Ini Bedanya Saw, Sawed, Sawn dan Penggunaan di Kalimat

perbedaan saw sawed sawn
 

Saw, sawed, dan sawn merupakan tiga kata yang artinya mirip-mirip. Meskipun mirip, tetap saja ada perbedaan diantara ketiga kata tersebut. Base form atau kata asalnya adalah saw. Kata sawed dan sawn adalah pengembangan dari base form.

Perubahan bentuk kata dari saw menjadi sawn dan sawed dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam suatu kalimat, misalnya konteks suatu kalimat, waktu penggunaan kata tersebut, dan klausa. Saw, sawn, dan sawed dikategorikan sebagai irregular verb atau perubahan bentuk yang tidak beraturan.

Perbedaan Antara Saw, Sawed, dan Sawn


Kata saw sendiri bisa berarti melihat dalam bentuk lampau atau sudah terjadi di masa lalu. Tapi, kata ini juga bisa berarti gergaji atau menggergaji (memotong menggunakan gergaji. Sawed dan sawn sebagai pengembangan dari kata saw juga bisa berarti gergaji atau menggergaji.

Meskipun arti katanya sama atau mirip, tetap saja ada perbedaan diantara ketiga kata tersebut, yaitu:

Saw

Merupakan bentuk dasar atau base form yang artinya menggergaji. Seringkali, kata ini digunakan saat seseorang menunjukkan suatu tindakan memotong menggunakan gergaji secara umum. ‘I saw wood’ misalnya, berarti ‘saya menggergaji kayu’.

Sawed

Kata sawed adalah simple past atau bentuk kedua dari kata saw. Biasanya, kata sawed ini akan digunakan ketika seseorang menunjukkan tindakan memotong menggunakan gergaji tapi sudah selesai, atau jika kejadiannya berlangsung di masa lalu.

Sawn

Sawn merupakan past participle atau bentuk lain dari kata kerja saw. Penggunaan kata sawn pada kalimat biasanya dipakai untuk membentuk kalimat perfect tense. Selain itu, kata sawn juga bisa digunakan sebagai kata sifat untuk menjelaskan objek tertentu.

Baca juga :
- Arti Agree, Agreed, Agreeing dan Contoh
- Menghitung 150ml ada Berapa Gelas

Penggunaan Saw, Sawed, dan Sawn


Setelah memahami apa yang membedakan antara saw, sawed, serta sawn, coba pelajari bagaimana cara menggunakan ketiga kata tersebut dalam kalimat yang berbeda-beda. Karena perbedaan bentuknya, biasanya ketiga kata tersebut tidak ada dalam satu kalimat yang sama.

1. Penggunaan kata saw
Ada beberapa contoh kalimat berbahasa Inggris yang mengandung kata saw. Berikut ini beberapa contoh kalimatnya lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesianya.

- The saw cuts the woods very smoothly. (Gergaji ini memotong kayu dengan sangat mulus)
- My grandpa taught my dad how to saw. (Kakek mengajari ayahku cara menggergaji)
- She saws a board into smaller pieces. (Dia menggergaji kayu menjadi potongan kecil)

2. Penggunaan kata sawed
Karena merupakan bentuk lampau, kata sawed digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian menggergaji yang sudah terjadi. Contohnya bisa dipelajari di bawah ini.

- He sawed a pipe into three pieces. (Dia menggergaji sebuah pipa menjadi tiga bagian)
- Last night, they sawed a very huge tree trunk. (Semalam, mereka menggergaji sebuah pohon tumbang yang sangat besar)
- Mom sawed the broken wooden door last week. (Ibu menggergaji pintu kayu yang sudah rusak minggu lalu)

3. Penggunaan kata sawn
Kata sawn juga merupakan bentuk lain dari kata dasar saw. Contoh penggunaan kata sawn dalam kalimat antara lain:

- Dad made a new deck made of the sawn planks. (Ayah membuat dek baru yang terbuat dari papan kayu yang sudah digergaji)
- Henry has a table made of beautifully sawn wood. (Henry memiliki sebuah meja dari kayu yang digergaji dengan indah)
- The carpenter builds a cabinet from carefully sawn timber. (Tukang kayu membangun lemari dari kayu yang digergaji)

Akhir kata
Meskipun memiliki arti yang mirip, saw, sawed, dan sawn tidak bisa digunakan secara sembarangan. Pahami konteks kalimat dan waktu penggunaannya sebelum menggunakan salah satu bentuk dari tiga kata tersebut.