20 Jan 2016

Tips Saat Membeli HP Bekas yang Baik dan Berkualitas


Semakin banyaknya berbagai jenis hanphone dari yang biasa saja sampai Android dan terus bertambah karana persaingan dalam berlomba menciptakan produk terbaiknya. Tidak heran kalau banyak hp bekas yang tersedia baik di pasaran atau melalui jual beli hp bekas di internet. Apalagi sekarang ini jual beli lewat internet tidak kalah ramenya yang ada di pasar. Kalau anda berencana membeli sebuah hp bekas saran saya sebaiknya perhatikan tips saat membeli hp bekas supaya tidak kecewa nantinya.

Bedasarkan pengalaman yang saya peroleh bahwa pernah saya melakukan transaksi jual beli melalui internet yaitu lewat facebook. Namun karena saya gugup untuk memperoleh hp bekas yang ditawarkan oleh teman saya hasilnya pun tidak berkualitas sehingga kecewa dalam pemakaian. Salah satunya baterai cepat drop dan sinyal tidak stabil. Untuk itu anda harus pandai-pandai dalam memilih hp bekas supaya hasilnya baik dan barangnya masih layak dipakai. Berikut saya bagikan tips saat membeli hp bekas yang baik dan berkualitas.


# Cek Body (Casing) HP. Kita harus tahu kalau hanphone yang mau di beli tidak ada body yang sudah retak atau pecah dalam hp bekas tersebut. Pastikan juga casing hanphone tersebut dapat di lepas secara keseluruhan (casing depan dan belakang) dari body utama handphone karena hal ini untuk mengetahui apakah ada penggunaan lem untuk merekatkan casing dengan body yang biasa dilakukan oleh penjual. Selanjutnya kamu harus bisa cara membuka dan menutup casing belakang untuk melepas baterai dan lainnya.

# Cek baterai. Untuk mengetahui baterai hanphone tersebut masih bagus atau sudah drop bisa dilakukan dengan pengecekan body baterai. Baterai yang baik keadaannya rata dan tidak ada gelembung pada kedua sisinya. Untuk lebih memastikan lagi jika kita mencoba memutar baterai tersebut pada kaca etalase toko handphone. Jika baterai tersebut ternyata bisa berputar dengan lancar, maka dipastikan sudah ada penggelembungan pada body batere yang otomatis hal tersebut menandakan bahwa keadaannya sudah tidak normal lagi alias Drop.

# Cek Sinyal. Untuk mengecek sinyal anda perlu menghubungi salah satu nomor tujuan. Kalau tidak ingin kehilangan pulsa ya hubungi saja nomor layanan gratis operator kartu yang saat ini anda pakai. Contohnya Indosat 555, fleksi 99, XL 123, Telkomsel 3636 dll. Yang kedua lakukan panggilan (miss call) menggunakan hanphone tersebut beberapa kali untuk memastikan bahwa sinyal hpbekas tersebut masih layak pakai.

# Cek no Imei dan tahun pembuatan Handphone. Untuk mengecek imei semua hanphone silahkan tekan *#06# dan *#0000# atau untuk informasi yang lebih lengkap untuk Nokia. Kemudian untuk mengenai keadaan software khusus handphone Nokia bekas ini bisa anda cek dengan menekan *#92702681#. Nomor Imei yang tertera pada layar handphone anda untuk dicocokkan dengan Dos-Book dan nomor dibagian belakang body handphone bekas tersebut. Kalo ada salah satu imei (Dos-Book atau nomor dibelakang body) yang tidak cocok dengan apa yang tertera pada layar handphone, maka dipastikan bahwa handphone tersebut ada pergantian yang tidak sesuai dengan aslinya.

# Cek Speaker dan Mic. Lakukan juga pengecekan speaker dan mic dengan cara berbicara dan mendengarkan lawan bicara kita di hp bekas tersebut. Jika kita masih dapat mendengar suaranya dengan jelas, maka bisa dipastikan bahwa keadaan mic hp bekas tersebut masih baik. Selanjutnya mengecek Speaker yaitu dengan cara memutar musik kalu hanphone sudah bisa buat musikan, tapi kalau belum anda bisa dengan memutar nada dering yang ada sambil dikeraskan volumenya.

Baca juga : Cara Blokir Nomor SMS Spam Di HP Android
Mungkin itu saja tips caat membeli hp bekas yang baik dan berkualitas yang bisa saya sampaikan. Silahkan anda praktekkan pada saat melakukan transaksi jual beli hp bekas.

2 komentar

Dulu sy sering beli HP bekas, alasannya krn budget nya minim. hehehehhe

Tapi sekarang budget nya sudah tidak minim lagi ya Gan. Jadi sudah tidak beli hp bekas lagi :D

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon