13 Agu 2015

Cara Blokir SMS Spam untuk Operator Telkomsel, XL, dan Indosat


Seringkali bermunculan sms tidak jelas alias sms spam yang hampir setiap seminggu sekali. Sehingga banyak adanya kejadian seperti yang akhirnya membuat orang yang tidak tahu akhirnya jadi kaget dan bingung. Bagaimana tidak, karena kebanyakan sms yang masuk adalah pemberitahuan yang sangat mengejutkan "selamat anda terpilih menjadi salah satu pemenang uang tunai senilai Rp20.000.000,-".

Satu lagi ada tetangga saya yang baru beberapa minggu punya hp kemudian memperoleh sebuah sms yang isinya "Ma' tolong kirimin aku pulsa ke no ini 085225xxx". Dengan cepat tanpa pikir panjang setelah tetangga saya membaca isi dari sms tersebut langsung pergi ke tempat pembelian pulsa. Karena kebetulan sekali bahwa tetangga saya anaknya sedang merantau yang baru berangkat beberapa bulan. Masalahnya anak tetangga saya memakai no indosat.???

Oleh karena itu sebelun anda menjadi salah satu korban berikutnya, cobalah dengan cara blokir nomor-nomor yang mengandung spam dari ponsel kita. Kita cegah sms spam sebelum semakin menjadi-jadi dengan melaporkan kepada pihak operator kita supaya diblokir.


Untuk Pengguna Operator Telkomsel, XL, dan Indosat
1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan(spasi)nomor penipu(spasi)isi SMS penipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan 0812123456 selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166.

2. XL 
Format SMS : Lapor(spasi)Nomor yg di gunakan utk menipu(spasi)kasus yg di keluhkan lalu kirim ke 5883.

3. INDOSAT
Format SMS : SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726.

Jika sudah lebih dari dua orang yang melaporkan SMS penipuan, maka nomor tersebut akan segera diblokir secara permanen oleh operator. Anda tidak usah khawatir, karena layanan ini gratis.

Jika mengalami penipuan dalam “Transaksi ONLINE” cukup kirim kronologis dan nomor rekening si penipu ke e-mail : “cybercrime@polri.go.id” .

Artikel Terkait

Load comments