Mengenal Lebih Jauh Seluk Beluk Kuliah Jurusan Tata Boga

mengenal kuliah jurusan tata boga
 

Kamu tertarik mengambil jurusan tata boga? Sudah tahu belum sih apa saja yang bakal dipelajari dalam kuliah jurusan tata boga? Biar gak nyesel, cari tahu dulu yuk apa saja yang sebenarnya diajarkan di jurusan ini.

Jika bertanya tentang jurusan tata boga bagaimana si? Apa saja yang dipelajari? Mungkin akan ada yang menjawab belajar resep, memasak di dapur, bikin kue, dan lain sebagainya.

Jawaban itu tidak salah. Akan tetapi, jurusan tata boga lebih luas dari sekadar memasak dan bikin kue atau mempraktikkan resep saja. Kamu akan diajarkan tentang service atau layanan dan etika table manner. Lebih jauh dari itu, beberapa kampus juga mengajarkan mata kuliah bahasa asing selain Bahasa Inggris.

Mata Kuliah Jurusan Tata Toga


Mata kuliah untuk jurusan tata boga yang diberikan kepada mahasiswa di setiap kampus berbeda. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan tata boga mulai dari Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP), Politeknik Perhotelan, dan lain sebagainya.

Jenjang pendidikan di jurusan tata boga juga beragam dari mulai D3, D4, hingga Strata 1. Semuanya akan mempengaruhi mata kuliah yang harus dikuasai mahasiswa.

Untuk mata kuliah wajib umum sebenarnya sama dengan jurusan lain seperti agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Mata kuliah umum ini diberikan saat semester awal.

Mulai semester atas, mahasiswa jurusan tata boga akan diberikan materi yang sudah menjurus ke bidang studinya.

Beberapa kampus dan sekolah tinggi juga memberikan mata kuliah terkait aplikasi gizi, pengetahuan tata hidang, akuntansi hotel, dasar-dasar manajemen, statistik perhotelan, perencanaan keuangan jasa boga, manajemen Sumber Daya Manusia, dan masih banyak lagi.

Untuk mata kuliah pengelolaan dasar roti dan kue pun akan diberikan. Akan tetapi, di beberapa kampus dan sekolah tinggi memisahkan antara jurusan tata boga dengan pastry.

Jika kamu memang berfokus ingin mempelajari aneka pastry, pastikan dulu jurusan tata boga di kampus tujuanmu memberikan porsi yang cukup untuk mata kuliah teori dan praktik bidang patisery dan bakery.

Sistem Pembelajaran Jurusan Tata Boga


Sistem pembelajaran jika kamu kuliah jurusan tata boga berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya.

Akan tetapi, mayoritas memberikan teori dan praktik. Untuk porsinya, tentu berbeda-beda. Mungkin 50% teori 50% praktik. Atau bisa jadi 30% teori 70% praktik. Sebelum mengambil jurusan dan kampusnya, lakukan riset dengan bertanya ke mahasiswanya langsung atau cari infonya di website dan sosial media terkait.

Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga


Jika kamu mengambil jurusan tata boga di perguruan tinggi negeri, bisa jadi akan dikenakan biaya seperti mahasiswa jurusan lainnya yaitu dalam bentuk UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang besarannya tetap setiap semester.

Berbeda halnya dengan universitas swasta yang bisa saja menambah UKT yang dibebankan pada mahasiswa karena suatu hal. Sedangkan, untuk sekolah tinggi dan politeknik perhotelan, kamu akan dikenakan tambahan seperti biaya seragam.

Untuk bahan-bahan segar yang digunakan dalam praktik, beberapa mahasiswa harus membelinya secara mandiri karena kampus tidak menyediakan. Akan tetapi, alat-alat dan perlengkapan dapur lainnya sudah disediakan oleh kampus guna menunjang proses pembelajaran.

Baca juga : Beberapa Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Kuliah jurusan tata boga mungkin tidak terlalu banyak dilirik orang. Akan tetapi, prospek kerja jurusan ini cukup banyak lho!

Selain menjadi chef professional di hotel dan kapal, kamu juga bisa menjadi seorang dosen, guru tata boga, pengusaha bidang kuliner, pengusaha catering makanan, serta membuka bisnis bakery. Jangan salah, omset penjualannya sangat menggiurkan.

Add Comments


EmoticonEmoticon