10 Apr 2015

Mengetahui Lebih Dalam arti Solidaritas


Solidaritas adalah integrasi, tingkat dan jenis integrasi, ditunjukkan oleh masyarakat atau kelompok dengan orang dan tetangga mereka. Hubungan sosial bahwa orang-orang mengikat satu sama lain. Istilah ini umumnya digunakan dalam sosiologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya.


Solidaritas adalah kesepakatan bersama dan dukungan, kepentingan dan tanggung jawab antar individu dalam kelompok, terutama karena diwujudkan dalam dukungan suara bulat dan tindakan kolektif untuk sesuatu hal. (wikipedia)


Solidaritas dapat diartikan kesatuan kepentingan, simpati, dll, sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama. Namun arti solidaritas ini sudah dirusak oleh oknum-oknum yg kurang mengetahui arti yg sebenarnya tentang solidaritas. Banyak mereka yang memanfaatkan kata solidaritas untuk kepentingan yang tidak baik, seperti halnya seorang pelajar yg cabut sekolah dan dia mengajak temannya juga ikutan cabut sekolah karena menurut ia itu yg disebut solidaritas. Hal ini sangat dapat berpengaruh kepada orang lain yg kurang mengetahui kata solidaritas, sehingga orang yg tidak tahu tersebut akan mengikuti ajaran yg temannya ajarkan solidaritas yg tidak baik. Dan kali ini saya akan membahas dan mengeluas apa kata arti solidaritas yg sebenarnya. 
Berikut adalah jawabannya...


1. Tolong-Menolong

Tolong menolong termasuk dalam golongan arti dari solidaritas, tolong menolong membantu orang lain dimana orang lain sedang mengalami kesulitan atau kesusahan dalam menjalankan suatu hal. Tentu, Kita akan menolong orang tersebut, dan hal ini disebut rasa solidaritas kemanusiaan.

Akan tetapi solidaritas tolong menolong bukan berarti kita harus menolong ke orang lain yg dengan intinya melakukan suatu perbuatan yg tidak baik dan tidak benar. Solidaritas tolong menolong yg sebenarnya bukan menolongi atau melindungi teman yang bersalah, melainkan dengan memberikan motivasi dan membantu menyelesaikannya tanpa harus kita ikut campur dalam masalah.

2. kebersamaan

Kebersamaan merupakan kunci dari kekompakan. Hidup rukun bergotong royong, saling membantu sesama, berkomunikasi, memecahkan masalah dan lain-lain. Kebersamaan memang sangat diperlukan apalagi kepada organisasi dan komunitas. Kebersamaan perlu kita raih agar kita saling bisa memperkuat rasa persatuan kita dan solidaritas. Akan tetapi, kebersamaan bukan lah kebersamaan yg melakukan tindakan kriminalitas atau sejenisnya yg dapat merugikan pihak lain.

Kebersamaan akan rusak dan terkotori dan dinilai negatif oleh pihak lain apabila kebersamaan dilakukan dengan melakukan suatu perbuatan yg negative/tidak baik. contohnya seperti anak pelajar yg tawuran, yg mereka pikir itu adalah kebersamaan.

3. Ajakan

Merupakan kalimat sebagai perluasan makna dari kalimat perintah dan erat hubungannya dengan orang kedua. Kalimat ajakan yaitu kalimat yang menyatakan ajakan seseorang kepada orang yang diajak bicara untuk bersama-sama melakukan sesuatu. Nah, perbuatan ajakan ini tak jarang kita dengar dimana-mana. Mulai dari yg ajakan baik maupun ajakan buruk. Ajakan yang baik yaitu mengajak orang lain untuk melakukan suatu hal yg positif dengan melakukan kegiatan tertentu tanpa membuat pihak yg diajak terkena dampak yang tidak baik akibat dari ajakan tersebut.

Ajakan negatif sangat tidak patut utk dilakukan ke orang lain, hal tersebut dapat menimbulkan rusaknya moral pihak yg diajak akibat mengajak untuk melakukan sesuatu perbuatan yg tidak baik. Kebersamaan tidaklah adanya status kriminalitas atau merugikan orang lain. Seperti contohnya; mengajak temannya untuk merokok.

4. Berkorban

Sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan dengan cara memberikan sesuatu yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain, walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Berkorban juga mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan diri sendiri. Berkorban tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada diri sendiri untuk berkorban kepada orang yg sedang mengalami masalah kehidupan,perekenomian dan sejenisnnya tidaklah masalah. Tetapi bila kita berkorban untuk hal yang tidak baik seperti berkorban menolong orang yang terlibat kasus narkoba, lalu kita sembunyikan kasus tersebut terhadap pihak yang berwajib. Tanpa memikirkan suatu saat kita akan ikut ditangkap oleh polisi, Saya pikir itu bukanlah arti dari solidaritas yang sebenarnya. Solidaritas yg sebenarnya, membiarkan mereka terkena sanksi apa yang mereka telah perbuat dan diselingi motivasi untuk berbuat baik dan diberi nasihat. Bukan ditutup-tutupkan masalah suatu hal.

5. Tujuan

Dan yang terakhir adalah satu tujuan, dimana orang yang memiliki keaslian solidaritas yang sebenarnya adalah memiliki satu tujuan yg sudah disepakati oleh beberapa pihak utk melakukan suatu tindakan menolong atau sejenisnya yang akan berguna utk orang lain. Bukan satu tujuan utk menghancurkan atau menganggu orang lain yg tidak bersalah seperti; mencuri, membunuh, bully atau sejenisnya.

itulah 5 hal arti yg sebenarnnya dari solidaritas. Solidaritas itu menghasilkan keuntungan bagi semua pihak bukan merugikan semua pihak.
 
~Marilah kita bersama-sama membangun rasa solidaritas dengan tujuan yang baik.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon