Cara Menulis Alamat Paket yang Benar untuk Kirim Barang

Kenapa kita wajib menuliskan alamat paket penerima barang dengan benar, tentu saja supaya barang maupun surat yamg kamu kirimkan sampai tujuan dan tidak nyasar. Kita tahu Indonesia merupakan negera yang luas dan terdiri dari banyak kabupaten, ada juga nama kota yang mirip tentu saja bakalan membuat bingung si kurir bila penulisan alamat tidak lengkap.

Sebelum barang diproses memang dilakukan tracking lokasi dahulu oleh petugas ekspedisi untuk mengetahui alamat valid atau tidak. Dengan kita menuliskan alamat penerima dan juga alamat pengirim dengan jelas serta lengkap akan membantu proses lebih cepat. Banyak kasus gagal proses kirim akhirnya barang dikembalikan lagi oleh kurir ke pengirim.

Bagi yang bekerja online marketing mungkin sudah biasa dalam hal mengisi menuliskan alamat pada barang yang hendak dikirim. Dengan murahnya biaya kirim dan hemat waktu dari pada harus antar sendiri terlebih ke luar kota, jasa ekspedisi yang ada banyak dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Contoh kecil seseorang hendak kirim barang untuk keluarganya yang berada di luar pulau sudah pasti harus tah cara penulisan alamat yang benar.

Entah nanti mau dikirim melalui ekspedisi baik itu Pos, J&T, J&E, Tiki, Wahana, dan yang lainnya. Untuk itu kalian harus simak terus tulisan ini hingga selesai agar tidak mis informasi.

Cara Menulis Alamat Pengiriman yang Baik dan Benar


Secara umum dalam menuliskan alamat pada suatu barang atau surat yang hendak dikirim adalah mencantumkan data penerima dan mengirim. Memang dalam hal ini tidak ada aturan khusus dalam penulisan, terpenting kamu tahu poin pentingnya saja sudah cukup.

Format penulisan Alamat

- Nama Penerima

- Nomor HP / Telepon

- Alamat Lengkap

Sementara di sisi lain kamu juga perlu mencantumkan Nama Pengirim lengkap dengan nomor HP dan alamat pengirim. Tujuannya supaya jika suatu ketika terjadi gagal pengiriman maka barang akan mudah dikembalikan, atau ada kendala maka si pengirim mudah dihubungi oleh kurir.

Letak dan posisi Nama Penerima biasanya di atas pojok, sementara Nama Penerima di bawah pojok atau tepat dibawahnya alamat penerima. Sebagi contoh gambar dibawah ini, baik untuk surat atau barang berupa box.

 

cara menulis alamat paket

Contoh penulisan jadi satu yang ditempel di tengah box.


Keterangan


Nama yang dicantumkan harus jelas sebisa mungkin adalah nama lengkap. Menggunakan nama panggilan yang familiar di sekitar lingkungan tempat anda tinggal jadi sewaktu-waktu kurir sampai lokasi saat bertanya orang akan cepat mengerti namanya.

Nomor HP atau Telepon, dengan adanya kontak yang bisa dihubungi akan memudahkan kurir untuk janjuan dahulu memastikan kamu berada di tempat/rumah. ebaiknya penulisan nomer HP dipisah tiap 4 angka menggunakan tanda strip atau dengan spasi. Namun yang terpenting nomor yang kamu cantumkan aktif bauk untuk telepon, whatsapp, dan sms.

Alamat Lengkap, berikutnya menuliskan alamat yang benar dan lengkap biar tidak mebingungkan karena banyak di Indonesia dengan nama Desa/Keluarahan sama. Maka dari itu pastikan alamat yang kamu cantumkan sudah lengkap mulai dari :

  • Nama jalan
  • Nama rumah (jika ada)
  • Nomor RT dan RW
  • Kecamatan
  • Kabupaten atau Kota
  • Provinsi
  • Kode pos
  • Negara (jika kirim ke luar negeri)


Contoh Penulisan Data dan Alamat Lengkap

Penerima :

Ahmad Saipul (Bang Ipul)

Jl. Cinta Sejati V No.33-A, RT 001/RW 002, Kel. Pungangan, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah, 56351.

0823-4567-8910


Pengirim :

Ridwan

Jl. Cinta Suci No.05-A, RT 005/RW 002, Kel. Desamaju, Kec. Cijaya, Kab. Kotamaju, Jawa Selatan, 50001.

0812-3456-7890


Contoh Tata Letak Dalam Amplop / Surat / Dokumen

Barang bentuk kecil seperti halnya surat atau dokumen biasanya tersimpan dalam amplop warna coklat. Sebenarnya tidak jauh beda letaknya ketika di bok kardus, hanya saja untuk surat berada di belakang amplop.

Posisinya alamat penerima berada di sisi kiri atas, sedangkan pengirim barada di sisi kanan bawah.

 

 
Akhir Paragraf

Itulah cara menulis alamat pengiriman pada barang maupun surat yang mau kita kirim ke jasa ekspedidi, semoga bermanfaat. Terakhir tambahan tips sebelum melakukan pengiriman paket, pastikan paket duah dipacking dengan rapi, kemudian pastikan alamat ditulis dengan benar coba teliti lagi, lalau gunakan jasa kurir sesuai kebutuhan kalian.

Artinya tips terakhir pastikan sebelum menentukan jasa kurir telah mengetahui kelebiha dan kekurangannya terlebih dahulu.