19 Mar 2015

Cara Sederhana Membuat Tempe Kedelai yang Enak


Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji biji kedelai. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Ternyata tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan juga zat besi . Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif. Tempe di desaku banyak dijual di warung-warung terdekat, saya hampir setiap hari makan tempe.

Bagaimana sobat sudahkah anda merasakan tempe kedelai atau langsung mau membuat tempe sebagai berikut.




CARA MEMBUAT TEMPE KEDELAI

1.Bahan-bahan :

a. Kedelai        : 2 kg

b. Ragi tape      : 2 butir

c. Pembungkus daun pisang atau plastik
 

2.Cara membuatnya :


Terdapat berbagai metode pembuatan tempe. Namun, secara umum terdiri dari tahapan perebusan, pengupasan, perendaman dan pengasaman, pencucian, inokulasi dengan ragi, pembungkusan, dan fermentasi.


a. Pada awal pembuatan tempe, kedelai dicuci kemudian direbus dalam air panas selama kurang lebih 12 jam.

b. Kulit biji kedelai dikupas, pengupasan dapat dilakukan dengan tangan, diinjak-injak dengan kaki, atau dengan alat pengupas kulit biji.

c. Setelah dikupas, biji kedelai direndam. Tujuan tahap perendaman ialah untuk hidrasi biji kedelai dan membiarkan terjadinya fermentasi asam laktat secara alami agar diperoleh keasaman yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fungi. Fermentasi asam laktat dan pengasaman ini ternyata juga bermanfaat meningkatkan nilai gizi dan menghilangkan bakteri-bakteri beracun.

d. Selanjutnya kedelai dikukus dan setelah masak kemudian ditebar diatas tampai/Loyang sampai dingin.

e. Campurkan kedelai dengan ragi, lalu dibungkus dengan daun pisang atau dengan kantung plastic.

f. Biji-biji kedelai yang sudah dibungkus dibiarkan untuk mengalami proses fermentasi dangan dibungkus pada wadah yang tertutup rapat. Fermentasi dapat dilakukan pada suhu 20 °C–37 °C selama 18–36 jam. Waktu fermentasi yang lebih singkat biasanya untuk tempe yang menggunakan banyak inokulum dan suhu yang lebih tinggi, sementara proses tradisional menggunakan laru dari daun biasanya membutuhkan waktu fermentasi sampai 36 jam.

        *selesai*

Artikel Terkait

Load comments