Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi Gusi Bengkak secara Alami

Sakit gigi dikarenakan oleh gusi bengkak atau yang disebut dengan radang gusi, penyakit ini biasanya disebabkan oleh pembentukan plak yang tidak selalu hilang setelah menyikat gigi. Atau terjadi karena sisa makanan pada gigi yang tidak dibersihkan akan menjadi bakteri sehingga timbullah yang namanya pembengkakan gigi secara bertahap.

Khususnya setelah kita selesai makan makanan yang mengandung lemak yang tinggi, bagian mulut sendiri banyak mengandung berbagai jenis bakteri, baik pada gusi bagian luar atau bagian syaraf di gusi.

Sebelum kita membahas bagaimana cara atasi sakit gigi gusi bengkak, pastinya kalian juga ingin mengetahui terlebih dahulu secara mendalam. Apa si sebenarnya yang menyebabkan gusi kita mengalami pembengkakan selain karena bakteri.

cara atasi gusi bengkak
 
1. Iritasi
Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi.

2. Obat-obatan tertentu
Jika anda sudah sangat baik dalam merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk mengingat obat yang anda konsumsi.

Beberapa obat seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.

3. Hormon (khusus wanita)
Beberapa wanita mengalami kasus bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara dan biasanya terjadi saat hamil.

Sakit Gusi Bengkak, pada gejala awal biasanya ditandai dengan membengkaknya bagian gusi tertentu, namun masih kecil dengan warna kemerahan, lama-lama akan muncul nanah di bagian dalam gusi dan semakin kelihatan membengkak. Biasanya, ini akan memicu bau mulut, terasa semakin sakit hingga tidur tidak nyenyak.

Untuk itu sebelum terlanjur dan semakin parah karena kalau dibiarkan dapat menyebabkan gigi copot atau gigi berlubang, kita harus segera menanganinya dari tahap awal dengan cara pengobatan alami hingga menggunakan obat khusus meredakan gusi bengkak.

- Dengan Air Jeruk Lemon
Jeruk lemon memiliki manfaat yang baik sebagai obat gusi bengkak. Anda hanya perlu membuat perasan air jeruk lemon dan menjadikannya obat kumur. Lengkapnya; siapkan 1/2 buah jeruk lemon untuk di peras airnya. Campurkan pada segelas air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Lakukan sehari minimal 2 - 3 kali.

- Air Garam
Jika Jeruk Lemon sulit dijangkau, Air Garam bisa jadi solusi berikutnya karena kami yakin garam mudah kita peroleh dengan harga yang terjangkau. Kandungan garam memiliki khasiat sebagai antiseptik yang bisa memberantas bakteri penyebab gusi bengkak.

Anda hanya perlu mempersiapkan segelas air hangat, kemudian campurkan dengan garam secukupnya hingga air jadi asin. Nah, air tersebut kamu gunakan sebagai obat kumur, lakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Langkah Terakhir
Cara alami sembuhkan gusi bengkak di atas segera kalian lakukan ketika sudah terasa gejala-gejalanya. Kemudian kalau gusinya sudah mulai membengkak dan terasa sakit terus-menerus yang mengakibatkan susah tidur, segeralah cari obat sakit gigi gusi bengkak di apotek terdekat. Biasanya akan dikasih tiga jenis obat termasuk obat antibiotik dan obat anti nyeri yang berguna mengurangi rasa sakit.


Walaupun sudah mengggunakan obat, selama gusi masih sakit karena bengkak teruslah berkumur dengan air garam atau jeruk lemon setiap hari supaya cepat sembuh. Jangan lupa juga perbanyak minum air putih, sikat gigi teratur, serta kalau perlu gunakan obat kumur.

2 komentar

bermanfaat mas , puyeng yen pas sakit gigi hi hi hi

Klo puyeng itu namanya sakit kemala Mastah. Hhh
(terima kasih mau mampir kesini)

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon