6 Tips Aman Agar Selamat Ketika Gempa Bumi Terjadi di Lokasi Wisata

Tags


tips aman dari gempa saat wisata
Saat melakukan perjalanan wisata, kita semua tentunya tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja seperti kecelakaan, terkena kasus kejahatan, dan yang lain sebagainya. Lalu bagaimana jika terjadi gempa bumi saat kita sedang melakukan traveling? Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat. Bahkan, dampak buruk yang ditimbulkan dari gempa bumi sangatlah  banyak.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 6 Tips Aman Agar Selamat Ketika Gempa Bumi Terjadi di Lokasi Wisata. Jadi, pada saat kamu liburan dan disitu terjadi gempa bumi, kamu tidak perlu khawatir lagi ya. Berikut keenam tips tersebut!

1. Segera Jauhi Pantai


Jika kamu sedang berwisata ke pantai dan pada saat itu sedang terjadi gempa bumi, usahakanlah dengan segera mungkin untuk menjauhi pantai. Karena gempa bumi yang sangat kuat bisa saja berpotensi Tsunami. Ajaklah semua orang yang berada di pantai untuk segera pergi. Itu jauh lebih baik untuk dilakukan saat gempa bumi terjadi di lokasi wisata pantai.

Perhatikan juga papan penanda jalur evakuasi di berbagai tempat yang telah disebar oleh BNPB di sekitar lokasi wisata pantai. Jika Anda berada di dekat pantai, lihat kondisi sekeliling, carilah plang atau papan petunjuk arah jalur evakuasi yang telah disediakan oleh BNPB. Ikutin segera jalur itu untuk menuju ke tempat yang lebih aman.

2. Jauhi Bangunan


Ada banyak sekali bangunan yang berpotensi retak, rusak, dan juga hancur saat gempa terjadi. Maka dari itu, tips yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu menjauhi bangunan-bangunan tinggi. Segera cari tempat terbuka supaya meminimal risiko tertimpa reruntuhan.

3. Manfaatkan Senter Ponsel


Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan wisata pada saat malam hari, usahakanlah untuk memanfaatkan senter yang ada pada ponsel kamu. Karena pada saat terjadi gempa bumi, PLN akan segera memadamkan listrik untuk menghindari kebakaran akibat konsleting arus listrik.

Jangan panik dan segera nyalakan senter yang ada pada ponsel anda sebagai penerangan utama. Carilah tempat terbuka yang lebih aman.

4. Segera Hubungi Keluarga dan Kerabat


Agar keluarga dan teman-teman kamu tidak khawatir, bergegaslah untuk menghubungi keluarga dan teman-teman terdekat anda. Beritahu mereka dimana posisi dan bagaimana keadaan anda pada saat itu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekhawatiran yang berlebihan akibat gempa bumi yang terjadi pada saat kamu liburan.

5. Waspada Gempa Susulan


Gempa biasanya diikutin dengan gempa susulan. Waspada dengan gempa susulan yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu. Bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok. NTB dapat kita jadikan contoh yang tepat bagaimana menghadapi situasi kebencanaan di sebuah lokasi wisata. Jangan pernah panik dan segeralah berlindung ke tempat yang lebih aman.

Biasanya para pemandu wisata akan menginstruksikan para pengunjung untuk segera meninggalkan lokasi wisata dan mengarahkan para pengunjung ke tempat yang lebih aman.

6. Perbanyak Berdoa


Bencana alam yang terjadi di lokasi wisata merupakan takdir Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, ketika bencana gempa terjadi di lokasi wisata hal yang  harus kamu lakukan adalah dengan memperbanyak berdoa. Mintalah keselamatan dan juga perlindungan agar anda selamat dari bencana gempa yang terjadi di lokasi wisata.

Baca juga : 4 Tips Hemat yang Bisa Anda Lakukan Saat Traveling
Itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan saat terjadi gempa bumi di lokasi wisata. Dengan menerapkan keenam tips di atas mudah-mudahan kamu semua bisa selamat. Semoga Bermanfaat!

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon