situ bakan ada informasi IMEI Android HP Xiaomi kamu.

Penting - Satu hal yang perlu kita ketahui bersama bahwa pemerintah bersama kominfo bakalan blokir ponsel mulai 18 April 2020. Ini bakal berlaku untuk ponsel baru yang dibeli dan diaktifkan per tanggal tersebut.

Sementara ponsel Black Market yang telah digunakan sekarang atau aktif (terkoneksi jaringan seluler) hingga 17 April tidak akan berpengaruh. Artinya, masih akan tetap bisa digunakan seperti biasanya. Anda yang telah memakai HP sebelum peraturan ini berlaku tidak perlu khawatir meski ketika IMEI cek belum terdaftar.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HP dengan Baterai Tanam 

Add Comments


EmoticonEmoticon