Tampilkan postingan dengan label Lifestyle. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Lifestyle. Tampilkan semua postingan
6 Zodiak ini Suka Sekali Dipuji dan Selalu Cari Perhatian

6 Zodiak ini Suka Sekali Dipuji dan Selalu Cari Perhatian

zodiak yang suka dipuji
 

Bagaimana perasaan kalian ketika mendapatkan pujian dari orang tua atau sahabat, pasti senang sekali bukan? Akan tetapi ada orang yang selalu menginginkan sebuah pujian dan ia selalu saja mencari perhatian orang lain. Dari sifatnya dengan ciri tersebut bisa kita lihat dari zodiak nya.

Memang tak ada salahnya ketika seseorang melakukan hal positif lalu seketika mengharap pujian dari orang lain. Karena hal demikian bisa jadi penyemangat buat kita sendiri supaya bisa terus meraih keberhasilan seterusnya.

Jika kamu menemui sosok teman yang selalu menginginkan pengakuan, mungkin itu sebagai tanda kalau temanmu masuk dalam 6 Zodiak berikut ini.

 

Baca juga : 5 Zodiak Pekerja Keras

1. Aries


Zodiak ini selalu menginginkan yang pertama sehingga ingin menunjukkan bahwa dia lah yang terbaik. Ia juga menjadikan segala hal dalam hidupnya untuk dimenangkan. Dan nyatanya memang zodiak Aries ini secara diam-diam mengharapkan pujian dari orang lain. Jadi jangan heran ketika mereka kadang menggunakan sosial media untuk memperlihatkan hal terbaiknya.

2. Gemini


Ternyata Gemini itu memiliki tiga sifat dasar yang unik yakni, impulsif, spontan, dan jiwa petualang. Makanya zodiak ini jago beradaptasi juga cerdas, jago segala hal dan banyak kemampuannya yang tak dimiliki orang lain. Tidak heran deh, kalau mereka selalu mengharapkan pujian dari orang lain dan akan senang ketika mendapatkannya.

3. Taurus


Dikenal sebagai sosok yang keras kepala dibandingkan dengan zodiak lainnya. Walah begitu, sikapnya yang pantang menyerah ketika dihadapkan dengan cobaan. Selalu berusaha dengan berbagai cara untuk mencapai suatu keadaan yang diinginkan. Makanya kamu perlu memujinya, misal beri pujian dengan kata “Hebat sakali kamu bisa memenangkan lomba dengan poin sempurna!!!

4. Cancer


Zodiak ini dikenal sangat peduli terhadap orang lain dan selalu bersedia membantu seseorang dalam kesulitan. Sifatnya yang baik hati ini sudah pasti bakal menerima ucapan terima kasih dari orang lain. Meski begitu, akan lebih baik lagi kalau kamu juga memberikan pujian pada seseorang yang ber-zodiak Cancer.

5. Leo


Selalu menginginkan pujian, karena baginya dengan pujian bisa mendatangkan semangat dan kepercayaan diri. Untuk segalanya yang ia lakukan sebagian besar supaya orang lain yang mengetahuinya terkesan. Ia bisa menjadi orang yang keras kepala, jadi sebisa mungkin berikanlah pujian padanya.

6. Capicorn


Zodiak yang satu ini termasuk orangnya loyal serta passionate terhadap pasangannya. Kamu tidak perlu memuji berlebihan terhadapnya, cukup berikan kepercayaan tanpa ada rasa ragu dan kecuriggan sudah membuatnya senang. Misal bentuk pujiannya seperti ini “aku percaya kalau kamu bisa menyelesaikan tugas itu dengan baik, karena kamu adalah orang yang bertanggung jawab

Itu dia beberapa Zodiak yang dikenal suka akan pujian, bagaimana dengan mu apakah masuk dalam daftar zodiak di atas atau kamu malah masuk pada 5 Zodiak yang Dikenal Paling Malas.

5 Zodiak yang Dikenal Paling Malas dan Suka Menunda

5 Zodiak yang Dikenal Paling Malas dan Suka Menunda

 

zodial terkenal paling males
 

Manusia mana yang mau dijuluki sebagai orang yang malas? Kebanyakan orang menginginkan menjadi sosok yang rajin serta pekerja keras, akan tetapi sifat malas ada pada setiap orang namun porsinya beda-beda. Meski begitu, jika kamu merasa lebih banyak menyia-nyiakan waktu dan selalu menunda jadi pertanda kamu termasuk orang malas.

Tahu kah kalian kalau ternyata ada beberapa Zodiak yang dikenal paling malas dari semua zodiak lainnya, jangan-jangan kamu masuk dalam zodiak berikut ini.

Dan fakta menarik hadir dari astrologi yang telah mengelompokkan sifat serta kepribadian seseorang yang malas berdasarkan zodiak. Supaya kamu tidak penasaran, mari simak beberapa zodiak berikut.


Baca juga :
- 5 Zodiak Pekerja Keras
- Ramalan Bintang Zodiak Terbaru

1. Pisces


Yang pertama jatuh pada zodiak Pisces, ternyata dia cukup pemalas. Biasanya zodiak ini merupakan orang-orang yang sering bangun telat dan menunda pekerjaannya. Dia akan muncul sebagai orang yang rajin ketika sudah kepepet dan tertekan.

2. Taurus


Zodiak yang satu ini juga sosok orang yang cenderung suda menunda-nunda pekerjaannya. Lebih parahnya lagi, ia suka memanfaatkan kebaikan orang lain dalam mengerjakan tugasnya. Nah kalau kamu sering diminta tolong sama seseorang bisa jadi dia ber-Zodiak Taurus. Pernah menjumpai orang seperti itu?

3. Aguarius


Yang selalu menunda segala hal adalah Aquarius. Ketika diberi pekerjaan namun di tengah pekerjaannya menemukan aktivitas yang lebih menyenangkan maka orang itu lebih memilih meninggalkan pekerjaannya, wah tidak bertanggung jawab banget yah. Ya bagaimana lagi karena sifatnya pemalas, akhirnya dia harus sering lembur untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Sagitaurus


Sosok seorang yang ingin menjalani hidup dengan caranya sendiri adalah Sagitaurus. Konon katanya zodiak ini merupakan yang paling malas di antara lainnya. Mereka cenderung lebih banyak menghabiskan waktu luang dan melakukan hal-hal yang mereka sukai saja, jadi seperti tidak mau diatus sepertinya.

5. Leo


Zodiak ini adalah mereka yang lahir antara bulan Juli dan Agustus, Leo sebetulnya sosok orang yang rajin. Akan tetapi zodiak ini juga masuk orang pemalas, pasalnya seseorang dalam zodial leo tidak suka bekerja ekstra, jika dipaksakan pun hasilnya tidak akan lebih baik dibandingkan ketika mereka bekerja lebih santai.

Nah itu dia 5 zodiak yang dikenal sebagai orang malas, meski begitu bagi Anda yang ternyata zodiaknya ternyata ada di deretan tersebut tidak usah ambil pusing, yang paling penting adalah segera perbaiki hal-hal yang merugikan bagi kamu sendiri.

Ini 5 Zodiak Pekerja Keras Tahun ini Dia Selalu Sibuk

Ini 5 Zodiak Pekerja Keras Tahun ini Dia Selalu Sibuk

zodiak pekerja keras
 

Mungkin tidak sih kalau kita mau merekrut seorang karyawan yang pekerja keras perlu mempertimbangkan apa Zodiak nya dahulu? Bisa iya bisa juga tidak itu semua kembali pada keyakinan kita masing-masing. Berbicara mengenai orang yang suka sibuk dan terlepas dari segala hal, apa kamu termasuk orang yang tidak suka diam bahkan untuk beberapa menit bersantai.

Ada beberapa orang yang selalu menyibukkan diri walau sedang berlibur tetap tidak bisa diam menikmati perjalanan. Biasanya orang seperti itu akan selalu mencari apa yang ia sukai dan tidak akan berhenti hingga mendapatkan apa yang diinginkan. Itulah hal manusiawi terkait kepribadian yang dimiliki sebagian banyak orang. Nah berikut kita telah merangkum menjadi lima Zodiak pekerja keras, apa kamu termasuk dari Zodiak berikut ini.

1. Virgo


Virgo dikenal sebagai sosok yang praktis, rapi dan selalu sehat mereka akan mencari sesuatu yang lebih untuk dikerjakan. Virgo cenderung akan melakukan segalanya demi menyenangkan mereka. Tak heran zodiak tersebut tidak akan pernah cukup waktu dalam sehari demi mencapai apa yang diinginkan untuk diselesaikan.

2. Aries


Aries selalu tambah energi tinggi, mereka pemarah, stimulanif dan akan lebih bagus selalu untuk ikuti tapak jejak mereka. Seorang dalam zodiak ini suka menjaga kegiatan rutin yang sehat, mereka umumnya sukai ke gym hingga mereka bisa melepas semua energi yang mereka bawa dalam pemikiran dan badan mereka. Saat mereka tidak olahraga, mereka bisa lakukan suatu hal supaya mereka tetap terus bergerak.

3. Gemini


Gemini dikenali karena intelektualitas dan kepandaian mereka, tapi dikenal juga sebagai pemikir tiada henti. Mereka selalu ingin ketahui segalanya, dan karena itu mereka selalu melancong. Hal paling akhir yang ingin dilaksanakan Gemini ialah duduk saja. Bahkan juga saat mereka pada akhirnya stop dan istirahat, kemungkinan mereka akan menggulir lewat umpan sosial media mereka atau buka WhatsApp. Sangat mustahil untuk bisa hentikan mereka.

4. Capricorn


Seorang Capricorn sifatnya tidak pernah berhenti sampai mereka mencapainya supaya kerja keras terbayar sudah. Namun ada beberapa yang mungkin terlihat dingin, kaku, dan bahkan membosankan yang berarti ia sebenarnya sedang ada dorongan tanpa henti untuk mewujudkan keberhasilan. Bagai mereka mengatasi list kehidupan yang panjang adalah prioritas utama demi mencapai penguasaan diri.

5. Sagitarius


Sagitarius selalu resah oleh badan dan pemikiran. Mereka benar-benar yakin jika mereka cuman hidup sekali, dan ada beberapa hal yang dapat didalami dalam saat yang demikian singkat. Mereka cuman hidup di sekarang ini dan lakukan semuanya yang mereka dapat untuk memakainya sebagus mungkin. Kegundahan mereka menolong mereka dalam masalah ini, dan karena itu membuat mereka selalu diperjalanan.

Baiklah, dari beberapa zodiak di atas apa Teman dekat Anda satu diantaranya? Yuk, cari info peruntunganmu ini hari dengan lanjutkan baca: Ramalan Bintang Zodiak Terbaru.

7 Benda yang Terbuat dari Tanah Liat dalam Kehidupan Sehari Hari

7 Benda yang Terbuat dari Tanah Liat dalam Kehidupan Sehari Hari

Salah satu contoh kerajinan dari tanah liat yang dari dulu hingga sekarang menjadi pelengkap rumah dengan fungsi penting sekali, sehingga kalau tidak ada itu penghuni rumah bisa kepanasan dan kehujanan, yaitu genteng. Tahu kah kamu kenapa sih tanah liat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni?

Hal itu dikarenakan tanah liat memiliki pembeda bertekstur mudah dibentuk dan padat, maka dari itu dapat menghasilkan sebuah benda yang kuat. Pantas saja rumah beratap genteng meski terkena air, angin, serta sorotan matahari sepanjang tahun tetap kokoh.

Seorang perajin tanah liat akan membutuhkan alat khusus untuk memulai membentuk karya yang diinginkan, mereka yang sudah ahli akan menggunakan beberapa peralatan seperti; sudip, pisau pahat, tali pemotong, meja putar, kayu bulat, dan lainnya.

Nah melalui tulisan ini kami akan mencoba memberikan informasi pada teman-teman, tentang apa saja benda atau kerajinan dari tanah liat yang sering dipakai dalam keseharian. Memang dengan satu bahan yang sama bisa menjadi berbagai bentuk dari menjadi alat keperluan dapur hingga yang paling umum saat sekarang ini sebagai hiasan rumah.

1. Alat Memasak

 

benda terbuat dari tanah liat

Di era modern sekarang ini mungkin sudah jarang yang menggunakan alat masak berbahan tanah liat seperti wajan, paruk, cowet, kalau di desa masih ada yang menggunakannya. Memang alat dapur untuk masak yang terbuat dari tanah liat lebih lama panas ketimbang dengan bahan baja atau alumunium. Pastinya orang-orang perkotaan sudah meninggalkan alat masak dari tanah liat, kalaupun ada hanya sebagai koleksi dan hiasan rumah.

2. Vas Bunga


Kalau yang ini entah di desa maupun orang kota, orang miskin dan kaya kebanyakan dari mereka membeli vas bunga berbahan tanah liat, artinya di pasaran cukup laku dibandingkan dengan alat masak. Mungkin vas bunga dari tanah liat terlihat unik serta memberikan kesan yang natural, juga harga jual di pasaran relatif mudah dijangkau dari pada yang berbahan kaca.

Tak hanya masyarakat kita yang menyukai vas bunga berbahan tanah liat. Beberapa wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pun banyak yang tertarik membeli untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Asbak

 

asbak tanah liat

Kalau kita mau buang putungan rokok biasanya dimana? Ya benar sekali jawabannya Asbak. Kalau jaman dulu Asbak menjadi tugas kerajinan dari sekolah, gak tau kalau sekarang. Kami teliti disekitar, kini asbak dari tanah liat sudah jarang dipakai, kebanyakan dari mereka menggunakan bahan kayu, kaca dan alumunium.

Dengan bentuk yang sederhana, asbak dari tanah liat bias kita buat sendiri untuk menambah kreasi diwaktu luang.

4. Celengan


Meski kini sudah jarang orang menabung menggunakan celengan, tak ada salahnya untuk wadah belajar menabung buat anak-anak kita. Terlebih celengan dari tanah liat bentuknya unik dan karakter kartun akan menambah daya Tarik tersendiri pada anak.

Memang celengan kini telah ada banyak jenis mulai dari bahan plastik, kaleng, kertas, meski begitu tetap banyak kok celengan dari tanah liat yang dijual di pasaran.

5. Guci

 

guci tanah liat

Kalau yang ini mungkin sering ditemukan di pojokan ruang rumah berfungsi untuk mempercantik sebagai hiasan. Tak heran guci memiliki nilai yang tinggi soalnya peminatnya kalangan orang berduit.

6. Tungku


Tungku atau semacam kompor dengan bahan bakar kayu. Tungku ada yang berbahan tanah liat merupakan salah satu alat yang dipakai untuk memasak oleh orang zaman dulu. Kini mungkin masih ada yang menggunakan di lingkungan pedesaan, itu pun sebagian soalnya untuk memasak kebanyakan sudah pakai kompor gas.

Anak jaman sekarang mungkin akan bingung ketika melihat benda tersebut, karena memang kini sudah minim keberadaannya dan mulai ditinggalkan.

7. Patung


Sebagai hiasan, patung berbahan tanah liat masih cukup diminati oleh masyarakat dikarenakan bentuknya unik. Biasanya orang-orang tertarik dengan bentuk patung hewan dan tumbuhan untuk dijadikan hiasan rumah mereka.

 

Baca juga : Cara Mencegah Perkakas Bambu Terhindar dari Rayap

Itulah teman-teman beberapa alat dan benda yang terbuat dari tanah liat. Ada yang bias untuk keperluan rumah seperti memasak, ada juga untuk dipakai menghias taman, rumah dan sebagainya. Mungkin dari artikel ini kamu mendapat inspirasi baru dalam menghias tempat atau setelah baca tulisan dari kami dapat ide membuat kerajinan dari tanah liat.

Ramalan Bintang Zodiak Terbaru Tahun 2021

Ramalan Bintang Zodiak Terbaru Tahun 2021

ramalan zodiak terupdate

Ramalan artikel zodiak terbaru tahun 2021 adalah artikel ringan. Bukan hendak mendahului kekuasaan Allah S.W.T sebagai pencipta seluruh umat di bumi. Hendaknya dalam membaca dan menyikapinya, tidak terlalu berlebihan yang artinya tak perlu dimasukkan ke hati.

Tentang ramalan bintang zodiak terbaru tahun 2021, sebenarnya hanyalah prediksi manusia biasa yang sangat kalah jauh dari Tuhannya. Secara keseluruhan bila ada yang bertanya ‘’bintang zodiakku berkata tahun 2021 ini?’’ mungkin akan dijawab sang peramal secara berbeda-beda. Ada yang mengatakan baik dan penuh keberuntungan, lalu yang lain berkomentar menakutkan bahwa dia harus berhati-hati, jika tak ingin mengalami kejadian buruk.

Ramalan Bintang Zodiak

Dan sekali lagi ini hanya perhitungan seorang hamba yang dilihat dari lambang zodiaknya!

1. Capricornus (22 Desember-20 Januari) : Tetap stabil, kesehatan terjamin, keuangan melimpah.

2. Aquarius (21 Januari-19 Februari) : Akan segera terwujud impian besarnya, menikah dan karir bagus.

3. Pisces (20 Februari-21 Maret) : Jaga hubungan keluarga dan pasangan, manfaatkan peluang sebaik mungkin dan jangan remehkan orang yang telah berjasa dalam kehidupanmu.

4. Aries (21 Maret-19 April) : Semua mimpi berhasil dicapai, rejeki melimpah, kesempatan mendapatkan pendidikan dan karir terbuka luas di hadapan.

5. Taurus (21 April-20 Mei) : Menikah, rejeki berlimpah, keluarga harmonis, kesehatan stabil dan memuaskan, terbuka kesempatan untuk membuka bisnis baru serta pergi jalan-jalan keluar negeri.

6. Gemini (21 Mei-21 Juni) : Mendapatkan kekasih baru, rejeki berlimpah, dan karir naik pesat serta terbukanya kesempatan baru dalam bidang karir dan bisnis.

7. Cancer (22 Juni-22 Juli) : Tetap jaga kesehatan, rejeki stabil dan perbaiki hubungan dengan orang-orang terdekat.

8. Leo (23 Juli-23 Agustus) : Rejeki berlimpah, karir meningkat, pernikahan dan kesehatan membaik.

9. Virgo (24 Agustus-22 September) : Karir meningkat, mendapatkan jodoh atau anak, kesehatan bagus, membeli rumah dan mobil.

10. Libra (23 September-23 Oktober) : Kesehatan baik, jaga hubungan dengan keluarga, pernikahan atau lamaran, karir meningkat.

11. Scorpio (24 Oktober-22 November) : Rejeki melimpah, keluarga harmonis, usaha baru, kesehatan bagus.

12. Sagitarius (23 November-21 Desember) : Hati-hati kalau buka bisnis baru, ada pernikahan, kesehatan membaik, dan karir tetap stabil.


➧Baca juga : Galaksi Paling Fenomenal dan Menakjubkan di Alam Semesta

Semua zodiak memang pada dasarnya bagus semua, tidak ada yang buruk. Jikapun perkiraan ini meleset dari prediksi, ada beberapa sebab yang menjadi pemicunya. Antara lain dapat disebutkan sebagai berikut :

1. Dirimu malas berkerja dan hanya mengandalkan ramalan bagus saja. Padahal sudah dijelaskan tadi bahwa itu semua hanya perhitungan manusia. Bila ingin hidup sejahtera, seharusnya memang rajin berkerja, lalu sebagian uang yang didapat ditabung.

2. Dirimu justru sakit dan tak sesuai ungkapan ramalan, bisa jadi semua terjadi sebagai akibat kecerobohan diri sendiri yang lalai, tak mau memperhatikan kesehatan. Makan tak teratur, istirahat kurang, serta membiarkan hati plus pikiran berlama-lama dalam keadaan stres atau terganggu.

3. Dirimu banyak kehilangan cinta dan putusnya sebuah hubungan di mana semua merupakan kesalahan diri sendiri. Terlalu mengabaikan pasangan dan orang-orang tercinta. Maka tidaklah mengherankan, jika akhirnya mereka menjauh.

Jadi kesimpulannya ramalan bintang zodiak terbaru tahun 2021 ini bukan patokan yang harus kamu percayai 100%. Sebab itu hanyalah sekadar buat hiburan semata. Jika ingin sukses dalam hal apapun ya harus pandai menjaga sikap, mengabdi kepada orang tua, taat beribadah dan rajin berkerja.

Saya Mimpi Disuntik Di Lengan, Ini Artinya

Saya Mimpi Disuntik Di Lengan, Ini Artinya

arti mimpi disuntik lengan
 

Ketika tidur dimalam itu aku bermimpi kalau lengan tangan saya disuntik dengan jelas menggunakan jarum medis pada umumnya. Akan tetapi hanya suntikan yang terlihat, aku tidak mengetahui siapa yang menyuntikkan. Dalam mimpi itu terasa nyata hingga akhirnya aku bangun dari mimpi.


Aku merasakan sedikit tegang, kalau takut tidak, karena memang saya cukup berani untuk disuntik. Setelah terbangun saya langsung teringat "jangan-jangan ini pertanda mau disuntik vaksin" soalnya dengar-dengar tahap vaksin berikutnya akan segera dibuka kembali. Tanpa berfikir panjang aku langsung menelusuri arti dari mimpi disuntik di lengan.

 

Pertanda Apa Mimpi Disuntik?

Akhirnya aku pun langsung menemukan sebuah artikel yang cukup menarik mengenai hal ini. Poin pertama bahwa mimpi tentang suntikan bisa jadi itu mewakili masalah kesehatan pada diri kita atau keluarga dekat. Ini memberi sinyal kepada kita dan keluarga supaya lebih memperhatikan kesehatan, kalau sakit segera hubungi medis.

 

Memang dalam agama kita tidak boleh mempercayai begitu saja, atau menafsirkan mimpi asal-asalan. Akan tetapi sebagai manusia yang taat ibadah lebih baik kita berfikir dengan mengambil sisi positifnya yakni untuk selalu memperhatikan kesehatan di tengah pandemi.

 

Dan juga bahwa mimpi tentang injeksi menurut sumber itu memberikan peringatan kalau kamu selama ini telah mengabaikan kesehatan diri sendiri, misalnya malas olahraga, selama ini makan kurang teratur, dan lain sebagainya. Maka dari itu segera ubah kebiasaan buruk dengan aktivitas yang lebih baik supaya bisa meminimalisir penyakit yang akan datang.

 

Arti Mimpi Disuntik Di Lengan

 

Nah kita telah sampai di titik pembahasan kali ini, kira-kira apa arti dari mimpi tersebut? Ketika kita bermimpi menerima suntikan di lengan, bahwa itu menunjukkan kalau kita bakal menyelesaikan masalah. Hal tersebut juga menjadi peringatan kalau kita ini sering mengesampingkan kesehatan, ya sadar diri sendiri saja kira-kira selama ini kamu telah mengabaikan kesehatan yang bagaimana.

 

Bahwa mimpi ini menunjukkan kepada kita supaya kedepannya untuk bisa merawat kesehatan diri dengan baik. Jika sudah menjalankan rutinitas sehat pertahankanlah seperti makan makanan bergizi dengan teratur, melakukan aktivitas fisik, menjaga emosional dan menenangkan pikiranmu dari hal yang negatif.

 

Perlu kita sadari juga bahwa mimpi tentang suntikan di lengan tidak selalu sama dengan orang lain, kita perlu memahami kejadian dalam mimpi untuk kesimpulan yang tepat. Saran dari kami sebaiknya selalu ambil sisi positifnya kalaupun ada penafsiran yang negatif bisa jadi catatan untuk diri sendiri.

 

Arti Mimpi Disuntik Di Pantat

 

Pernah juga tidak kamu mengalami mimpi disuntik di bokong (pantat). Mimpi tersebut melambangkan sebuah perjalanan yang panjang. Menurut dunia mimpi bahwa kami akan memiliki jalan yang panjang tetapi itu mudah dengan semua jalan terbuka. Juga kamu akan bertemu dengan orang-orang yang menarik dan emosi positif.

 

Penutup

Nah, dari makna mimpi tersebut akhirnya kita telah mendapatkan gambaran yang positif. Sekarang kamu tidak usah kepikiran lagi soal mimpi disuntik yang sudah berlalu. Tugas kita kedepannya adalah terus melakukan rutinitas terbaik serta menjaga kesehatan kamu dan keluarga terdekat. 

 

Untuk menyambung bacaan berikutnya kami punya sebuah Tips untuk Membuat Kita Lebih Baik dalam Satu bulan, dibaca juga ya Sobat.

Apa Saja Dampak Negatif Jika Kita Tidak Menerapkan PHBS

Apa Saja Dampak Negatif Jika Kita Tidak Menerapkan PHBS

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau biasa disingkat dengan PHBS merupakan sebuah upaya hidup sehat yang dilakukan oleh kelompok masyarakat. Tujuan menerapkan PHBS adalah agar masyarakat sebagai agen perubahan meningkatkan pola hidup menjadi bersih dan sehat.

Beberapa Dampak Negatif Jika Tidak Menerapkan PHBS

PHBS tentu saja telah menjadi kewajiban bagi setiap anggota masyarakat, apalagi disaat - saat masa Covid seperti ini. Meningkatkan kewaspadaan sangatlah diutamakan. Apabila kita lalai dan tidak menerapkan PHBS itu sendiri, maka akan menimbulkan dampak negatif seperti halnya:

1. Gangguan Penyerapan Gizi pada Tubuh

 

dampak tidak menerapkan phbs
 
Gangguan pencernaan sangat berpengaruh pada sistem kesehatan tubuh. Gangguan ini dapat menjadi serius dan berakibat buruk pada tubuh, seperti kekurangan nutrisi, vitamin, dan mineral. Gejala  yang ditimbulkan dari gangguan ini adalah mengalami penurunan berat badan, perut kembung pada anak, dan diare.

Jika dibiarkan terus-menerus, pada akhirnya gangguan penyerapan gizi tersebut akan menyerang ke otak, sistem saraf, hati, tulang, dan organ tubuh lainnya. Lebih cermat dalam mengkonsumsi antibiotik mampu membantu mencegah hal-hal tersebut.

2. Gangguan Mental Emosional

 

mental emosional
 
Bila tidak menerapkan PHBS dengan benar, Anda dapat mengalami gangguan mental emosional. Adapun, gejala-gejala setiap gangguan kesehatan mental bisa berbeda-beda, tergantung setiap jenis jenis yang dialami. Penderita biasanya sering mengalami emosi yang berlebihan, perbedaan pola pikir, dan perubahan perilaku.

Di Indonesia sendiri, penderita gangguan kesehatan mental diidentikkan dengan sebutan ‘sakit jiwa’ dan bahkan sering mengalami banyak perlakuan yang kurang menyenangkan. Padahal, apabila diperhatikan para penderita gangguan kesehatan mental bisa diberikan pengobatan khusus di rumah sakit.

Pada umumnya, gangguan emosional juga sering muncul di berbagai kalangan masyarakat. Umumnya, masyarakat mengalami depresi atau kecemasan. Beberapa gejala gangguan mental emosional adalah mudah marah, frustasi, atau gejala fisik, seperti sakit perut, mual, atau sakit kepala.

Gangguan yang terjadi pada kesehatan mental biasa disebut dengan mental illnes, dimana kondisi kesehatan pada mental dapat mempengaruhi suasana hati, pikiran, dan juga kesehatan tubuh.

3. Terjadinya Obesitas

 

 
Obesitas atau kegemukan yang berlebih merupakan suatu gangguan tubuh dengan melibatkan lemak dalam tubuh secara berlebihan. Akibat yang ditimbulkan obesitas adalah resiko peningkatan masalah pada kesehatan .

Obesitas biasanya sering terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang dikeluarkan oleh tubuh, seperti saat melakukan olahraga atau kegiatan normal lainnya. Latihan fisik dan melakukan diet rendah karbohidrat memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

4. Menimbulkan Sindrom Metabolik

 

 
Membiasakan gaya hidup yang tidak sehat mampu memberi dampak negatif untuk kesehatan tubuh, seperti Sindrom Metabolik. Sindrom Metabolik sendiri merupakan kondisi yang memiliki resiko mudah terkena penyakit stroke, jantung, dan juga diabetes.

Gaya hidup yang tidak sehat tentu saja mampu menurunkan kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit. Namun, dengan gaya hidup yang sehat mampu menjaga kesehatan tubuh dan mampu menghindari berbagai penyakit.

Berbagai Macam Indikator PHBS

Demi menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat guna mencegah dampak-dampak negatif yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa tatanan PHBS yang tidak lepas dari beberapa elemen masyarakat yang terlibat aktivitas sehari-hari.

5 indikator PHBS yaitu PHBS di Rumah tangga, PHBS di Sekolah, PHBS di Tempat kerja, PHBS di Sarana kesehatan, dan PHBS di Tempat umum. Dengan menerapkan PHBS yang telah ditetapkan oleh Kemenkes, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Nah, untuk itu perlu dilakukan penerapan-penerapan tersebut agar mampu tercipta lingkungan yang bersih, sehat, aman, dan nyaman. Selain itu, sebaiknya jaga selalu asupan makan dan lakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

7  Contoh Perbuatan Mental yang Baik Dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Contoh Perbuatan Mental yang Baik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut ilmu psikologi, seseorang harus mampu bersikap secara positif dan terpuji. Menumbuhkan perbuatan mental yang positif tentu tidaklah mudah, diperlukan kesadaran mengenai pentingnya sikap yang positif itu sendiri.

7 Contoh Perbuatan Mental Positif dalam Kehidupan

Diperlukan beberapa sikap positif untuk mampu membangun mental yang kuat. Memang kedengarannya mudah, namun tidak ada yang mustahil didunia ini selagi kita mampu berusaha. Disertai sikap mental yang positif, maka akan mampu mencapai suatu hal dengan kesuksesan dan kedamaian.

Berikut sikap-sikap perbuatan mental yang baik untuk kesehatan mental dalam diri:  

1. Percaya Diri


Menurut hasil studi dari University of Melbourne menunjukkan bahwa, orang yang percaya diri mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan mampu dipromosikan lebih cepat dibandingkan yang lain. Kepercayaan diri mampu membantu dan menginspirasi orang disekeliling kita, baik dalam pekerjaan maupun hal yang lain.

2. Memiliki Rasa Optimisme

 

perbuatan mental yang baik


Seseorang mampu menghadapi segala hal tanpa ragu dengan dibarengi rasa optimis dalam dirinya. Dengan sikap optimis tersebut, maka banyak sekali hal positif yang akan menghampiri dirinya. Dengan begitu sikap tersebut mampu membantu mengembangkan pola pikir yang sehat.

3. Senantiasa Bersikap Positif


Salah satu contoh sikap mental yang positif yaitu dengan memiliki sikap positif thinking. Dalam kehidupan memanglah tidak selalu sesuai harapan, namun dengan perbuatan mental yang positif mampu menjadikan setiap masalah yang ada sebagai bahan pembelajaran.

Selain itu, sikap positif thinking juga sebagai semangat untuk mengingat bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Berusaha untuk terus fokus pada hal yang bisa dilakukan dengan apa yang dimiliki, dengan segala perhatian dan upaya yang ada.

4. Mampu Bersikap Sabar dan Ikhlas

 


Dalam menghadapi kerasnya kehidupan saat ini yang serba instan, cepat dan mobilitas tinggi, sudah pasti memerlukan sikap yang sabar dan ikhlas. Sikap ini menunjukkan bahwa seseorang mampu bertahan dan menerima setiap kondisi yang ada.

Bukan berarti menyerah, namun dengan adanya ikhtiar dan juga sikap optimis mampu memberikan pola pikir yang baik untuk menghadapi segala kesulitan. Sikap sabar dan ikhlas mampu menjadi landasan untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat serta rasa damai.

5. Cerdas Secara Emosional


Memiliki kecerdasan secara emosional merupakan suatu keharusan yang dimiliki bagi setiap individu. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Menurut WHO, seseorang tidak bisa memiliki kesehatan mental yang cukup kuat apabila tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi negatif dalam dirinya. Orang memiliki kecerdasan secara emosional mampu bersikap tegas terhadap setiap pilihan yang menghampirinya.

6. Adaptasi dengan Perubahan

 


Salah satu cara untuk membangun sebuah mental yang kuat adalah dengan cara harus selalu bersikap fleksibel dan mampu beradaptasi di setiap keadaan. Ketakutan akan perubahan mampu menimbulkan berbagai macam kekhawatiran juga kecemasan yang berlebihan.

7. Mencintai Diri Sendiri


Kebanyakan orang saat ini mencintai orang lain tanpa pamrih, namun mereka lupa untuk mencintai diri mereka sendiri. Agar mampu menumbuhkan sikap mental yang positif setiap individu harus mulai belajar untuk mengasihi dan mencintai diri sendiri.

Perbuatan mental tersebut bisa dengan cara menanamkan pemikiran seperti selalu merasa cukup, merasa berharga, kuat, merasa dicintai dan juga merasa bahwa diri sendiri istimewa. Hal ini harus mampu diciptakan dalam sendiri tanpa adanya kepalsuan di dalamnya.

 

Baca juga : Dua Perkara yang Perlu Kamu Ubah guna Mencapai Kesuksesan

 

Penutup

Nah, semoga penjelasan tersebut mampu bermanfaat guna meningkatkan sikap-sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Apapun yang Anda hadapi, mental yang kuat merupakan sebuah solusi dasar yang harus diterapkan.

Apa Itu Protokol 3M Serta Penerapan di Kehidupan Sehari-Hari

Apa Itu Protokol 3M Serta Penerapan di Kehidupan Sehari-Hari

Di masa pandemi seperti saat ini, beberapa batasan diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19 yang sedang merebak. Batasan-batasan ini biasa juga disebut dengan istilah protokol 3M.

Apa Itu Protokol 3M?

Protokol 3M menjadi istilah yang hangat dibicarakan di era new normal seperti saat ini. 3M merupakan perilaku disiplin yang perlu dilakukan selama masa pandemi Covid-19. 3 perilaku tersebut di antaranya:

1. Mencuci tangan
2. Memakai masker
3. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan

Bagaimana Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Protokol 3M saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Perilaku 3M termasuk bagian dari kampanye #ingatpesanibu yang terus digaungkan di berbagai media. Anjuran penerapan perilaku ini kini menjadi aturan baru yang perlu dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

Anjuran 3M kemudian disempurnakan dengan gerakan 5M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, memakai masker, dan mengurangi mobilitas.

1. Mencuci Tangan


penerapan protokol 3m
 

Mencuci tangan setelah bepergian keluar menjadi kebiasaan yang perlu dinormalisasi. Karena tangan bisa menjadi jembatan masuknya virus ke dalam tubuh. Cuci tangan merupakan hal yang terbilang sepele, namun perlu dilakukan secara tepat.

Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang benar sesuai anjuran KEMENKES.

  • Basahi tangan menggunakan air bersih yang mengalir
  • Gunakan sabun pencuci tangan, gosok bagian telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari
  • Bersihkan pula bagian bawah kuku
  • Bilas dengan air bersih yang mengalir
  • Keringkan tangan dengan tisu/handuk bersih/diangin-anginkan


2. Memakai Masker

 

memakai masker

Masker berfungsi untuk melindungi saluran pernapasan dari debu dan virus yang ada di udara. Tersedia berbagai macam masker di pasaran, mulai dari yang sekali pakai sampai yang dapat digunakan berulang.

Anda perlu tahu, bagaimana memilih dan menggunakan masker dengan baik agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Berikut cara memilih jenis masker yang tepat sesuai fungsinya.

a. Masker Medis Sekali Pakai

Jenis masker ini pernah mengalami kelangkaan di pasaran saat masa awal pandemi COVID. Namun sekarang, masker medis sudah sangat mudah ditemui. Masker ini memiliki kawat pada bagian hidung untuk memastikan tidak ada celah.

Saat menggunakan masker jenis ini, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan wajah Anda. Gunakan dengan tangan yang sudah bersih. Efektifitas masker ini hanya selama 3-4 jam pemakaian. Setelah digunakan, jangan lupa gunting masker terlebih dahulu sebelum dibuang.

b. Masker Kain

Masker kain menjadi salah satu pilihan di samping penggunaan masker medis yang dapat menghasilkan limbah. Pilihlah masker kain dengan serat kain yang rapat agar penggunaannya lebih efektif.

Namun, di masa perkembangan virus COVID varian delta seperti saat ini, dianjurkan untuk menggunakan double masker. Gunakan masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar untuk proteksi ekstra.

3. Menjaga Jarak


Perilaku protokol 3M yang terakhir adalah menjauhi kerumunan dengan cara menjaga jarak. Menjaga jarak ini dikenal juga dengan istilah physical distancing. Sebuah studi menyebutkan, bahwa menjaga jarak merupakan salah satu langkah yang efektif untuk menghindari risiko penularan virus. 

 

Baca juga : Mengenal Istilah Lockdown, Social Distrancing, dan Isolasi

Kondisi kerumunan memiliki potensi yang besar dalam penularan virus ini. Maka perlu diberlakukan aturan pembatasan sosial untuk menghindari risiko tersebut. Kerumunan yang ada di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik dapat meningkatkan risiko penularan.

Diperlukan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir. Pemberlakuan aturan mengenai protokol kesehatan Covid-19 ini tidak lain bertujuan untuk menekan penyebaran virus mematikan ini.

Hal-Hal yang Membuat Bangun Tidur Kesiangan

Hal-Hal yang Membuat Bangun Tidur Kesiangan

Sebagai seorang yang sudah terbiasa bangun pagi-pagi sekali mungkin tidak lagi menjadi masalah ketika mau bangun masih pagi setiap hari. Sebaliknya seorang yang sudah terlanjur bangun kesiangan setiap bangun dari tidur, pasti akan kesulitan ketika mau bangun lebih awal.

Saya pribadi beberapa hari yang lalu atau lebih tepatnya ketika musim panas, ternyata saya lebih banyak bangun kesiangan. Berbeda setelah memasuki musim penghujan, walaupun sudah lelah tetapi  bangun tidur tidak pernah kesiangan. Anda tahu kenapa dengan yang saya alami, alasannya hanya satu karena saya mencari rumput setiap hari untuk makanan kambing. Jadi setiap musim panas saya akan berfikiran bahwa nanti sore cuaca tetap terang sehingga saya masih tidur sampai waktu berangkat kerja sekitar jam 07:00. Dan berbeda ketika musim hujan saya cepat bangun pagi karena kalau sore nya mencari rumput takut akan kehujanan.

Nah, dari sini akan kita ketahui bahwa alasan setiap orang mau bangun pagi atau kesiangan mempunyai alasan tersendiri. Secara umum mungkin seseorang akan bangun kesiangan disebabkan oleh beberapa hal seperti karena tidur yang larut malam karena begadang, tubuh yang sangat lelah atau yang lainnya. Disini saya akan bahas secara rinci dari beberapa hal yang berakibat bangun tidur kesiangan mulai dari anak-anak hingga menjadi dewasa, karena kebanyakan orang yang bangun kesiangan adalah pada usia anak-anak hingga dewasa. 
 
penyebab bangun tidur kesiangan
 

Orang Tua Tidak Membangunkan Tidur

 
Kalian pasti ingat waktu masih kecil ketika mau bangun tidur pasti orang tua kita dulu yang bangun setelah itu kita baru dibagunkan. Ada kalanya orang tua tidak membangunkan kita mungkin karena lupa atau malah orang tua kita juga bangun kesiangan. Bukannya menyalahkan orang tua kita, tapi kan itu sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua mengingatkan anaknya yang masih kecil supaya terbiasa bangun pagi. Apalagi anak kita sudah menginjak pendidikan yang pertama, pasti ketika mau bangun dan persiapan berangkat ke sekolah sudah pasti mengandalkan orang tua.

Tidak Ada Kegiatan di Hari Itu

 
Ketika libur sekolah anak-anak akan cenderung bangun kesiangan dari pada hari biasa ketika masuk sekolah. Hal ini disebabkan selain libur karena hari itu anak tidak memiliki kegiatan yang mau dilakukan. Sebenarnya orang tua juga tidak membiarkan dan berfikiran yang sama dengan anak, bahwa sekarang libur biarkan saja tidur. Harusnya memberikan solusi untuk memberikan kegiatan pada anak supaya mau bangun pagi walaupun sekolah libur. Seperti contohnya melakukan jamaah sholat subuh bersama keluarga lalu mengaji atau mengajak anak jalan-jalan di pagi hari biar sehat dan yang lainnya.
 
Dengan membuat jadwal kegiatan yang jelas di hari libur sudah menjadi salah satu tips mengatasi bangun kesiangan.

Belum Memiliki Pekerjaan  


Bertambah dewasa lagi seorang yang belum memiliki pekerjaan entah itu baru lulus dari sekolah atau alasan lainnya, pasti hari-harinya akan santai. Dengan begitu akan lebih banyak bangun kesiangan karena tidak tahu mau ngapain kalau bangun pagi. Sebenarnya ada aktivitas mulia sebelum mendapatkan pekejaan, bangun pagi labih baik untuk membantu pekerjaan orang tua di rumah, berolahraga dan beraktivitas lain yang bermanfaat. Tapi menurut saya jika punya ide yang bagus malah membuat lapangan pekerjaan sendiri di rumah seperti berjualan pulsa dan paket internet, itu lebih baik.

Tidak Punya Pekerjaan Sampingan

 
Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa belum memiliki pekerjaan menjadi salah satu hal yang membuat kita bangun kesiangan. Tapi ternyata sudah memiliki pekerjaan tetap pun masih bangun kesiangan, mungkin karena pekerjaannya berangkat sedikit lebih siang. Dengan aktivitas pekerjaan sampingan selain memiliki bayaran tambahan, bertambah semangat kerja dan bisa mengurangi kebiasaan bangun kesiangan. Seperti yang saya alami di atas memiliki sampingan memelihara kambing dan contoh lainnya memelihara burung misalkan.

Suka Menunda Waktu

 
Menunda waktu atau mengulur waktu kadang saya lakukan ketika pekerjaan lagi ringan. Selain itu karena masih terlalu pagi tapi dengan tidak sengaja sudah terbangun dari tidur, maka yang akan dikatakan adalah “Ah masih pagi sekali, bentar lagi lah alarmnya juga belum bunyi”. Menunggu alarm berbunyi saya rasa kurang tepat karena kadang setelah kita terbangun lalu tidur lagi bisa jadi kita tidur lebih nyenyak dan akhirnya alarm tidak terdengar. Jadi berdasarkan pengalaman saya ketika kita terbangun tidurnya antara jam 00:00 - jam 03:00 tidur lagi tidak masalah, tapi jika terbangun antara jam 03:00 - 05:00 lalu tidur lagi akan menjadi masalah.

Belum Punya Pacar atau Istri

 
Sebagai orang yang jomblo setelah dewasa akan kesepian ketika bangun dari sarangnya tanpa seorang yang mengingatkan untuk bangun. Kalau punya pacar jadi ada yang kirim SMS WhatsApp (yank , selamat pagi), kalau punya istri ada yang mengingatkan (mas, sudah pagi). Seperti contoh tetangga saya sabelum dia menikah bangun tidur selalu jam 08:00, tetapi setelah mempunyai istri bangun lebih pagi lagi dan lebih giat bekerja. Namun untuk hal ini kamu tidak usah khawatir, karena sebelumnya kami telah menulis Tips Menjalani Hidup lebih Produktif meski Kamu Jomblo.

Tingkah Laku Sebelum Tidur

 
Aktivitas malam hari sebelum tidur yang membuat kita bangun kesiangan seperti begadang sampai larut malam, bekerja lembur, Makan sampai kenyang sebelum tidur dan tidak berdo’a sebelum tidur. 
 
Baca juga : Trik Mudah Mengatasi Tidur Mendengkur

Mungkin seperti itu hasil pengalaman saya sehari-hari tentang hal-hal yang membuat bangun tidur kesiangan. Atau sobat punya pengalaman lain atau memiliki cara agar mudah bangun tidur, coba ceritakan sedikit saja pada kita. Jadi intinya bangun pagi lebih sehat dan bermanfaat.
6 Tips Menjalani Hidup lebih Produktif meski Kamu Jomblo

6 Tips Menjalani Hidup lebih Produktif meski Kamu Jomblo

Tuhan menciptakan isi dunia dalam berpasang-pasangan, termasuk manusia. Kalimat itu mungkin cukup terkenal di telingamu, kan? Tetapi, untuk yang jomblo, jangan berasa berkecil hati atau berasa tidak ada yang mempunyai. Kamu mempunyai diri kamu yang paling mengagumkan ini kok.

Status jomblo tidaklah dosa, jadi kamu tidak usah merasa malu apalagi minder. Malah waktu ini bisa menjadi kesempatan buat kamu dalam menjalani hidup lebih bebas berekspresi tanpa beban.

Nah, berikut ini ada beberapa panduan untuk kamu, terutamanya buat yang menjomblo, untuk hadapi hidup lebih produktif.

1. Selalu berpikir positif


Berpikir positif sebagai salah satunya langkah supaya bisa jalani kehidupan ini ketika menjomblo. Pemikiran yang positif akan menghidupkan semangat dan aura yang positif hingga kamu dapat santai jalani kegiatan setiap hari. Disamping itu berpikir positif tingkatkan sikap optimismu di dalam meraih suatu hal hingga menambahkan semangat untuk jalani hidup dan meraih kemauanmu.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

 

tips hidup jomblo produktif
 
Tentu tiap orang mempunyai beberapa hal atau aktivitas yang disuka dan sering jadi sebuah kesempatan untuk mengembangkan profesi mereka. Maka dengan lakukan hal yang kamu sukai, kamu dapat meningkatkan kekuatan yang ada di diri kamu, dan siapa yang tahu bisa saja kesempatan usaha untukmu.

3. Rajin melaksanakan ibadah


Beberapa orang dengan status jomblo pasti satu saat ingin bisa pasangan. Selainnya usaha kamu harus juga menyeimbanginya dengan berdoa. Sesudah usaha, ikhlaskan saja semua ke Tuhan dan masih tetap terus melakukan perbuatan baik. Jika Tuhan belum memberi jodoh, sabar saja. Tuhan tentu punyai jalan lain.

4. Selalu produktif

 

jomblo produktif
 
Lakukan banyak aktivitas yang positif membuat kamu lebih produktif, dengan demikian kamu tidak begitu meratap nasib jomblomu. Ada banyak hal yang perlu kamu kerjakan. Maka tetaplah melakukan aktivitas sepanjang itu positif. Seperti halnya belajar hal baru serta buat pencapaian kedepannya.

5. Tanamkan mindset jika jomblo bukan Aib


Kerap kali beberapa orang mengatai orang yang lain jomblo sebagai noda karena mereka menduga jomblo "tidak laris". Kenyataannya bukan semacam itu. Tiap orang mempunyai perolehannya masing-masing dalam soal jodoh. Dengan menjomblo kamu dapat semakin mengenali dan pahami diri kamu sebagus mungkin, hingga yang akan datang saat punyai pasangan, kamu bisa juga pahami pasanganmu seperti kamu pahami diri kamu sendiri.

6. Dengan kesendirianmu, jadi dapat semakin mengenali diri kita


Saat sendirian, membuat kamu punyai waktu mencerminkan diri dan menjadi lebih mengenali diri kita. Apa yang kamu harapkan dalam kehidupan ini, arah-tujuan hidupmu, dan lain-lain.

Ini bakalan membuat kamu sadar, jika ada atau tidaknya pasangan, tidak punya pengaruh pada nilai diri kamu. Kamu masih tetap dapat memberikan faedah pada beberapa orang, kok!

Penutup
Apakah kamu sudah menjalankan itu semua? Jika belum mari kita lakukan mulai dari sekarang, semoga hari-hari Anda menyenangkan serta kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik.

Lagu-Lagu Indonesia yang Memiliki Kisah Misteri

Lagu-Lagu Indonesia yang Memiliki Kisah Misteri

Sudah tahukah kamu apa itu lagu? Menurut wikipedia, lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

Lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua (duet), bertiga (trio) atau dalam beramai-ramai (koir). Perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan ataupun prosa bebas. Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung pada ukuran yang digunakan.

Namun bagaimana dengan lagu-lagu Indonesia yang dianggap memiliki kisah misterius? Saking banyaknya jenis lagu, tidak jarang ada beberapa lagu dari seluruh dunia yang memiliki kekuatan magis yang dapat mempengaruhi pendengarnya. Bahkan lagu barat pun ada yang konon bisa mengarahkan pada tindakan mengerikan, seperti lagu 'Gloomy Sunday' yang terkenal sebagai lagu pengantar bunuh diri.

Walaupun sudah dibilang misterius tapi ada salah satu lagu yang masih banyak disukai dan populer sampai sekarang, Anda pun mungkin menyukainya. Kira-kira lagu apa saja yang dianggap misterius? Berikut kita rangkum ada 10 lagu Indonesia yang menyimpan kisah misteri. 
 
lagu yang misterius

1. Lingsir Wengi 
 
Lagu ini sudah terkenal di telinga orang Indonesia sebagai salah satu lagu dengan lirik horor. Pasalnya lagu ini dipercaya sebagai alunan musik yang mengiring kata-kata dan kalimat sebagai pemanggil arwah. Lagu ini bukanlah sembarang lagu karena menggunakan aturan pembuatan syair dalam salah satu jenis macapat atau lagu Jawa yaitu Durma. Durma sendiri merupakan lagu yang tujuannya memang untuk memanggil arwah atau berhubungan dengan mereka yang ‘hidup’ di dunia lain. 
 
Lagu Lingsir Wengi pernah digunakan sebagai salah satu soundtrack film horor Indonesia. Kabarnya lagu ini digunakan bukan sebatas sebagai pendukung film namun ada maksud lain. Saya pernah mendengar lagi ini pada malam hari ketika lagi bareng sama teman, memang rasanya merinding apalagi sendirian.

2. Takdir 
 
Diketahui bahwa lagu ini muncul di saluran YouTube pada tahun 2012 dan beberapa pihak memberikan kesaksian bahwa lagu ini dapat mempengaruhi mental dan perilaku pendengarnya. Beberapa orang bahkan mengakui mengalami hal-hal aneh ketika mencoba mendengarkan lagu ini. Pada awal lagu terdengar suara berdenging dan di sinilah kesaksian para pendengarnya yang mengaku mendengar suara misterius seperti suara langkah yang tidak jelas dari mana asalnya.

3. Malam Satu Suro 
 
Lagu Malam Satu Suro terkenal melalui sebuah film yang dibintangi oleh aktris senior, yakni mendiang Suzanna. Lagu ini masih sering dicari dan didengarkan oleh banyak orang meski motifnya adalah rasa penasaran terhadap lirik dan musiknya. Konon katanya lagu ini pun disinyalir sebagai lagu pemanggil arwah, serem sekali bukan.

4. Nina Bobo  
 
Meski sering dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur bagi anak-anak, ternyata lagu ini menyimpan kisah yang memilukan sekaligus mistis. Nina awalnya adalah nama seorang anak kecil. Setiap hendak tidur sang Ibu selalu menyanyikan lagu ini untuk mengantarnya tidur. Suatu saat anak ini meninggal dan membuat sang Ibu depresi. Rasa tertekan yang dialami Ibunya begitu besar hingga sang Ibu masih kerap menyanyikan lagu ini seolah sang anak masih ada dan hendak tidur. Kabar yang beredar bahwa bila menyanyikan lagu ini selama 3 kali berturut-turut dalam suasana hening dan gelap, yang menyanyikan bakal didatangi oleh sosok arwah Nina.

5. Shepia 
 
Mendengar lagu yang kondang dari grup band Sheila on 7, ini mungkin kita tidak menyangka adanya kisah mistis di balik pembuatannya. Liriknya tidak menggambarkan sesuatu yang misterius. Namun kisah dibalik tersusunnya kata dan kalimat diiringi musik band yang epic ini cukup menyeramkan. Eros, sang vokali band SO7 pernah mendapatkan sebuah telepon dari fans yang mendapatkan nomornya dari sesama fans SO7. Eros pernah mencari keberadaan Sephia ini dan memang ia menemukan bahwa salah seorang fansnya ternyata ada yang bernama Sephia. Dan faktanya kalau Sephia ternyata sudah meninggal 2 bulan sebelumnya.

6. Jauh 
 
Lagu ini pertama kali muncul di YouTube pada tahun 2007 dan diklaim oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Caramel Band. Kisah misterius lagu ini terletak dalam pembuatannya, lirik, serta pengaruh pada pendengarnya. Lagu ini ceritanya diciptakan oleh seorang perempuan bernama Gaby yang cukup tertekan akibat kematian sang kekasih akibat kecelakaan lalu lintas. Kemudian sosok Gaby ini menciptakan lagunya, menyanyikan, hingga merekamnya. 
 
Cerita yang beredar, Gaby mengakhiri hidupnya setelah merekam lagu buatannya. Beberapa cerita yang diakui oleh para pendengarnya adalah adanya dorongan untuk segera mengakhiri hidup ketika mendengarkan lagu ini.

7. Kukatakan Dengan Indah 
 
Peterpan cukup membuat lagu ini booming dan diminati oleh para penggemarnya. Kukatakan dengan Indah cukup dikenal dan diterima para penggemarnya dan tak jarang menempati posisi teratas dalam tangga lagu pop. Bahkan hingga saat ini lagu ini masih kerap diputar dan dikenang oleh para penggemar band Peterpan yang sudah berganti nama menjadi NOAH Band.

Lirik dan alunan musiknya tidak mencerminkan adanya sesuatu yang mistis atau aneh. Namun bila Anda mencoba mendengarkannya ketika Ariel, sang vokalis, menyanyikan lirik “Kukatakan dengan indah…” ada suara perempuan yang turut terekam. Meski telah melakukan remake beberapa kali, suara tersebut tidak pernah hilang hingga akhirnya pihak produser serta Peterpan membiarkan rekaman tersebut dan merilisnya tanpa mengubah lagi. 
 
Konon yang menjadi kepercayaan adalah hal ini terjadi karena Peterpan melakukan rekaman di studio yang pernah digunakan oleh mendiang Nike Ardilla melakukan rekaman lagunya. Maka dari itu Ariel selalu mengarahkan mic kepada penonton ketika menyanyikan lagu ini terutama pada kalimat tersebut.

8. Kenangan Terindah 
 
Lagu yang dibawakan oleh grup musik Samsons ini tidak menunjukkan secara eksplisit adanya sesuatu yang mistis atau aneh. Namun seseorang telah mencoba untuk membalik pita suaranya yang mendapati rekaman suara-suara yang menghujat Tuhan. Metode ini beberapa kali digunakan di luar negeri dan dikenal dengan sebutan ‘black-mask message’.

9. Menanti Kekasih 
 
 
Lagu tersebut kondang oleh penyanyi cantik almarhum Alda Risma yang diketahui telah meninggal di sebuah hotel akibat overdosis. Hal yang menjadikan lagu ini mistis adalah diketahui kalau lagu tersebut selesai direkam 3 hari sebelum Alda Risma ditemukan tewas. Padahal hasil otopsi menyatakan bahwa Alda Risma telah meninggal selama 7 hari.
 
10. Boneka Abdi 
 

Yang ke sepuluh, lagu ini dikenal sebagai salah satu lagu anak di Jawa Barat meskipun aslinya merupakan sebuah lagu dari Jerman yang berjudul 'Hanschen Klein'. Boneka Abdi menceritakan tentang seorang remaja yang meninggalkan orang tuanya dan kembali dalam keadaan sebagai orang dewasa yang sudah mapan. 

 

Memang liriknya tidak mencerminkan sesuatu yang misterius namun ketika lagu ini dijadikan soundtrack salah satu film horor Indonesia, berbagai mitos tersebar. Mitos yang cukup dikenal mengenai lagu ini adalah lagu Boneka Abdi merupakan lagu pemanggil kuntilanak dan dipercaya bahwa yang menyanyikan lagu ini akan mendapati kuntilanak berada di hadapannya. Belum pernah ada laporan dari orang yang pernah mencoba mitos ini. Apakah kamu berani mencobanya?


Jadi lagu apa saja yang menjadi kesukaan kamu dari 10 lagu yang dianggap misterius di atas. Kalau saya Kukatakan dengan Indah, dan tidak pernah tahu sebelumnya kalau lagu ini menyimpan kisah misterius.


Pengertian dan 10 Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Pengertian dan 10 Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Menurut wikipedia bahasa Indonesia bahwa pengertian Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Sedangkan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak, dimana pihak pertama wajib membayar iuran untuk pihak kedua wajib memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar, apabila suatu saat si pembayar ataupun barangnya mengalami suatu masalah (tentunya berdasarkan perjanjian).

Kemudian Definisi asuransi menurut web Otoritas Jasa Keuangan bahwa asuransi adalah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.
 
 
Macam-Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Pada intinya asuransi itu merupakan sebuah jaminan baik berupa kerugian, kerusakan, kehilangan, kesehatan dan bahkan sampai kematian tergantung jenis asuransi yang kita ikuti. Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis asuransi yang sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yaitu ada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi kelautan, asuransi bisnis, asuransi kepemilikan rumah dan properti, asuransi perjalanan, asuransi kredit, dan asuransi umum
 
Berikut ini penjelasan mengenai jenis asuransi yang ada di Indonesia yang telah disebutkan tadi.


1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini sangat dikenal dalam memberikan keuntungan finansial atas kematiannya.  Karena sekarang ini ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian serta sebelum kematian seseorang. Kemudian tidak heran kalau asuransi jiwa menjadi populer, asuransi jiwa selain dapat dibeli untuk diri sendiri juga bisa digunakan pada pihak ke tiga. Misalnya ketika terjadi musibah asuransi milik orang tua bisa digunakan untuk kematian istri atau anaknya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bertujuan memberikan perlindungan kesehatan pemegang polis tertanggung, asuransi kesehatan yang dimaksud yaitu segala macam penyakit dan perawatan ketika sakit pembiayaannya ditujukan pada pihak asuransi bersangkutan. Beberapa proteksi yang didapat oleh nasabah seperti ketika terjadi kecelakaan, cedera, cacat permanen, sakit biasa bahkan sampai terjadi kematian.

3. Asuransi Pendidikan

Ini termasuk asuransi paling populer karena jelas setiap oeang tua pasti menginginkan anaknya mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Asuransi pendidikan merupakan solusi terbaik dalam menjamin kehidupan yang lebih baik di masa depan terutama untuk pendidikan anak. Mengenai biaya premi berapa yang harus dibayarkan, tergantung pada perusahaan asuransi dan disesuaikan tingkan pendidikan. Namun semakin tinggi tingkat pendidikan semakin besar pula biaya, maka dengan mengikuti asuransi ini bisa meringankan biaya pendidikan anak.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Rumah merupakan aset penting dan cukup berharga, oleh karena itu seorang pemilik rumah akan melindungi dirinya dari berbagai musibah dengan mengikuti asuransi tersebut. Asuransi ini selain proteksi terhadap kehilangan dan kerusakan yang terjadi pada barang tertentu, asuransi kepemilikan rumah dan properti juga memberikan keringanan ketika mengalami suatu musibah seperti kebakaran.

5. Asuransi Bisnis

Asuransi ini yang akan memberi proteksi ketika terjadinya kerugian, kehilangan, kerusakan terhadap bisnis yang telah Anda asuransikan. Kerusakan yang diberikan dari asuransi bisnis ini berupa kerusakan dan penggantian seperti diakibatkan oleh ledakan, bencana alam, dan kebakaran. Disamping memberikan perlindungan harta benda, asuransi ini juga akan melindungi karyawan perusahaan anda seperti meningkatkan mutu kesehatan bagi karyawan.

6. Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan. Pengelola asuransi kredit di Indonesia dipercayakan pemerintah kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

7. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia adalah asuransi mobil. Asuransi kendaraan fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. Asuransi ini juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan tertanggung.

8. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Manfaat dan perlindungan yang akan didapat dari memiliki asuransi perjalanan antara lain mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak.

9. Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Asuransi umum dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu Social Insurance (Jaminan Sosial) dan  Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela).

10. Asuransi Kelautan

Jenis asuransi satu ini khusus ada di bidang kelautan yang fungsinya memastikan pengangkut serta pemilik kargo. Resiko yang mungkin terjadi sehingga terbentuknya asuransi ini adalah kerusakan kargo, kerusakan kapal, dan melukai penumpang. Asuransi kelautan atau asuransi angkatan laut merupakan pengalihan resiko baik untuk pemilik maupun penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut.
 
Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, resiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

Premi adalah pembayaran tiap bulan di wajibkan untuk nasabah atau peserta asuransi.

Polis adalah besarnya dana yang di terima oleh pelanggan asuransi setelah mengajukan klaim yang di setujui atas penjanjian dan peraturan sebelumnya.
7 Tas Terkeren di Dunia, Harganya pun tidak Murah

7 Tas Terkeren di Dunia, Harganya pun tidak Murah

Sebagian orang menganggap tas merupakan barang praktis yang bisa dipakai untuk membawa berbagai barang penting. Namun tak sedikit juga yang menganggap bawa tas adalah fashion yang harus terlihat keren untuk mendukung penampilan. Jadi dibutuhkan tas dengan desain yang keren agar seseorang wanita terlihat semakin menawan.

Sebagai seorang pelajar mungkin tas dengan brand lokal sudah cukup untuk keperluan sekolah. Berbeda untuk beberapa seorang miliader kadang memerlukan sebuah tas yang keren serta berteknologi canggih. Meski harus merogoh uang lebih banyak, karena beberapa tas berikut ini tentu saja harganya mahal.

Akan tetapi, buat kamu kaum wanita dijamin terlihat semakin berkelas dengan sederet tas terkeren di dunia, simak deretannya hingga selesai.

1. Chanel Diamond Forever Classic Bag

 

tas wanita terkeren
 
Walaupun hanya dilihat sekilas sekalipun, tas ini sudah kelihatan keren dan mewah karena terbuat dari emas putih 18 karat dengan 334 berlian. Tali tas ini juga terbuat dari emas yang bisa dilepas pasang. Dengan tampilannya yang berwarna putih gading membuatnya terlihat simpel dan elegan. Yang membuat pas ini semakin diminati karena hanya diproduksi sebanyak 13 produk saja. Harganya juga sangat fantastis hingga mencapai 3 miliar rupiah.

2. Hermes Himalaya Birkin Bag in Niloticus Crocodile


Tas hasil produksi brand Hermes ini menggunakan kulit asli buaya niloticus sebagai bahan dasarnya. Ditambah lagi pembuatan tas ini juga melewati proses pewarnaan yang sangat detail dan intensif sehingga mampu menghasilkan warna putih muda dan abu-abu tua yang seakan bisa membangkitkan lanskap pegunungan Himalaya yang menakjubkan. Bukan hanya tampilannya yang menggugah, harganya pun membuat manga yaitu mencapai 7 miliar rupiah.

3. Hermes Chaine d'Ancre Bag

 

tas unik untuk wanita
 
Masih dari brand Hermes, tampilan tas ini sangat unik dan rumit layaknya rantai penjara. Walaupun demikian tas ini ternyata dibutuhkan sebanyak 1160 berlian yang ditawarkan satu sama lain hingga menjadi model layaknya rantai yang membentuk tas. Jadi selain desainnya yang terlihat rumit, tas ini juga makin terlihat keren dan berkilau dengan adanya ribuan berlian. Bahkan desas-desus nya tas Ini hanya diproduksi sebanyak 3 buah saja. Dengan banyaknya berlian jangan kaget di atas ini harganya mencapai 19 miliar rupiah.

4. Hermes Birkin Bag by Ginza Tanaka


Hermes memang salah satu brand yang meluncurkan tas dengan tampilan mewah dan elegan dan berharga fantastis. Tas ini menggunakan platinum sebagai bahan dasarnya dan dipercantik dengan adanya 2000 berlian pada kulit terluarnya yang dilengkapi dengan 8 karat berlian berbentuk buah pir. Apalagi tali tas ini dapat dipakai secara terpisah sebagai perhiasan kalung dan berlian berbentuk pil bisa digunakan sebagai bros. Setidaknya siapkan uang sebanyak 26 miliar rupiah untuk mendapatkan rasa.

5. Hermes Kelly Rose Gold Bag


Dari namanya saja pasti sudah terbayang bagaimana kerennya tampilan tas mewah ini. Setidaknya terdapat 1160 berlian yang terbuat dari emas mawar padat. Apabila pas ini dilihat secara keseluruhan, maka kamu dapat melihat bahwa tas ini seperti terbuat dari kulit buaya. Padahal tas ini sama sekali bukan terbuat dari kulit buaya. Tas dengan tampilan keren dan elegan ini berharga 28 miliar rupiah.

6. The 1001 Nights Diamond Purse oleh House of Mouawad

 

The 1001 Nights Diamond Purse

 
Tas yang memiliki desain seperti bentuk hati ini sudah pasti terlihat keren dengan bling-bling yang ternyata dibuat dari 4517 berlian dalam berbagai varian warna. Proses pembuatannya juga cukup lama yaitu sekitar 8800 jam. Tas keren nan mewah ini dihargai 53 miliar rupiah.

 

Baca juga : 7 Helm dengan Aksesoris Berteknologi Canggih

7. Debbie Wingham's Upcycled Egg Bag


Seseorang yang menggunakan tas ini pasti akan nampak keren, unik, dan mewah. Yang membuat tas ini terlihat sangat spesial karena ternyata bahan-bahan pembuatan ini terbuat dari berbagai barang seorang wanita yang didaur ulang. Walaupun barang-barang tersebut dibilang daur ulang namun tetap saja benda-benda yang dipakai adalah keluaran brand ternama.

Ditambah lagi tas ini dihiasi dengan rp8.000 berlian yang diletakkan dengan platinum dan emas sebanyak 24 karat. Kamu harus menyiapkan uang sebanyak 94 miliar rupiah jika ingin terlihat keren dengan membawa tas.

Akhir Kata
Nah itulah sederet tas terkeren di dunia yang berharga fantastis. Berminat untuk membawa pulang salah satunya?

Misalkan suatu saat ada kesempatan untuk membelinya, dari pilihan di atas manakah yang menjadi merk tas terbaik favorit kamu? Mudah-mudahan ada yang memberi hadiah untukmu, amin.

Cara Menerapkan Sila Ke-4 di Kehidupan Sehari-Hari

Cara Menerapkan Sila Ke-4 di Kehidupan Sehari-Hari

penerapan sila ke 4
 

Sebagai warga Indonesia sudah semestinya mengetahui bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa kita yang dikemukakan oleh bapak presiden pertama Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 melalui rapat PPKI kala itu. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita untuk menerapkan nilai yang terkandung dalam Pancasila pada kehidupan sehari hari.

Pada dasarnya Pancasila adalah perumusan dari nilai dan norma kehidupan yang sudah hidup dalam sejarah bangsa Indonesia. Ada banyak sekali contoh sikap perilaku kita yang sesuai sila ke-4 pancasila, sebelum itu mari kita mengingat apa bunyi sila ke empat “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.”

Oh iya kalau sila ini dilambangkan dengan kepala banteng, ini juga bermakna kalau bangsa Indonesia memiliki prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat. Pada kehidupan sehari-hari banyak sekali sikap yang mencerminkan penerapan sila ke-4 mulai dari lingkungan keluarga, di masyarakat, sekolah, hingga di tempat kerja. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Contoh Penerapan Sila ke-4 dalam Keluarga


1. Ketika ada masalah keluarga, selesaikan dengan cara musyawarah
2. Setiap anggota keluarga menerima dan menghargai hasil musyawarah
3. Menerima serta mempertimbangkan pendapat sesama anggota keluarga
4. Setiap anggota keluarga bertanggung jawab dalam melakukan hasil musyawarah

Cara Menerapkan dalam Kehidupan Sehari-hari


1. Ikut sera dalam pemilu, pilpres, dan pilkada
2. Memberikan kepercayaan pada wakil-wakil rakyat terpilih
3. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain
4. Memastikan diri terdaftar dalam daftar pemilih tetap
5. Menyampaikan aspirasi lewat anggota legislatif
6. Mengkritik anggota legislatif yang menyimpang
7. Pemilihan ketua RT dan RW
8. Pemilihan ketua kelas
9. Mengikuti sosialisasi pemilihan umum
10. Melakukan kontrol terhadap anggota legislatif
11. Tidak menerima suap dalam bentuk apapun dari calon pemimpin
12. Mendukung pelaksanaan pemilu di lingkungan sekitar
13. Memastikan kejujuran pada pelaksanaan pemilu
14. Menghormati pendapat orang lain
15. Mengutamakan musyawarah dalam mengatasi masalah di masyarakat

 

Baca juga : Pekerjaan Berat Di Indonesia yang Dipandang Sebelah Mata


Nah dari beberapa contoh perilaku di atas menjadi cerminan dalam menerapkan sila ke-4 pancasila. Meski demikian, kita juga perlu mengetahui beberapa perilaku yang menyimpang dari sila tersebut. 


Contoh Perilaku yang Menyimpang sila ke-4


  1. Masyarakat kurang menghormati peraturan-peraturan yang telah dibuat pemerintah
  2. Banyak warga negara yang belum terpenuhi hak serta kewajibannya di hadapan hukum
  3. Wakil rakyat yang seharusnya menjadi penyalur aspirasi, malah merugikan rakyat dan negara
  4. Nontransparasi lembaga-lembaga negara
  5. Menciptakan perilaku KKN
  6. Melakukan demonstransi tanpa melapor pihak berwajib
  7. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi/golongan daripada kepentingan bersama.


Itulah bagaimana cara kita menerapkan sila ke-4 pancasila yang merupakan perumusan dari nilai-nilai dan norma kehidupan yang telah hidup dalam sejarah bangsa Indonesia. Jadi sudah kewajiban kita sebagai warga untuk mengamalkan dalam kehidupan dan menghindari perilaku yang menyimpang dari Pancasila.

3 Cara Menghemat Energi Listrik untuk Kehidupan Sehari-Hari

3 Cara Menghemat Energi Listrik untuk Kehidupan Sehari-Hari

tips hemat listrik
 

Energi listrik adalah salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini. Apalagi dalam kehiduoan sehari-hari hampir semua barang elektronik dan rumah tangga membutuhkan listrik sebagai energi pembangkit nya. Belakangan ini penggunaan energi listrik terus meningkat, tetapi ketersediaannya belum mencukupi semua kebutuhan. Hal itu terbukti dengan adanya beberapa wilayah di negara kita yang belum mendapat aliran pasokan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik negara kita disebabkan karena ketidak mampuan negara dalam pemenuhan kebutuhan listrik di semua wilayah.

Sektor rumah tanggalah yang memang berperan paling tinggi dalam data komposisi konsumen energi listrik di Indonesia yaitu sekitar 48,38%. Tingginya angka konsumen penggunaan listrik dari sektor rumah tangga memberikan konsekuensi bahwa harus ada usaha penekanan penggunaan listrik yang diperhatikan. Sebagai konsumen tentunya harus tahu cara hemat listrik untuk masa depan.

Jika boros, selain membuat pengeluaran biaya semakin meningkat, tetapi penggunaan listrik yang berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kondisi lingkungan. Kondisi ini erat kaitannya dengan energi listrik yang masih bergantung pada energi fosil seperti batu bara, gas alam dan minyak bumi. Di dalam proses menghasilkan energi listrik, maka energi fosil akan memberikan pengaruh pada efek gas rumah kaca yang meningkat.

Untuk menanggulangi dampak buruk yang disebabkan dari penggunaan listrik yang berlebihan, maka kita harus mulai menerapkan penghematan penggunaan energi listrik. Upaya ini bahkan bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik, mungkin salah satu yang paling sering kalian ketahui adalah matikan lampu ketika tidak dibutuhkan. Namun ternyata banyak cara sederhana lainnya yang bisa diterapkan. Untuk itulah, simak tiga cara menghemat energi listrik berikut ini yang sangat mudah dilakukan tapi bisa berdampak baik bagi lingkungan kita.

1. Cabut kabel maupun peralatan elektronik dari saklar pada saat tidak dipakai

 

 
Mungkin sebagian dari kalian tidak menyadari bahwa membiarkan kabel peralatan listrik seperti TV, komputer, atau bahkan charger handphone terpasang pada saklar pada saat sedang tidak dipakai. Nah kebiasaan ini sebaiknya dihentikan mulai sekarang. Kamu harus mengetahui bahwa listrik tetap bisa mengalir pada kabel ke peralatan elektronik walaupun tidak digunakan sekalipun. Kondisi ini malah bisa membuat listrik menjadi terbuang dan tagihan listrik kamu meningkat. Jadi sebaiknya Jika peralatan elektronik dari saklar tidak digunakan maka cabut saja kabelnya dan jangan dibiarkan begitu saja.

2. Hemat air

 

 
Menghemat energi listrik bukan hanya bisa dilakukan dengan mematikan lampu maupun mencabut barang-barang elektronik. Hemat air juga merupakan salah satu cara tidak langsung mampu menghemat energi listrik. Sebagian besar masyarakat memakai pompa air yang menggunakan energi listrik agar bisa mendapatkan sumber air. Untuk mendapatkan sumber air yang cukup banyak tentunya memakan cukup banyak energi listrik juga. Jika kamu bijak dalam menggunakan air, maka mesin pompa air juga tidak akan sering menyala.

Baca juga : Tips Mencegah Penyebaran Berita Hoax

3. Manfaatkan ventilasi udara dan tanaman hijau sebagai penyejuk ruangan

 

 
Memanfaatkan ventilasi udara yang ada di dalam rumah juga bisa menjadi cara menghemat listrik. Kondisi tersebut bisa membantu mengalirkan udara segar dan manfaat sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Dengan demikian kamu bisa menghemat penggunaan kipas angin, AC atau lampu. Selain itu, kamu juga bisa kok, memanfaatkan tanaman hijau supaya udara lingkungan rumah jadi lebih sejuk dan segar. Terlebih lagi tanaman hijau juga bisa mempercantik sekitar rumah.

Itulah tiga cara menghemat listrik yang sangat mudah dilakukan. Meskipun terhitung perbuatan kecil, cara-cara tersebut bisa efektif jika kita bekerja sama dalam menerapkannya. Bagikan tulisan ini pada teman-temanmu ya agar mereka tahu dan sadar akan pentingnya menghemat energi listrik.