19 Apr 2018

Tips Senyum Sehat Tanpa Gigi Berlubang


Senyum Sehat Tanpa Gigi Berlubang
 Senyum sehat dengan menampilkan deretan giigi rapi, putih dengan napas segar pasti sangat menawan. Menjadi percaya diri dalam pergaullan serta tak perlu risau orang di sekitar menjauhi. Ke manapun pergi selalu merasa nyaman.

Tapi terkadang seseorang harus mengalami gigi berlubang di mulut, sehingga memicu bau mulut tidak sedap. Kondisi seperti itu sebenarnya bisa kita dicegah dengan tips sehat merawat gigi. Seperti dengan melakukan hal-hal berikut :

  • Rajin Menyikat Gigi
Menyikat gigi dengan pasta atau odol adalah keharusan buat siapa saja, bahkan seorang balitapun hendaknya sudah diperkenalkan sejak dini. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah usai makan dan malam sebelum tidur. Cara menggunakan : gagang sikat harus diputar-putar secara pelan dan lembut. Bukan maju mundur dengan keras, sehingga menyebabkan gigi rusak.

  • Berikan Jeda Saat Usai Meminum Minuman Berkarbonasi
Sebab setelah meminum jenis minuman ini sering meninggalkan bekas soda di gigi. Jika langsung disikat asam yang ditinggalkan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan berlubang.

  • Memilih Sikat Gigi
Jangan memilih sikat gigi yang berkepala besar, tapi pilihlah jenis sikat gigi yang dapat menjangkau gigi geraham bagian terdalam.

  • Berkumur Dengan Larutan Penyegar Mulut
Untuk menyempurnakannya dapat berkumur dengan larutan penyegar mulut usai menggosok gigi.

Baca juga : Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi Gusi Bengkak secara Alami

Untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit, bila gigi sudah terlanjur berlubang dapat dilakukan dengan :

- Jeruk Nipis
Rasa asam yang ditimbulkan dipercaya dapat meredakan kuman dan bakteri. Caranya mengucurkan air di area gigi yang terasa sakit.

- Garam
Dilarutkan bersama air hangat dan panas lalu dibuat berkumur.

- Belimbing Wuluh
Dicocol dengan garam untuk mengurangi rasa asamnya,  kemudian dikunyah beberapa saat di gigi yang berlubang.

- Cengkeh
Cengkeh banyak mengandung zat anti oksidan, anastesi, dan juga anti bakteri. Semprotkan di atas kapas minyak cengkeh kemudian ditempelkan. Sampai rasa sakit mereda hingga beberapa hari.

- Bawang Putih
Bumbu dapur ini juga teryata dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi akibat berlubang. Penggunaannya cukup dioles ke bagian yang sakit.

- Bawang Merah
Sama seperti bawang putih, bawang merah banyak mengandung zat antiseptic dan antimikroba. Caranya dengan dikunyah langsung.

- Daun Jambu Biji
Dengan cara mengambil daunnya dan direbus lalu dibuat berkumur selagi masih hangat. Selain itu, manfaat daun jambu biji yang sudah banyak orang tahu adalah bisa buat mengobati Diare.

- Lada
Bubuk lada diberi air secukupnya dibentuk menjadi gumpalan setelah itu dioles ke gigi yang berlubang.

- Biji Asam Jawa
Disangrai kemudian ditumbuk dan dioleskan.

Menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan cara : menggosok gigi teratur dengan cara yang baik dan benar, mengurangi makan dan minum manis, serta rutin memeriksa ke dokter gigi setiap enam bukan sekali.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon