Cari Tahu Apa Arti FP On dan FP Off pada iPhone atau iPad di Jual Beli

arti fp on dan fp off di jual beli iphone

 Anda mungkin sering menemukan keterangan ‘FP On’ atau ‘FP Off’, ketika sedang mencari iPhone dan iPad bekas. Sebenarnya apa arti FP on dan FP off pada iPhone atau iPad di jual beli ini? Apalagi, biasanya keterangan ini akan mempengaruhi harga jual dari perangkat bekas tersebut. 


Hal ini akan membuat Anda tertarik untuk membeli iPhone maupun iPad dengan keterangan ini. Namun, jangan asal membeli perangkat dengan keterangan tersebut. Sebelum membuat keputusan, Anda harus cari tahu dulu arti dari keterangan FP On dan FP Off pada perangkat iPhone maupun iPad.


Mengenal Fitur Fingerprint pada iPhone 


Sebelum mencari tahu apa arti FP on dan FP off pada iPhone atau iPad di jual beli. Ada baiknya, Anda mengetahui singkatan FP merujuk pada hal apa terlebih dahulu. Singkatan FP pada keterangan FP On dan FP Off pada iPhone atau iPad di jual beli merujuk pada fitur perangkat ini yaitu Fingerprint


Seperti yang diketahui, fingerprint merupakan salah satu fitur keamanan yang ada di iPhone. Hampir semua seri iPhone memiliki fitur fingerprint sebagai bagian dari sistem keamanannya. Fingerprint adalah sistem pemindaian sidik jari. 


Di mana, untuk mengakses smartphone para pengguna harus mengaktifkan sensor menggunakan sidik jari. Sistem ini terbukti meningkatkan keamanan perangkat, karena hanya orang yang dengan sidik jari terdaftar saja yang bisa mengakses. 


Namun, tidak semua seri iPhone dan iPad menggunakan sistem ini untuk keamanan. Beberapa seri yang diketahui menggunakan sistem FP misalnya:

  • iPhone 8 dan 8 Plus. 
  • iPhone 7 dan 7 Plus. 
  • iPhone SE di tahun 2016 dan 2020. 
  • iPhone 6S dan 6S plus. 


Karena selain fingerprint, iPhone dan iPad juga memiliki seri yang menggunakan face recognition. 


Apa Arti FP On dan FP Off pada iPhone atau iPad di Jual Beli?


Setelah mengetahui bahwa singkatan FP pada keterangan ini mengarah pada fitur fingerprint. Berikut adalah penjelasan mengenai arti FP On dan FP off pada iPhone dan iPad di jual beli: 


1. FP On atau Finger Print On


Jika ada keterangan FP On pada iPhone maupun iPad yang Anda beli. Maka, sistem finger print pada perangkat tersebut masih berjalan normal walaupun perangkat sudah dalam kondisi bekas. Anda bisa mengaktifkan fingerprint untuk keamanan. 


Minusnya, mungkin Anda harus mensetting ulang fingerprint di dalam iPhone. Dengan mendaftarkan sidik jari Anda ke dalam sistem dan menghapus yang lama. 


2. FP Off atau Fingerprint Off 


Kebalikannya, jika keterangannya adalah FP Off maka sistem fingerprint pada iPhone dan iPad tersebut sudah mati. Jadi, tidak berfungsi lagi dan tidak bisa diakses lagi. Penyebabnya bisa beragam, namun kebanyakan karena kerusakan ketika pemakaian sebelumnya. 


Kerusakan bisa terjadi karena kerusakan fisik misalnya saja bagian scannya yang sudah rusak. Mungkin juga, karena sensor pada iPhone yang memang sudah rusak. Kerusakan pada finger print bisa mempengaruhi harga jual iPhone dan iPad. 


Hal ini membuat iPhone dan iPad dengan keterangan ini dijual dengan harga yang lebih rendah daripada perangkat yang fingerprint nya normal. 


Penutup


Sekarang Anda sudah mengetahui apa arti FP On dan FP Off pada iPhone atau iPad pada keterangan jual beli online. Tidak hanya sekedar tertarik pada harga yang lebih murah, Anda harus memastikan apakah perangkat tersebut layak atau tidak. Sekian, semoga makna istilah dalam jual beli tersebut memberikan pencerahan buat kalian semua.