4 Alasan Kenapa tidak Boleh Langsung Tidur Usai Makan Sahur

akibat langsung tidur usai sahur
Memasuki akhir bulan suci Ramadhan biasanya setiap orang muslim yang menjalankan puasa mengalami perubahan pola tidur akibat sahur, tapi gak cuma di akhir dari awal juga kebanyakan begitu. Memang si kebiasaan ngantuk saat dan setelah sahur adalah hal wajar terlebih pas malam habis ronda.

Akibatnya sebagian orang memilih untuk tidur kembali setelah sahur, padahal itu merupakan hal buruk lho. Kamu tahu kenapa?

Ternyata langsung tidur setelah makan sahur dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena dapat mengganggu proses pencernaan.

Oleh karena ini mari kita ketahui 4 bahaya yang ditimbulkan bagi tubuh jika kalian langsung tidur setelah sahur. Mudah mudahan setelah tahu ini tidak diulangi lagi ya.

1. Berat badan bertambah

Kondisi ini dapat terjadi akibat kamu mengkonsumsi lebih banyak kalori dibanding yang dibakar. Berpuasa juga mengurangi aktivitas yang dapat semakin menimbun lemak pada tubuh. Ini sebabnya saat puasa Ramadhan, berat badan bukannya berkurang malah akan semakin bertambah.

Terlebih saat sahur kamu makan makanan berjenis karbohidrat yang lambat dicerna oleh tubuh. Makanan ini nantinya malah akan menjadi lemak yang meningkatkan berat badan niak.

2. GERD

Merupakan sebuah penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dapat timbul ketika kamu tidur setelah makan sahur. Ini terjadi akibat makanan yang kamu makan tidak tercerna dengan baik oleh tubuh.

Kemudian juga posisi tidur akan membuat katup lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya sehingga memungkinkan asam lambung naik ke tenggorokan dan menciptakan sensasi terbakar. Untuk itu mulai dari sekarang hindari aktivitas langsung tidur usai sahur.

Baca juga: Lafadz Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Buka Puasa

3. Sakit tenggorokan

Salah satu efek lanjutan yang ditimbulkan dari gerd adalah sakit tenggorokan. Rasa sakit di tenggorokan ini ditimbulkan akibat asam lambung yang naik dan menimbulkan sensasi terbakar. Apabila kondisi ini terus dibiarkan akan dapat menimbulkan peradangan.

4. Sembelit

Tubuh kita membutuhkan waktu dua sampai tiga jam untuk melakukan pengosongan lambung. Posisi tidur setelah makan berarti dapat menghambat proses pencernaan yang memicu sembelit atau kesulitan buang air besar.

Penting juga buat kamu memilih makanan yang tepat saat sahur. Hindari makanan yang berlemak tinggi, mengandung gula dan kafein. mengkonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko sembelit, sebab makanan tidak dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Jadi bukannya puasa menyehatkan tubuh malah menimbulkan penyakit baru kalau kita tidak teratur dan mengabaikan hal hal yang seharusnya tidak dilakukan saat berpuasa.

Tips supaya tidak ngantuk saat dan setelah sahur


- Pertama niat dengan sungguh sungguh jika kita benar benar mau menjalankan puasa karena ridha Allah
- Makan sahur secukupnya, jangan terlalu kenyang
- Jika sudah selesai segera ambil wudhu, lalu berpakaian yang rapi kemudian membaca Al-Quran
- Sholat subuh tapat waktu, jika dekat dengan masjid usahakan berjamaah
- Baca buku sambil menunggu matahari terbit
- Berjemur di pagi hari

Sumber : https://health.detik.com

Add Comments


EmoticonEmoticon