20 Apr 2018

Cara Menghapus Beban Memori Penyimpanan di WhatsApp


Cara Menghapus Beban Memori WhatsApp
 Seringnya kita menggunakan aplikasi WhatsApp sehari-hari dengan menerima dan mengirim pesan akan terus bertambah hingga memori penyimpanan menjadi beban. Terlebih banyak repost di grup yang berisi teks panjang, video, animani (GIF) kalau dibiarkan akan menimbulkan kinerja WhatsApp menurun hingga lelet.

Hal tersebut dapat kita rasakan ketika aplikasi WhatApp dimuat dengan lambat, melakukan scroll atas bawah terasa pelan hingga send pesan lama terkirim. Selain itu dampak dari memori yang penuh memang akan sangat merepotkan karena juga akan menurunkan performa smartphone kita, ponsel jadi lemot dan tidak bisa multitasking dengan leluasa.

Kadang juga ada orang yang iseng di grup atau chat pribadi dengan mengirim sebuah angka-angka yang mana akan membuat Error WhatsApp kalian. Ini seperti halnya pada artikel kami sebelumnya mengenai Cara Membuat Whatsapp Teman Error dengan Pesan 4.0.4.0.

Wajar saja, kerena hampir setiap hari kita menerima pesan yang dikirim orang baik untuk kita pribadi ataupun melalui pesan yang masuk via grup Whatsapp. Whatsapp kini jadi Aplikasi favorit yang manfaatkan banyak orang untuk berkirim pesan satu dengan yang lain di seluruh dunia.

Cara Hapus Beban Memori di WhatsApp

Ada 2 cara yang bisa dilakukan dalam menangani beban file yang tersimpan, baik berupa teks, foto, video. Yang pertama kita bisa dengan memanfaatkan sebuah aplikasi tambahan dari Palay Store untuk pengguna Android.

Kalian bisa Instal terlebih dahulu Aplikasi Cleaner for WhatsApp.

Sesudah aplikasinya terpasang, kamu segera buka aplikasi itu, lalu akan diberitahu berapa banyak file WhatsApp yang tersimpan. Seperti file foto, video, audio, gif, dan dokumen. Tinggal pilih file yang hendak kamu hapus sesuai keingingn, yang penting jangan sampai salah hapus file penting milikmu.

Cara yang ke- 2
Untuk cara yang berikut ini kita bisa melihat berapa Kilobyte (kb) atau Megabyte (Mb) pesan yang sudah masuk, melihat statistik database paling tinggi hingga terendah. Kita tinggal menentukan kontak percakapan atau grup yang akan dikurangai data aplikasi WhatsApp dengan menghapusnya.

Baca juga : Cara Membuat Baca Selengkapnya (Read More) di WhatsApp

Cara ini tidak memerlukan sebuah aplikasi tambahan, karena bisa langsung melalui pengaturan di WhasApp masing-masing, lalu hapus file dengan mudah.

1. Buka WhatsApp, kemudian tab tittik tiga di pojok atas dan pilih Setelan.


2. Lanjut dengan pilih menu Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan.


3. Berikutnya akan terbuka seluruh chat pesan WhatsApp kalian, paling atas adalah yang terbanyak datanya. Silahkan tab salah satu kontak atau nama grup, pilih Kelola Pesan > Bersihkan Pesan.


Note : Sebelumnya bisa tentukan dahulu jenis file yang mau kalian hapus dengan Ceklis, mulai dari Pesan teks, Kontak, Lokasi, Foto, Video, GIF, dan Pesan audio.
 
Penutup
Dari segi kelengkapan untuk melihat file kemudian menghapusnya lebih diunggulkan dengan cara yang pertama meski harus menambah aplikasi. Sedangkan cara kedua lebih praktis karena bisa langsung dari aplikasi WhatsApp untuk menghapus kelebihan beban data agar tidak lemot lagi.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon