Apa Arti dari “Wes Mangan” dalam Bahasa Indonesia

Sebagian besar penduduk Indonesia dihuni oleh orang Jawa, namun tidak semua mengerti bahasa Jawa. Seperti kata ‘Wes Mangan’ yang sebenarnya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi bagi yang belum tahu artinya akan kebingungan ketika ditanya dengan kalimat tersebut.

Daerah yang menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa asli selain Bahasa Indonesia. Yakni terbentang dari ujung timur pulau jawa sampai dengan mungkin perbatasan Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Wes Mangan/ Uwes Mangan/ Wis Mangan, merupakan bahasa yang sering saya pakai untuk berbicara dengan sahabat dan teman-teman sepantaran (seumuran) dengan kita. Karena bahasa "Wes Mangan" tergolong dalam bahasa kurang enak kalo dipakai berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita.

Untuk bahasa yang dipakai berbicara dengan ayah/ibu, dan juga orang yang lebih tua dari kita yaitu "Sampun Dahar" memiliki makna yang sama namun lebih halus pemahamannya

Apa Arti Wes Mangan?

 

arti kalimat wes mangan

 
Memiliki dua suku kata, yang pertama “Wes" berarti sudah. kata wes disini termasuk dalam klasifikasi bahasa jawa ngoko. Bahasa ngoko adalah bahasa jawa yang termasuk dalam kategori bahasa jawa kasar.

Dalam regulasi bahasa jawa, jawa ngoko biasanya diperuntukan dalam pola komunikasi orang yang seumuran. Bahasa jawa ngoko juga bisa digunakan sebagai jawaban orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda.

"Mangan" sebenarnya menempati klasifikasi yang sama dengan kata wes tadi. mangan memiliki arti makan.

Jadi kata "Wes Mangan" memiliki arti sudah makan. Kemudian dari dua suku kata tersebut bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah aktivitas.

"Wes mangan durung ?"

Artinya orang tersebut menanyakan apakah anda sudah makan atau belum.

"Wes mangan"

Artinya orang tersebut menjawab anda dengan menyatakan bahwa sudah makan.

"Wes, mangano"

Artinya orang tersebut mentitah anda untuk makan.

Ketika kita mengatakan hal tersebut kepada orang yang lebih tua. hendaklah memilih untuk menggunakan kromo alus ataupun kromo inggil berupa :

"Sampun dhahar"

Konteksnya untuk orang dewasa.

"Sampun nedho"

Konteksnya untuk anak atau orang yang masih muda.

Baca juga : Arti dari Istilah kata Ngabuburit

Masih banyak bahasa-bahasa daerah yang bisa kita gunakan, dan tentunya untuk pengertian pengucapannya untuk orang yang lebih tua dari kita atau kepada yang seumuran sama kita.

Kami rasa baik di Jawa ataupun di Sunda juga penggunaan bahasa daerahnya masih menggunakan sistem hirarki dimana dalam bahasa pun diajarkan tata krama. dalam berbicara kita diatur untuk lebih sopan kepada yang lebih tua. Kami rasa juga, hal ini merupakan salah satu budaya yang sangat baik dilestarikan.

Demikian mungkin sedikit ulasan terkait arti kata "wes mangan". Semoga informasi ini bermanfaat.

 


Add Comments


EmoticonEmoticon