15 Juli 2017

Cara Mengetahui Jenis Brand Berdasarkan Mac Address


Jika kalian memasang WiFi, maka bisa dikatakan anda adalah pemilik atau pengelola WiFi. Dengan demikian bisa mengetahui perangkat lain yang sedang menggunakan jaringan WiFi kita apabila tidak kalian beri password maupun memfilter Mac Adress tertentu pada setelan Wireless.

Dikutip dari Wikipedia bahwa MAC Address atau yang sering disebut dengan Physical Address merupakan singkatan dari Media Access Control Address. Untuk penjelasannya, MAC Address sendiri adalah tanda pengenal unik yang dimiliki oleh semua network interface baik itu NIC (Network interface controller) atau WNIC (Wireless network interface controller).

Sebelumnya kita harus mengetahui dulu Mac Address pengguna lain yang sedang menikmati Hotspot secara gratis. Bagaimana caranya? Setelah kalian login ke Tp-Link dengan memasukkan username dan password, setelah itu anda klik menu Wireless dan untuk melihat pengguna lain pilih Wireless Statistics.

Disitu kalian bisa melihat MAC Address yang sedang aktif, karena kita ingin mengetahui vendor atau brand yang mereka gunakan maka langkah berikutnya copy dulu semua Mac Address satu per satu ke notepad. Selanjutnya anda bisa mengetahui sekaligus jenis brand berdasarkan Mac Address tersebut melalui situs berikut ini.

Cara Cek Brand dengan Mac Address
1. Pertama silahkan kalian langsung kunjungi alamat web ini http://www.arcai.com/mac-address-query/
Situs tersebut mampu membaca Brand berdasarkan Mac Address dari vendor terkenal seperti Sony, Samsung, iPhone, Microsoft hingga brand sejenis merek China dan juga bisa diketahui dengan baik.

2. Pada laman web tersebut (setelah kalian membukanya) perhatikan pada kolom dengan tombol warna hijau, disitu tempat kalian menaruh Mac Adress. Kalian bisa langsung masukkan Mac Address yang kalian punya dan tekan tombol Query Mac Brand untuk proses analisis sampai ditemukan nama Brand.

3. Sedangkan kalau ingin mengetahui keseluruhan Mac Address yang ada, misalkan anda memiliki Mac Address lebih dari satu dan ingin cek secara langsung maka bisa pilih kolom yang besar dibawahnya. Kemudian masukkan daftar Mac Address yang ada, namun ingat cara meletakkannya satu baris untuk satu Mac Address seperti gambar.


Proses selanjutnya tinggal anda klik tombol Batch Query Mac Brand, lalu tunggu hasilnya.

Jadi sekarang kalian bisa dengan mudah memantau perangkat apa sajakah yang sedang menikmati WiFi kalian sekarang, kalau kalian sudah sering cek Mac Address lama kelamaan jadi paham kalau kode ini ternyata brand ini, sedangkan kalau kodenya seperti ini milik brand ini.

Cara ini hanya bisa memperlihatkan nama brand secara umum baik Pc maupun Ponsel, bukan mengetahui perangkat berdasarkan serinya apa dan juga tidak mengetahui lokasi perangkat sedang digunakan.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon