10 Ciri-ciri Hidup Sederhana Supaya Hidup Lebih Bahagia

ciri hidup sederhana

Kesederhanaan memang salah satu kunci pokok kebahagiaan hidup. Dan ini tidak dibuat-buat secara instan, sebab orang harus mau membiasakannya. Bila ingin memperoleh itu semua, haruslah berusaha dan dilatih.

Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan hidup sederhana? Ada yang bilang kalau hidup sederhana itu sebuah perilaku yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Seseorang yang mengutamakan kebutuhan sehari-hari seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan itu sudah menggambarkan kalau ia sosok yang sederhana juga memiliki masa depan yang baik.

Adapun ciri-ciri hidup sederhana dapat disebutkan di bawah ini. Nah, setelah dirimu membaca artikel 10 Ciri-ciri Hidup Sederhana Supaya Hidup Lebih Bahagia, apakah salah satu ataukah semuanya sudah ada padamu? Kamu bisa menjawabnya sendiri setelah tulisan yang berjudul 10 Artikel Hidup Sederhana Supaya Hidup Lebih Bahagia ini selesai ditulis.

1.  Pintar Mengelola Uang

Cerminan pribadi sederhana adalah bagaimana ia mengatur uang atau penghasilan yang didapatkan. Apakah sudah efektif dalam penggunaannya ataukah belum. Sehingga semua kebutuhan hidup tercukupi, bisa menabung dan tak memiliki utang pada pihak manapun.

Seperti :
- Mau memasak di rumah tidak mengandalkan jajan makanan di luar
- Berpakaian pantas dan tak terlalu mewah, demikian pula perhiasan yang dipakai tidak berkesan norak, pamer ke orang lain
- Berbelanja secukupnya tidak berfoya-foya dan sebagainya.

2. Pandai menjaga Kesehatan

Ia menyadari bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya, sebab jika terlanjur sakit membutuhkan dana agar bisa sembuh. Karenanya, berhati-hati menjaga fisik. Apapun diperhatikan selama berhubungan dengan kesehatan.

3. Mensyukuri Pekerjaan

Ketimbang mengeluh gaji yang sedikit dan pas-pasan buat kebutuhan hidup, lebih baik memilih bersyukur. Wajar mempunyai keinginan memperoleh gaji tinggi, namun bersabar sembari mencari peluang tanpa berniat pindah dari tempat kerja lama secara tergesa-gesa.

➧Baca juga : 7 Karir Prestisius Untuk Wanita Berhijab

4. Rajin beribadah

Sesibuk apapun aktifitas yang dikerjakan, urusan ibadah selalu dinomor-satukan. Tak ada alasan malas atau melupakan Tuhan. Baik saat sedih dan gembira, akan tetap mengerjakan.
 
5. Menyayangi Keluarga

Keluarga kunci kebahagiaan dan mendapatkannya bisa dengan mudah dan sederhana. Dia cerdas memperlakukan orang-orang terdekatnya dengan baik. Bukan berarti menghujani lewat sesuatu yang mewah, akan tetapi perhatian dan kasih yang dianggap lebih utama dari apapun.

sayang keluarga


6. Mampu menjaga attitude dalam pergaulan

Bagaimana seseorang dalam bergaul dengan orang lain, pada orang yang memiliki ciri hidup sederhana sangat mudah sekali terbaca. Antara lain tampil sederhana dan apa adanya. Tidak berbicara tinggi dan selalu rendah hati, tidak membangga-banggakan apa yang dimiliki.

7. Dapat berpikir Positif

Mungkin dalam hidup adakalanya orang menemui masalah berat. Tapi orang yang punya hidup sederhana tak pernah memandang yang terjadi dari sisi positif dan berpikir optimis. Tak gampang menyerah dan putus asa.

8. Rajin belajar menempa kemampuan dan ilmu

Selalu berpikir bahwa skill dan ilmu merupakan yang harta tak ternilai harganya yang harus dimiliki. Karenanya, meski usia sudah tak memungkinkan untuk belajar atau kesibukan telah menyita sebagian besar waktu, tetap tak peduli. Maunya terus belajar, sampai benar-benar merasa mampu, meski perasaan itu sangat sulit dirasakan.

9. Tidak Ceroboh

Satu hal orang tipe ini yakni berhati-hati. Ia selalu berpikir dampak sebelum melakukan sesuatu. Perhitungannya sangat cermat dan teliti dalam berbagai hal.

10. Pandai mengendalikan emosi

Emosi menjadi momok menakutkan semua individu bila tak pandai mengendalikan dengan baik. Sebab hampir 100% keberhasilan seseorang dalam hidup ditentukan dari seberapa cerdas ia mengatur perasaannya. Dan ciri orang sederhana dapat dilihat dari sini.

Lanjut Baca : Kumpulan Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya

Manfaat Hidup Sederhana


Dengan menciptakan kehidupan sendiri secara tidak dibuat-buat maupun atas dasar paksaan sehingga terciptalah kesederhanaan. Walau memang setiap manusia membutuhkan sebuah perayaan ketika mencapai keberhasilan dengan membeli barang mewah misalnya. Akan tetapi tanpa didasari dan dibiasakan hidup sederhana takutnya nanti kita malah jadi kebablasan. Sebab kehidupan yang sederhana bakal membuahkan manfaat, sebagai berikut.

Jadi Pandai Mengatur Uang

Manajemen keuangan sangat diperlukan bagi setiap orang supaya bisa membagi uang diri sendiri dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan tambahan. Karena orang yang hidup sederhana menjadi lebih selektif dan cermat dalam membelanjakan uangnya.

Hemat Finansial

Karena telah pandai mengatur pemasukan dan pengeluaran, akhirnya kita bisa hemat finansial. Kamu bisa megendalikan emosi dan lebih banyak bersyukur, lebih memilih kegiatan jalan-jalan dan meditasi dari pada berpesta setiap minggu. Artinya kita jadi memiliki kontrol diri dan bisa memilih mana yang banyak manfaatnya.

Rasa Syukur Meningkat

Orang yang sudah biasa hemat dalam hidup yang sederhana, maka akan selalu timbul rasa syukur yang luar biasa. Terlebih hal ini sangat baik untuk kesehatan mental kita karena selalu merasa cukup dengan apa yang diperoleh serta terhindar dari kekhawatiran. “Rasa syukur meningkat keluarga jadi selamat”

Jadi Dermawan

Menjalani hidup sederhana dan pandai bersyukur tidaklah mudah, sebab orang yang demikian akan dianggap pelit dan lain sebagainya. Padahal semakin orang itu sederhana, rasa peduli pada orang lain juga meningkat, kita mungkin tidak tahu, sebab orang yang dermawan secara diam-diam bersedekah.

Itulah 10 Ciri-ciri Hidup Sederhana Supaya Hidup Sederhana Supaya Hidup Lebih Bahagia. Semoga bermanfaat dan menjadi ciri bagi kita semua. Salam bahagia!

Add Comments