21 Jan 2016

Cara Mengatasi Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak


Pemakaian keyboard dengan tidak hati-hati akan menyebabkan ada beberapa dan bahkan semua tombol fungsi yang rusak. Atau memang keyboard laptop/ komputer anda ternyata telah rusak karena usianya yang sudah lama. Misalkan saja salah satu tombol yang telah rusak adalah tombol fungsi spasi (space). Padahal pekerjaan yang sedang anda lakukan adalah menyalesaikan sebuah pengalaman pribadi, apakah tetap tidak akan menggunakan spasi? Apa kamu akan segera menggantinya dengan yang baru pada saat itu juga. Bisa saja kalau memang tugas masih lama waktunya dan juga memiliki uang yang mencukupi, namun kalau sebaliknya?

Cara mengatasi fungsi tombol keyboard yang rusak ini tanpa memperbaiki ataupun mengganti dengan yang baru. Namun dengan menggunakan fasilitas yang ada pada setiap komputer/laptop yang ada yaitu perintah OSK. OSK (On Screen Keyboard) merupakan utilitas yang menampilkan keyboard virtual pada layar dan memungkinkan anda sebagai pengguna yang telah mendapatkan gangguan mobilitas untuk mengetik data menggunakan perangkat keyboard. On-Screen Keyboard ini dimaksudkan untuk memberikan tingkat minimum dari kekurangan fungsi salah satu atau bahkan semua tombol yang rusak.

Adapan yang harus kita lakukan supaya bisa menampilkan OSK (On Screen Keyboard) pada layar komputer atupun laptop sangat mudah. Tentu saja cara ini lebih mudah dari pada harus membeli keyboard di toko perangkat komputer. Ok, langsung saja anda perhatikan caranya membuka tombol keyboard supaya muncul pada layar dekstop. Bisa melalui start menu Run ataupun menu All Program akan saya jelaskan semuanya. Anda bisa lihat dulu gambaran screnshoot On Screen Keyboard yang telah saya lakukan melalui layar laptop sebagai berikut.

Cara Menampilkan Fungsi Tombol Keyboard
1. Pertama kita bisa buka On Screen Keyboar melalui Menu Run
  • Caranya anda tekan tombol Wind + R, kalau perintah tersebut ternyata tombol keyboard yang rusak tidak masalah karena bisa melalui Start Menu lalu pilih Run
  • Anda lihat telah tampil perintah run yang masih kosong, kamu tuliskan OSK dan klik Ok maka Keyboard akan langsung tersedia pada layar dekstop komputer.


2. Kemudain selanjutnya kita buka melalui Start Menu > All Program
Kalu mungkin dari cara di atas ternyata anda belum beruntug, kali ini coba lagi supaya bisa mengatasi fungi tombol keyboard yang rusak bisa teratasi secepat mungkin.
Caranya langsung anda klik Start Menu lalu pilih All Program > Accessories > Accessibility kemudian klik On-Screen Keyboard. Disini saya memakai laptop dengan windows XP, kalau anda memakai windows 8/10 akan berbeda tampilannya namun coba mengikuti perintah yang ada untuk menemukan OSK melalui All Program>Accessories dan Accessibility.


Berdasarkan pengalaman,  kalau memang semua tombol keyboard laptop atau komputer anda sudah tidak ada yang berfungsi lagi alias mati total. Saran saya sebaiknya beli lagi yang normal, apalagi kalau digunakan untuk mengetik setiap hari pastinya dengan cara mengatasi fungsi tombol yang rusak ini kurang efektif dalam menyalesaikan pekerjaan. Luangkan waktu sebentar untuk membeli sebuah keyboard yang baru asalkan sudah mempunyai uang yang cukup.

Karana sebenarnya cara ini hanya untuk membantu kalau sebagian tombol keyboard yang jarang digunakan namun sedang kita butuhkan seperti fungsi tombol F, Alt, dan PrtSc SySRq. Untuk itu kalau demi kelancaran pekerjaan anda sebaiknya ganti saja dengan keyboard yang masih normal dengan niat yang baik pasti akan terpenuhi keinginan kita. Amin
Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir

Mungkin sampai disini dulu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan cara ini bisa membantu melancarkan pekerjaan anda dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Load comments