21 Mei 2018

Asal Usul dan Arti dari Istilah kata Ngabuburit


Bulan suci Ramadhan selelu disambut dengan riang gembira oleh seluruh umat Islam seluruh dunia. Bulan penuh ampunan ini menjadi momen yang bagus buat umat Islam menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh karena pahala berlipat ganda dibanding bulan-bulan pada biasanya.

Kemudian bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan bukber atau buka bersama hingga istilah ngabuburit. Sebenarnya apa si yang dimaksud dengan ngabuburit itu?

Ngabuburit sebetulnya berasal dari bahasa sunda yang asal dari kata burit. Istilah "ngabuburit" merupakan istilah yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari.

Ngabuburit dapat diartikan sebagai menunggu sore. kalaupun istilah ngabuburit ini berasal dari bahasa Sunda tapi sangat populer dan tak asing lagi bagi masyarakat indonesia.

Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Dahulu kala ibu-ibu akan keluar rumah selepas asar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau.

Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Arti dari Istilah kata Ngabuburit

Kebiasaan tersebut masih terbawa dan berlaku saat bulan Ramadan. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat, tetapi hampir setiap orang Indonesia melakukannya. Terlebih ngabuburit menjadi hiburan bagi anak-anak yang baru belajar puasa untuk menunggu adzan maghrib. Adapun jenis-jenis untuk mengisi waktu ngabuburit ini bermacam-macam; Ada yang cuma nonton tv, maen game, jalan-jalan, ada juga kalau di daerah saya yang mengisinya dengan mengaji bersama di mesjid, dan lain-lainnya lagi, pokoknya yang menjadi inti tujuan dari pada ngabuburit umat Muslim ini yaitu menunggu waktu buka puasa.

Nah, tak aneh ketika atau saat-saat menjelang magrib di jalanan pun selalu ramai di penuhi orang-orang yang hendak ngabuburit, terbukti di daerah saya sendiri pada waktu sore pasti sudah banyak orang yang lewat dengan maksud hendak ngabuburit terutama kalangan anak-anak muda.

Saat ini ngabuburit menjadi istilah yang umum di kalangan umat muslim di Indonesia. Menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, telah menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Seakan puasa tanpa ngbuburit terasa hampa. Jadi, apa dan mau kemana rencana ngabuburitmu hari ini?

➧ Baca juga : Arti Dari Kata Nostalgia

Itulah sedikit ulasan mengenai istilah ngabuburit yang tak asing lagi kita dengar terutama bagi muslimin dan muslimat pada bulan suci Ramadhan.

Selanjutnya, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa tahun ini hingga akhir hari kemenangan tiba. Semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT. Amiin. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Artikel Terkait

Load comments