7 Contoh Perbuatan Mental yang Baik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut ilmu psikologi, seseorang harus mampu bersikap secara positif dan terpuji. Menumbuhkan perbuatan mental yang positif tentu tidaklah mudah, diperlukan kesadaran mengenai pentingnya sikap yang positif itu sendiri.

7 Contoh Perbuatan Mental Positif dalam Kehidupan

Diperlukan beberapa sikap positif untuk mampu membangun mental yang kuat. Memang kedengarannya mudah, namun tidak ada yang mustahil didunia ini selagi kita mampu berusaha. Disertai sikap mental yang positif, maka akan mampu mencapai suatu hal dengan kesuksesan dan kedamaian.

Berikut sikap-sikap perbuatan mental yang baik untuk kesehatan mental dalam diri:  

1. Percaya Diri


Menurut hasil studi dari University of Melbourne menunjukkan bahwa, orang yang percaya diri mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan mampu dipromosikan lebih cepat dibandingkan yang lain. Kepercayaan diri mampu membantu dan menginspirasi orang disekeliling kita, baik dalam pekerjaan maupun hal yang lain.

2. Memiliki Rasa Optimisme

 

perbuatan mental yang baik


Seseorang mampu menghadapi segala hal tanpa ragu dengan dibarengi rasa optimis dalam dirinya. Dengan sikap optimis tersebut, maka banyak sekali hal positif yang akan menghampiri dirinya. Dengan begitu sikap tersebut mampu membantu mengembangkan pola pikir yang sehat.

3. Senantiasa Bersikap Positif


Salah satu contoh sikap mental yang positif yaitu dengan memiliki sikap positif thinking. Dalam kehidupan memanglah tidak selalu sesuai harapan, namun dengan perbuatan mental yang positif mampu menjadikan setiap masalah yang ada sebagai bahan pembelajaran.

Selain itu, sikap positif thinking juga sebagai semangat untuk mengingat bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Berusaha untuk terus fokus pada hal yang bisa dilakukan dengan apa yang dimiliki, dengan segala perhatian dan upaya yang ada.

4. Mampu Bersikap Sabar dan Ikhlas

 


Dalam menghadapi kerasnya kehidupan saat ini yang serba instan, cepat dan mobilitas tinggi, sudah pasti memerlukan sikap yang sabar dan ikhlas. Sikap ini menunjukkan bahwa seseorang mampu bertahan dan menerima setiap kondisi yang ada.

Bukan berarti menyerah, namun dengan adanya ikhtiar dan juga sikap optimis mampu memberikan pola pikir yang baik untuk menghadapi segala kesulitan. Sikap sabar dan ikhlas mampu menjadi landasan untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat serta rasa damai.

5. Cerdas Secara Emosional


Memiliki kecerdasan secara emosional merupakan suatu keharusan yang dimiliki bagi setiap individu. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Menurut WHO, seseorang tidak bisa memiliki kesehatan mental yang cukup kuat apabila tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi negatif dalam dirinya. Orang memiliki kecerdasan secara emosional mampu bersikap tegas terhadap setiap pilihan yang menghampirinya.

6. Adaptasi dengan Perubahan

 


Salah satu cara untuk membangun sebuah mental yang kuat adalah dengan cara harus selalu bersikap fleksibel dan mampu beradaptasi di setiap keadaan. Ketakutan akan perubahan mampu menimbulkan berbagai macam kekhawatiran juga kecemasan yang berlebihan.

7. Mencintai Diri Sendiri


Kebanyakan orang saat ini mencintai orang lain tanpa pamrih, namun mereka lupa untuk mencintai diri mereka sendiri. Agar mampu menumbuhkan sikap mental yang positif setiap individu harus mulai belajar untuk mengasihi dan mencintai diri sendiri.

Perbuatan mental tersebut bisa dengan cara menanamkan pemikiran seperti selalu merasa cukup, merasa berharga, kuat, merasa dicintai dan juga merasa bahwa diri sendiri istimewa. Hal ini harus mampu diciptakan dalam sendiri tanpa adanya kepalsuan di dalamnya.

 

Baca juga : Dua Perkara yang Perlu Kamu Ubah guna Mencapai Kesuksesan

 

Penutup

Nah, semoga penjelasan tersebut mampu bermanfaat guna meningkatkan sikap-sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Apapun yang Anda hadapi, mental yang kuat merupakan sebuah solusi dasar yang harus diterapkan.

Add Comments


EmoticonEmoticon