Arti Valid Thru di Kartu ATM, Ini Penjelasannya

Dengan adanya kartu ATM nasabah bank dapat dengan mudah transaksi seperti tarik tunai, melakukan transfer, pembayaran dan lain sebagainya melalui mesin ATM. Meski begitu mungkin nasabah sempat melihat tulisan Valid Thru pada kartu ATM, dan bertanya-tanya itu maksudnya apa.

Memang sih tidak semua pengguna memperhatikannya, akan tetapi tulisan tersebut ternyata penting untuk diperhatikan karena berkaitan sama masa aktif kartu ATM Anda.

Baik di kartu ATM BRI, Mandiri, BNI, BCA, dan yang lainnya terdapat tulisan valid thru kemudian dilanjutkan dengan angka. Meskipun di era digital ini para nasabah lebih banyak transaksi secara online menggunakan mobile banking, tetapi kartu ATM juga masih penting akan fungsinya.

Nah supaya kalian tidak bingung akan tulisan Valid Thru di kartu ATM, berikut akan kami sampaikan artinya dan apa maksudnya.

 

arti valid thru di kartu atm

Arti Valid Thru


Kata Valid Thru yang tertera pada kartu ATM artinya untuk menunjukkan masa berlaku dari pada kartu ATM.

Maksudnya misal Anda memiliki kartu ATM dengan tulisan Valid Thru 11/23 itu tandanya kartu ATM tersebut masih bisa dipakai sampai bulan 11 (November) tahun 2023. Dengan begitu ketika bulan dan tahun valid thru sudah expired maka kartu ATM tidak bisa lagi dipakai buat transaksi.

Baca juga : Cara Melihat Nomor Virtual Account Dana untuk Semua Bank

Cara Mengatasi Masa Berlaku ATM Habis


Seperti yang talah kami singgung, jika masa berlaku atau valid thru kartu ATM telah expired maka tidak bisa lagi untuk melakukan transaksi. Untuk itu kita harus segera mengatasi supaya bisa dipakai kembali kartu ATM sebagaimana mestinya.

Yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi kantor Bank terkait di cabang terdekat, dan jangan lupa membawa:

1. Buku Tabungan
2. Kartu Tanda Pengenal (KTP)
3. Kartu ATM

- Datanglah ke kantor cabang terdekat, setelah sampai langsung mengambil antrian untuk Customer Service (CS)

- Jika sudah sampai pada antrian Anda, segera sampaikan pada petugas keperluannya mau mengganti kartu ATM yang sudah kadaluarsa.

- Dan petugas akan meminta ATM yang telah kadaluarsa, buku tabungan, dan KTP. Kemudian menyuruh kita buat mengisi formulir permohonan kartu ATM baru.

- Biasanya kartu ATM akan jadi di hari itu juga sama seperti ketika bikin baru atau karena hilang.

Sementara untuk biaya pembuatan kartu ATM tersebut setiap bank mungkin berbeda-beda kisarannya sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000, tapi ada juga yang memberikan layanan pergantikan kartu ATM secara gratis.

FAQs

Bagaimana dengan saldo rekening jika kartu ATM kadaluarsa?
Jawab: Saldo ATM akan tetap aman, karena yang hilang fungsi hanya katu ATM saja dan nomor rekening akan tetap aktif.

Kalau Valid Thru bulan 12 tahun 2023 bisakah mengganti pada bulan 11?
Jawab: Tentu saja bisa, silahkan langsung ke kantor Bank terdekat.

Jika Valid Thru sudah habis waktunya apakah bisa buat ambil uang di ATM?
Jawab: Kartu ATM yang sudah kadaluarsa tidak bisa dipakai buat transaksi termasuk tarik tunai, kalian bisa ambil uang melalui Bank atau dengan melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM.

Ketika kartu ATM sudah ganti dengan yang baru apakah PIN tetap sama?
Jawab: Nomor PIN untuk kartu ATM yang baru dapat Anda sesuaikan sendiri, artinya bisa dibuat sama dengan yang lama atau bikin PIN baru.