16 Feb 2019

7 Langkah Simpel Untuk Menuju Gaya Hidup Minimalis


gaya hidup minimalis
Gaya hidup minimalis merupakan metode yang ditempuh seseorang, agar memperoleh kebahagiaan melalui cara sederhana. Kebalikan dari gaya hidup konsumtif, yang memuja benda-benda sebagai kunci dalam meraih kepuasan hidup. Meski untuk bisa mencapai ke taraf, di mana hati memiliki suatu perasaan tenang dan bahagia, bukan hal gampang diraih.

Dalam artikel 7 Langkah Simpel Untuk Menuju Gaya Hidup Minimalis berikut ini, akan disampaikan bagaimana memulainya. Langkah apa saja yang meski dirimu tempuh agar bisa mendapatkan itu semua, berikut uraianya dalam 7 Langkah Simpel Untuk Menuju Gaya Hidup Minimalis.

1. Tidak memuja keberadaan benda yang dimiliki

Menganggap benda adalah kunci kebagiaan, menjadi anggapan keliru dan sebaiknya dihilangkan. Tidak penting memelihara mind set di otak, bahwa kamu dihargai atau bahagia dihitung dari kemewahan hal benda yang dirimu miliki. Di samping boros pengeluaran, rumah juga terisi sesuatu yang tak berguna.

2. Memilih & Memilah barang yang tak perlu

Mungkin dalam hidup, kamu memiliki sesuatu yang pernah dirimu simpan sebagai barang kenangan? Mengingat bukan berarti harus menyimpan semuanya bukan? Sortir dan pilih mana yang benar-banar masih diperlukan, lalu sisanya buang.

3. Melepas kartu Kredit

Tahukah kamu jika kartu kredit bisa menjadi sumber bencana terbesar pada keuangan, bila tak pandai mengaturnya? Tidak penting memeliharanya di tangan, yang dirimu tak bisa melunasi tagihan akan dikejar-kejar oleh pihak bank selalu pemberi pinjaman. Sama-sama berutang, bila untuk berbisnis mungkin masih bisa beruntung, jika usahamu maju dan berkembang, tapi bila jika buat memenuhi gaya hidup konsumtif, sebaiknya jangan karena akan menyusahkanmu kelak di kemudian hari.

4. Menabung

Nah, ini justru sangat disarankan yakni menabung. Tidak harus menyetorkan uang ke bank. Tapi minimal kamu punya stok uang recehan di celengan itu sudah lebih dari cukup, buat berjaga-jaga menghadapi kebutuhanmu yang bersifat mendadak.

menabung
image: https://pxhere.com
 
5. Hindari Berutang

Tak seorangpun dapat hidup tenang dengan utang, tolong camkan ini! Jauh lebih baik bergaya sesuai isi dompet ketimbang jatuh bangun membangun utang, hanya agar dikatakan orang hidup ‘’wah’’. Percayalah, pribadi tak selalu dihargai dari seberapa banyak yang dipunyai, melainkan seberapa bagus ia bisa membawa diri atau attitude.

6. Tinggal di rumah Sederhana dan Menenangkan

Rumah menjadi ciri khas orang yang bergaya hidup minimalis. Tidak terlalu besar, tapi ia pintar memanfaatkan seluruh isi ruangan dengan baik dan sempurna. Sehingga secara otomatis akan mengurangi tenaga saat nanti kotor dan hendak dibersihkan.
➧Baca ini : 10 Ciri-ciri Hidup Sederhana

7. Senang Beramal

Beramal bisa lewat cara apa saja, dan salah satunya dengan menyumbang barang-barang yang sudah tidak kita perlukan lagi namun masih layak dikenakan orang lain. Seperti benda-benda fashion misalnya : Sepatu, tas, baju, celana, hijab dan lain sebagainya. Di samping kamu mendapat pahala juga kamu akan merasakan kebahagiaan tersendiri, ketika melihat orang yang kau beri mengucap kata terima kasih dengan wajah ceria.

7 Langkah Simpel Untuk Menuju Gaya Hidup Minimalis, bukan sesuatu yang sangat sulit diterapkan. Selama ada niat di hati mewujudkannya, ini gampang banget dikerjakan.

Kebahagiaan bukan diukur dari seberapa banyak benda yang kamu punya, akan tetapi lebih kepada kecerdasan dirimu mengatur apa yang kamu miliki. Sebab sejatinya, gaya hidup minimalis menjadi ciri-ciri kesederhanaan seseorang dalam menyikapi, apa yang mereka punya buat kebaikan diri sendiri dan sesama.

Artikel Terkait

Load comments