5 Pilihan Karir Terbaik buat Kamu Sarjana Ilmu Ekonomi

Sebagai pelajar usai menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas tentu kemudian berencana melanjutkan kuliah. Sebelum itu maka harus menentukan jurusan yang hendak kita pilih guna memperoleh karir sesuai impian.

Tahukah kamu kalau jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati. Alasannya mungkin karena lapangan kerja untuk sarjana ilmu ekonomi sendiri bisa dibilang sangat luas diberbagi industri. Maka dari itu peluang dan pilihan karir terbaik buat kamu sarjana ekonomi semakin luas.

Bagi mahasiswa yang sudah masuk ke jurusan ekonomi akan bisa memprediksi tend industri, danpak investasi, menginterpretasikan data, dan kebijakan yang sudah dibuat di masa lalu.

Jika Anda menguasai bidang tersebut, maka bisa menekuni pekerjaan di bidang ekonomi atau banting setir ke sektor lain yang membutuhkan daya analisis yang kuat. Berikut ini kami infokan dari barbagai sumber 5 pilihan karir terbaik Anda sarjana ilmu ekonomi khusnya.

1. Analis Keuangan

karir terbaik sarjana ekonomi

Pertama, karir jurusan ekonomi adalah dalam bidang Analisis Keuangan. Seperti melakukan analisis informasi keuangan, mulai dari profabilitas, solvabilitas, stabilitas, dan likuiditas untuk membantu perusahaan membuat keputusan. Menjadi analis keuangan juga bisa diminta untuk mempelajari kinerja saham, obligasi, dan komoditas yang akan menjadi bahan pertimbangan kliennya dalam berinvestasi.

Apabila ditempatkan pada bagian dari tim keuangan perusahaan, maka analis keuangan juga diharapkan memiliki soft skill untuk berkolaborasi.

2. Analis Riset Pasar


Sebagai seorang Analis Riset Pasar maka tugasnya adalah menganalisis produk atau jasa, serta kesesuaiannya dengan tren di pasar. Nanti hasil analisis diolah menjadi data statistik yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran.

Dibutuhkan ilmu ekonomi, bisnis administrasi, perdagangan, hingga pemasaran untuk melakukan pekerjaan tersebut. Juga diperlukan memiliki soft skill seperti komunikasi, berpikir logis, pemecahan masalah, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
Dalam analisis riset pasar (market research analyst) gaji rata-rata yang diperoleh sekitar Rp4 jutaan.

3. Analis Kredit


analisis kredit ekonomi

Bahwa ada sebuah lowongan kerja analis kredis yang ditawarkan melalui situ online menginfokan syarat latar belakang pendidikan kandidat minimal lulusan diploma semua jurusan. Dengan gaji yang ditawarkan mulai dari 3.4 juta rupiah, sementara jika Anda adalah seorang lulusan sarjana Ekonomi, bisa mengajukan penawaran lebih baik. Gaji analis kredit yang lebih besar bisa mencapai Rp9 juta.

Orang yang bekerja dan bertugas di bidang ini maka sepenuhnya bertanggungjawab dalam melakukan analisis ekonomi terhadap calon debitur yang mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan atau bank. Seorang analis kredit harus teliti dalam melihat dan menilai risiko calon klien berdasarkan tren ekonomi saat ini dan faktor lain yang memengaruhi wilayah, industri, dan pesaing bisnis.

4. Konsultan Ekonomi


Sekarang ini banyak industri yang membutuhkan seorang konsultan ekonomi, termasuk bisnis, keuangan, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Dan Anda sebagai lulusan sarjana ekonomi dapat ambil kesempatan memilih bidang pekerjaan ini sebagai profesi Anda.

Sebagai konsultan ekonomi, maka wajib memiliki dan menggunakan keterampilan analitis serta peneltian untuk melakukan studi tentang skenario ekonomi. Juga bertugas untuk menganalisis tren yang sedang terjadi dalam sebuah industri dengan tujuan membantu perusahaan meningkatkan kinerja

5. Reporter Bisnis


Tak harus kamu selalu bekerja langsung di kantor, sebagi orang yang sedang menjalani atau telah menyelesaikan sarjana ekonomi gali juga bakat untuk menjadi Reporter dalam hal Bisnis.

Reporter Bisnis merupakan seseorang yang menulis atau menyiarkan berita tentang sebuah perusahaan, tren industri, pasar keuangan, dan perkembangan ekonomi yang sedang hangat dibicarakan.

Maka dari itu mulailah menulis tentang masalah ekonomi dalam bahasa sederhana dan mudah dipahami akan banyak diminati oleh pemirsa.
Baca juga : Mengenal Bisnis Layanan On-Demand saat ini

Itulah 5 Pilihan Karir Terbaik buat Kamu Sarjana Ilmu Ekonomi, semoga penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan menginspirasi buat kita semua.

Add Comments


EmoticonEmoticon