Cara Menghitung Jumlah Kata di Microsoft Word

Ketika sedang mendapati tugas, pernah tidak kamu diberikan batasan mengetik dalam jumlah kata tertentu di Microsoft Word. Jika iya kalian tidak perlu bingung karena kita bisa dengan mudah menghitungnya.

Mengetik sebuah tulisan merupakan suatu pekerjaan yang melelahkan, terlebih kita perlu menghitung setiap karakter, kata dan juga paragraf. Untung saja dengan Microsoft Word akan mudah dalam mengetahui jumlah kata pada dokumen atau kaliamat yang baru saja anda tulis.

Misal ketika masih menjadi murid atau mahasiswa suatu ketika diberi tugas untuk membuat karya tulis namun telah ditentukan batasan minimal dan maksimal jumlah kata. Atau juga ketika mengikuti lomba pasti ada aturan tertenu berapa maksimal kata yang harus dibuat.

Bagi kamu pengguna Microsoft Office 2003, 2010, 2016 maupun tahun di atasnya. Bahwa Word dapat menghitung jumlah kata dalam dokumen saat Anda mengetik. Word juga menghitung halaman, paragraf, baris, dan karakter.

Untuk mengetahui jumlah kata (word count) yang telah Anda tulis melalui perangkat komputer atau Ms. Word dalam perangkat ponsel, maka bisa simak caranya berikut ini.

Menghitung Jumlah Kata pada Microsoft Word


1. Pertama kita buka program dengan cara dobel klik Ms. Word di desktop komputer / laptop. Atau kita membuka sebuah dokumen Word.

2. Kemudian kamu lihat deretan menu ada File, Home, dan Inset. Pilih menu Review lalu klik Word Count untuk melihat jumlah kata.

Menghitung Jumlah Kata di Microsoft Word
 
3. Maka sebuah jendela akan muncul pada layar. Jendela tersebut memuat informasi jumlah kata, huruf, paragraf, baris, dan halaman yang termuat pada dokumen.


Keterangan :
Pages                             : data jumlah halaman yang ada dalam dokumen
Word                               : jumlah kata yang ada dalam dokumen
Characters (no spaces)   : jumlah karakter (huruf) tanpa menghitung jumlah spasi diantara kata
Characters (with spaces) : jumlah karakter (huruf) dengan menghitung jumlah spasi diantara kata
Paragraph                       : jumlah paragraf dari dokumen tersebut.

Cara : 2


Selain cara tadi ada tips lain untuk menghitung jumlah kata pada Microsoft Word yang lebih mudah. Misalkan kamu tidak menemukan menu Review pada Ms. Word yang kalian gunakan, maka bisa mencoba dengan cara berikut ini.

Setelah dokumen yang sudah berisikan banyak kata terbuka, kamu perhatikan tulisan Page di sisi pojok bawah halaman Microsoft. Kamu klik angka dengan tulisan Words maka jendela Word Count akan langsung muncul.


Baca juga : Cara Merubah Warna Background di Notepad++
 

Menghitung Jumlah Kata di Perangkat Mobile


Jika kamu juga memiliki aplikasi Microsoft Word yang terpasang di perangkat telepon Android maupun iOs. Untuk menghitung jumlah kata caranya seperti ini.

- Jalankan Microsoft Word pada smartphone kamu, lalu buka dokumen yang sudah disiapkan

- Setelah terbuka kamu tab menu Edit (berbentuk ikon pensil dengan huruf A), kemudian klik menu Beranda / Home.


- Maka akan muncul pilihan menu pop up, kamu tab menu Tinjau / Review. Lalu ketuk opsi "Word Count / Hitungan Kata". Setelah mengetuk menu tersebut, jumlah kata, huruf, dan halaman pada dokumen akan ditampilkan di layar.

 
Catatan : Untuk bisa menghitung jumlah kata pada Microsoft Word di perangkat telepon pastikan kamu menggunakan aplikasi resmi Office di Play Store (untuk Android).

Add Comments


EmoticonEmoticon