20 Sep 2015

Cara Mengatasi Black Screen pada Windows 8 dan 8.1


Hai sahabat, sekarang kami akan mencoba berbagi trik atau cara mengatasi windows 8 atau 8.1 yang kena black screen. Buat sobat yang mengalami masalah semacam ini seperti teman saya yang beberapa hari yang lalu windowsnya kedatangan black screen. Berdasarkan pengalaman dari teman saya maka kami akan mencoba berbagi cara mengatasi masalah tersebut.

Biasanya setelah sobat turn off /mematikan komputer ketika mau memakai kembali harus menghidupkan lagi, kemudaian setelah komputer dihidupkan biasanya setelah muncul logo windows lalu akan muncul start screen pada tampilan komputer. Namun apa yang terjadi ketika yang muncul bukan start screen melainkan Black Screen ??.


Kalu sobat juga mengalami hal yang sama dengan kami, tidak usah khawatir santai saja jangan gugup. Coba sobat terapkan saja langkah-langkah yang telah kami lakukan sampai berhasil.


Cara Mengatasi Black Screen pada Windows 8 dan 8.1

  1. Hidupkan laptop seperti biasa dengan menekan tombol POWER

  2. Biarkan laptop/komputer aktif sampai Black Screen muncul, kemudian tekan CTRL+ALT+DELETE pada keyboard

  3. Lalu pilih TASK MANAGER

  4. Selanjutnya klik More Detail

  5. Klik menu FILE > Run New Task

  6. Ketikkan CMD seperti ini,


  7. Setelah klik ok maka jendela cmd akan muncul, dan tuliskan RSTRUI lalu Enter

  8. Maka akan muncul jendela system restore

  9. Klik di scan for affected programs, maka akan muncul jendela tentang program/aplkasi yang telan sobat install di komputer. Lihat terakhir sobat mengintall program apa, kemudian close jendela detail.

  10. Lalu klik next hingga ada notifikasi restart. Tunggu sampai proses tersebut selesai karena prosesnya memerlkan waktu yang lama. Dan jika sudah selesai maka sobat bisa mengakses menu secara normal lagi.

Selesai,
Semoga Cara Mengatasi Black Screen pada Windows 8 dan 8.1 yang telah kami sampaikan bermanfaat. Adapun selain black csreen ada juga blue screen yang beberapa akhir-akhir ini muncul pada windows 10, kalau sobat ingin mengetahuinya  silahkan baca juga Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 10.

Artikel Terkait

Load comments